7 Alasan Memilih Jurusan Akuntansi Ketika Masuk Kuliah

Alasan memilih jurusan Akuntansi salah satunya adalah karena peluang kerjanya sangatlah luas, selain itu kamu bisa baca pembahasan berikut.

Alasan Memilih Jurusan Akuntansi Ketika Masuk Kuliah
ilustrasi freepik / @freepik

CEROBOH – Tak bisa dipungkiri, jurusan Akuntansi merupakan jurusan populer di kalangan masyarakat. Namun tak banyak juga yang bisa mengelak kalau jurusan Akuntansi merupakan salah satu jurusan yang tak mudah.

Jika ada yang berpendapat bahwa orang-orang yang memutuskan masuk jurusan Akuntansi harus pandai hitung-hitungan, itu tak sepenuhnya benar. Sebab, tentu saja diperbolehkan menggunakan mesin hitung seperti kalkulator.

Lalu alasannya apa sih yang bikin kamu yakin untuk masuk jurusan Akuntansi?

Buat kamu yang kini kebingungan dan bertanya-tanya mengenai jurusan Akuntansi, berikut ini adalah beberapa alasan memilih jurusan Akuntansi:

1. Akuntansi Bisa Diaplikasikan di Dunia Nyata

Alasan pertama kenapa kamu mesti masuk jurusan Akuntansi yaitu karena Akuntansi bisa diaplikasikan di dunia nyata. Apalagi banyak yang bilang kalau akuntansi merupakan bahasa bisnis.

Dengan menguasai ilmu akuntansi, kamu yang mungkin berkecimpung di dunia wisausaha kamu sudah punya bekal cukup untuk memanajemen usahamu.

Sebab, akuntansi merupakan hal yang penting dalam memahami proses kerja suatu bisnis.

2. Akuntansi Memiliki Peluang Kerja Yang Luas

Sebenarnya penyebab jurusan ini populer salah satunya yaitu karena peluang kerja yang tersedia sangat luas. Prospek kerjanya bisa diharapan.

Karena saking luasnya, hampir semua usaha seperti industri hingga instansi pemerintah pasti membutuhkan yang namanya lulusan Akuntansi.

Jadi setiap perusahaan pasti butuh ahli pencatatan dan penganalisaan barang-barang. Nah, apakah kamu tertarik masuk Akuntansi?

Lihat juga: Peluang Usaha Lulusan SMK

3. Akuntansi Mengajarkan Perilaku Tanggung Jawab

Alasan selanjutnya buat kamu kenapa kamu masuk jurusan Akuntansi yaitu dikarenakan Akuntansi mengajarkanmu untuk memiliki perilaku tanggunf jawab.

Dalam dunia Akuntansi, kamu akan diajarkan untuk bertanggung jawab akan suatu hal. Terutama tanggung jawab dalam laporan keuangan yang diselesaikan.

Kita tahu sendiri bukan, dunia kerja sangat memprioritaskan sikap tanggung jawab.

4. Akuntansi Adalah Jurusan Dengan Grade Tinggi

Alasan memilih jurusan akuntansi selanjutnya adalah bahwa akuntansi merupakan jurusan yang memiliki grade tinggi di dunia akademik.

Biasnya seseorang yang berkuliah di akuntansi dituntut untuk lebih cerdas daripada jurusan-jurusan lain.

Di dunia kerja, orang yang berkuliah di jurusan akuntansi sangatlah dihormati masyarakat. Jadi bukan hal baru lagi jika akuntansi ini memang jurusan yang memiliki grade tinggi.

5. Dunia Selalu Butuh Akuntan

Jika ditelaah, tentu saja jurusan akuntansi bukanlah jurusan yang akan berakhir dalam waktu dekat.

Ini dikarenakan, selama dunia ini masih menjadikan uang sebagai nilai tukar utama, dunia akan tetap butuh orang-orang yang ahli dalam akuntansi.

Nah, seiring perkembangan zaman yang semakin pesat, barang pasti dunia butuh akuntan yang profesional dan update di bidangnya.

6. Industri Apapun Bisa Dimasuki Lulusan Akuntansi

Hampir semua sektor di banyak perusahaan, mereka selalu membutuhkan yang namanya akuntan. Sebab, keahlian-keahlian yang dimiliki para akuntan sangat dibutuhkan perusahaan.

Mulai dari mencatat, meneliti, mengklarifikasi, menelaah, dan mengkomunikasikan keuangan tentang bisnis-bisnis dalam usaha.

Nah, keahlian-keahlian ini bisa kamu aplikasikan di sektor-sektor apa saja. Dan di mana saja.

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi

7. Latar Belakang Akuntansi Mendukung Bisnis

Dari awal sudah dibahas sedikit bahwa akuntansi adalah bahasa bisnis. Jadi semua pebisnis butuh yang namanya ilmu akuntansi.

Sebab mereka dituntut untuk menganalisis keuntungan dan kerugian yang dihasilkan dalam suatu usaha.

Jadi bukan hal baru lagi jika para lulusan akuntansi justru memiliki usaha sendiri. Bahkan sampai menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Itulah beberapa alasan memilih jurusan Akuntansi  Semoga membantu, ya.