6 Alasan Kenapa Memilih Promosi Melalui Media Sosial

Ada beberapa alasan memilih promosi melalui media sosial, salah satunya adalah karena media sosial bisa menjangkau audience yang luas.

Alasan Memilih Promosi Melalui Media Sosial

CEROBOH – Promosi merupakan kegiatan mengenalkan sebuah produk atau jasa kepada audience, dengan tujuan ager mereka menjadi pelanggan yang menggunakan produk tersebut.

Di zaman yang serba digital ini, media promosi mulai beralih dan tergeserkan. Yang tadinya hanya promosi menggunakan media offline. Maka saat ini promosi banyak dilakukan secara online.

Banyak sekali keuntungan promosi secara online, terutama promosi menggunakan media sosial.

Bahkan, saat ini media sosial merupakan salah satu sarana promosi yang wajib digunakan oleh para pebisnis. Tanpa dipromosikan dengan menggunakan media sosial, rasanya akan mudah terkalahkan oleh para pesaing atau kompetitor.

Selain itu, alasan apa saja sih kenapa harus promosi menggunakan media sosial?

Berikut ini adalah penjelasan tentang 6 alasan memilih promosi melalui media sosial untuk para pebisnis:

1. Media Sosial Memperluas Jangkauan Audience

Sebagaimana sudah dijelaskan di atas, bahwa tujuan promosi adalah mengenalkan produk kepada audience.

Dengan menggunakan media sosial, maka produk yang kamu miliki bisa dijangkau oleh audience dengan mudah. Bahkan tanpa batasan wilayah, usia, dan pengguna.

Sebab, saat ini pengguna media sosial sangat banyak sekali. Bahkan, hampir semua orang memiliki akun media sosial, baik itu facebook, instagram, twitter dan media sosial lainnya.

Ketika bisnis sudah diposting di akun media sosial, artinya semua orang bisa melihat produk dari bisnismu itu.

Nah, semakin banyak audience yang melihat produk milikmu, artinya peluang untuk mendapatkan pelanggan juga semakin besar.

Lihat juga: Cara Mengelola Media Sosial Untuk Sebuah Bisnis

2. Media Sosial Mudah Digunakan

Salah satu media promosi yang mudah digunakan adalah media sosial. Ketika kamu hendak mempromosikan produk di akun media sosial, maka tinggal upload saja gambar produknya—lalu beri deskripsi selengkap mungkin. Maka promosi sudah bisa dilakukan.

Bebeda dengan promosi dengan media lainnya, misalnya saja promosi di media cetak atau billboard. Tentu ada beberapa proses yang harus kamu lewati. Dan juga, harus mengeluarkan biaya lebih untuk biaya promosi itu.

Sehingga menggunakan media sosial merupakan salah satu alasan yang tepat untuk melakukan promosi.

3. Media Sosial Mempermudah Komonikasi

Alasan memilih promosi melalui media sosial berikutnya adalah bisa mempermudah komunikasi. Terutama komunikasi dengan para pelanggan.

Banyak komunikasi yang bisa dilakukan menggunakan akun media sosial. Misalnya saja:

  • Saling sapa dan berkomentar
  • Menerima keluhan
  • Memberikan masukan
  • Mengadakan event
  • Menjawab berbagai pertanyaan

Adanya komunikasi yang baik dengan pelanggan merupakan salah satu pelayanan yang harus dilakukan. Sebab, dengan adanya komunikasi, pelanggan akan semakin loyal dan merasa nyaman dengan produk yang kita tawarkan.

4. Media Sosial Memiliki Banyak Fitur Promosi

Setiap media sosial memiliki fitur yang berbeda-beda. Dan ini merupakan kelebihan masing-masing dari media sosial tersebut.

Fitur-fitur tersebut merupakan salah satu sarana yang bisa membantu mempermudah proses promosi. Misalnya fitur galeri foto. Nah ini bisa digunakan untuk upload katalog produk.

Kemudian, ada fitur filter foto, ini juga berguna untuk mempercantik gambar produk yang kamu buat. Dan yang sedang tren saat ini adalah fitur live streaming. Dimana penggunanya bisa melakukan live streaming untuk mengenalkan produknya.

Ada juga fitur snap, dimana penggunanya bisa memposting gambar atau video aktifitas kesehariannya.

Dan banyak lagi fitur penunjang yang bisa digunakan untuk melakukan promosi. Dan yang tak kalah terkenal adalah fitur iklan berbayar. Seperti Facebook Ads dan Twitter Ads.

Pelajari juga tentang: Macam-macam Konten Media Sosial Untuk Kebutuhan Marketing

5. Media Sosial Bisa Memangkas Biaya Promosi

Kemudian, alasan memilih promosi melalui media sosial lainnya adalah bisa memangkas biaya promosi yang kadang sangat besar.

Dengan menggunakan media sosial, kamu bisa melakukan promosi gratis alias tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Namun andai kamu ingin menggunakan layanan iklan berbayar di media sosial, inipun biayanya relatif lebih murah. Jika dibandingkan dengan iklan berbayar lainnya.

Sehingga, menggunakan media sosial sangat bisa membantu para pebisnis untuk melakukan promosi. Tentu, dengan bisaya yang terjangkau.

6. Media Sosial Bisa Meningkatkan Keuntungan

Tujuan promosi adalah untuk meningkatkan penjualan. Dengan meningkatnya penjualan, maka akan meningkat juga keuntungannya.

Nah, alahsan yang terakhir merupakan alasan yang paling krusial. Sebab, tujuan utama promosi adalah untuk mendapatkan keuntungan. Dan ini tidak bisa dipungkiri.

Tidak diragukan lagi, bahwa berpromosi dengan menggunakan media sosial bisa meningkatkan keuntungan. Asal promosinya dilakukan dengan cara yang benar!

Untuk itu, segera pelajari : STRATEGI MEDIA SOSIAL MARKETING

Saya rasa kamu sudah memahami pembahasan tentang alasan memilih promosi melalui media sosial. Jika bisnismu belum dipromosikan menggunakan media sosial, segera buatlah akun media sosial untuk mempromosikan bisnis milikmu itu!

BERI KOMENTAR