Beasiswa Kuliah Gratis, Inilah Cara Mendapatkannya!

Banyak cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis, salah satunya bisa dari mengikuti program yang pemerintah adakan, cara lainnya bisa disimak baik-baik.

Beasiswa Kuliah Gratis, Inilah Cara Mendapatkannya!
ilustrasi freepik / @pch-vector

CEROBOH – Berkuliah gratis tentu menjadi idaman setiap mahasiswa. Selain tak harus memikirkan biaya kuliah, kadang ada beasiswa yang memberikan uang saku yang cukup perbulannya.

Misalnya saja beasiswa yang sangat diburu semua anak seIndonesia, yaitu beasiswa LPDP.

Tentu saja tak semudah itu mendapatkan beasiswa. Untuk memperoleh beasiswa—darimanapun itu—kamu pasti akan disuruh untuk memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu.

Sebab seringnya yang memberikan beasiswa tak akan cuma-cuma. Harus ada prestasi atau persyaratan yang mesti dilengkapi.

Lalu, bagaimana supaya kita bisa mendapatkan kuliah gratis? Pihak mana saja yang mampu memberikan kuliah gratis atau beasiswa?

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan jika ingin kuliah dengan cara gratis. Simak baik-baik.

1. Mencari Beasiswa Kuliah Gratis Melalui Riset

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis
Foto @cozyramblings

Untuk mendapatkan kuliah gratis melalui riset, syarat utama untuk memenuhinya adalah dengan membuat proposal riset terlebih dahulu.

Beruntunglah kamu jika sekarang sudah mulai merancang sebuah riset penelitian. Potensi beasiswa riset akan berpihak kepadamu.

Beasiswa riset seringnya diperuntukkan bagi mahasiswa Sarjana yang ingin melanjutkan S2 atau mahasiswa Magister yang ingin melanjutkan ke jenjang S3.

Beasiswa riset sangat besar potensinya. Sebab, pelamar dari Indonesia yang ingin melakukan riset ke luar negeri seringnya jumlahnya masih sangat sedikit hingga sekarang. Bagaimana, tertarik tidak?

2. Mencari Kuliah Gratis Dari Perusahaan Swasta

Kini, BUMN juga perusahaan-perusahaan swasta mulai marak memberikan beasiswa bagi para calon mahasiswa yang memiliki prestasi-prestasi tertentu.

Jadi, bagi kamu yang benar-benar ingin berburu beasiswa gratis, kamu harus sering-sering membuka website-website milik perusahaan swasta yang bersangkutan.

Misalnya saja. PT Djarum selalu tak pernah terlewat memberikan beasiswa gratis untuk para mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah.

Baik di dalam negeri ataupun di luar negeri. Tak asing kan dengan nama beasiswa Djarum Beasiswa Plus?

Tak hanya Djarum, perusahaan swasta lain juga menyediakan banyak sekali kesempatan kuliah gratis, kok.

Intinya kamu harus update dan jangan ketinggalan info saja ya. Dan jangan lupa untuk melengkapi persyaratan yang perusahaan inginkan.

3. Mencari Beasiswa Kuliah Gratis Dari Pemerintah

Beasiswa Kuliah Gratis, Inilah Cara Mendapatkannya!
foto instagram / @bidikmisiindonesia

Di awal sudah disinggung salah satu beasiswa gratis yang dikeluarkan pemerintah adalah beasiswa dikti yang dinamakan beasiswa LPDP. Tentu pemerintah menyediakan beasiswa luar negeri maupun dalam negeri.

Fasilitas yang disediakan pemerintah dalam program kuliah gratisnya juga tak tanggung-tanggung. Jika kamu memilih kuliah di luar negeri, segala biaya kuliah, kebutuhan sehari-hari sekaligus akomodasi semua dibayarin pemerintah loh. Enak, kan?

Tapi ya tentu saja bayarnya tak murah. Maksudnya, prestasimu harus benar-benar mantap untuk mengikuti beasiswa pemerintah ini. Apalagi ada syarat TOEFL/IELTS yang skornya juga tinggi.

Sebenarnya asal bersungguh-sungguh, pasti bisa kok meraihnya. Semangat, ya!

4. Mencari Kuliah Gratis Dari Pinjaman Uang Kuliah

Beberapa pelajar dari Indonesia sengaja berkuliah di Singapura untuk mengambil program pinjaman kuliah, atau biasa disebut dengan student loan.

Jadi, program ini memiliki sistem yaitu dengan memanfaatkan bantuan biaya perkuliahan. Tak perlu khawatir. Uang kuliah nantinya bisa dibayarkan setelah mahasiswa tersebut lulus dan memperoleh pekerjaan.

Sebelum kamu berpikir untuk mengambil student loan, sebaiknya kamu memahami secara baik dan menyeluruh atas kontrak yang telah pihak universitas buat.

Misalnya saja jumlah persen bunga yang dibayarkan, cara meminjam biaya hingga kapan biaya akan diserahkan.

5. Mencari Kuliah Gratis Dengan Mengikuti Seminar Akademis

Beasiswa Kuliah Gratis, Inilah Cara Mendapatkannya!
foto instagram / @oliverjacksonbuyersagent

Cara selanjutnya untuk berkuliah gratis adalah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait seminar akademis dan carilah beasiswa di sana. Biasanya seminar gratis digelar oleh negara-negara tertentu.

Inilah kesempatanmu untuk memperoleh beasiswa luar negeri. Sebab, sertifikat seminar yang telah kamu ikuti akan menjadi nilai plus ketika kamu akan mengikuti tes beasiswa yang daidakan negara yang bersangkutan.

6. Mencari Beasiswa Kuliah Gratis dari Universitas

Biasanya, tempatmu kuliah baik swasta atau negeri, ada beberapa universitas yang menyediakan beasiswa gratis. Semua mahasiwa berhak mengikutinya tanpa kecuali.

Dan beasiswa yang diberikan adalah beasiswa gratis pembayaran semesteranmu atau beasiswa gratis untuk ke luar negeri. Enak, kan?

Seringnya beasiswa yang diadakan dari kampus ini tak serta merta langsung diberikan. Kamu harus menempuh biaya selama satu hingga dua semester dulu, baru boleh mendapatkan beasiswa.

Hal ini dikarenakan pihak kampus ingin tahu kemampuan prestasimu selama dua semester terlebih dahulu.

Lihat juga: Cara Mengatasi Masalah di Tempat Kerja

7. Mencari Beasiswa Kuliah Melalui Prestasi Olahraga

Beasiswa Kuliah Gratis, Inilah Cara Mendapatkannya!
foto instagram / @dikdikzafarsidik

Orang-orang tertentu kadang-kadang sudah patah semangat tak mungkin bisa mendapatkan beasiswa karena akademisnya yang rendah. Jangan khawatir! Jika kamu memiliki prestasi di di bidang olahraga, kamu sangat mungkin bisa berkuliah gratis.

Bahkan kamu bisa sekali mengambil perkuliahan gratis di luar negeri. Kini beberapa negara seperti Amerika Serikat, negera di kawasan Asia maupun Eropa menyediakan beasiswa olahraga dan bakat seni lain. Jangan patah semangat, ya!

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Tak perlu pesimis. Asal kamu sungguh-sungguh dan niatnya benar, kamu pasti akan memperoleh kuliah gratis. Semangat para pemburu beasiswa!

BERI KOMENTAR