Yuk, Bisnis di Bulan Ramadhan! Cari Untung dan Berkahnya

Cari untung sekaligus mencari keberkahan, yuk belajar bisnis di Bulan Ramadhan. Kira-kira bisnis apa ya yang tepat untukmu?

Yuk, Bisnis di Bulan Ramadhan! Cari Untung dan Berkahnya

Ceroboh.com – Siapa sih, yang nggak suka dengan kehadiran bulan suci Ramadhan? Tentu sebagian besar orang Indonesia sangat gembira saat menyambutnya. Bagi mayoritas orang Indonesia, Ramadhan menjadi momen yang sangat spesial.

Masyarakat Indonesia berpikir, momen bulan Ramadhan adalah momen bonus. Bonus berlipatnya pahala dan amalan yang dilakukan. Tentu wajar jika bulan Ramadhan mereka jadi lebih rajin untuk beribadah.

Misalnya saja. Tarawih, iktikaf dan membaca Qur’an. Itu sudah menjadi rutinan mereka setiap hari. Karena itulah, keseharian masyarakat Indonesia jadi berubah. Mulai dari pola makan, berbelanja hingga ketika ia berselancar di internet.

Nah, perubahan keseharian dan kegiatan masyarakat Indonesia inilah semestinya menjadi perhatian tersendiri bagi para pebisnis. Ini dikarenakan, tentu beda konsumen saat Ramadhan dengan konsumen di bulan-bulan lain.

Jika kamu adalah seorang pebisnis, bulan Ramadhan adalah kesempatanmu untuk meraih kesuksesan. Lalu, alasan apa saja sih, yang membuat bulan Ramadhan menjadi bulan penting untuk pebisnis?

Berikut ini beberapa alasan bisnis di bulan Ramadhan adalah kesempatan besar bagi para pebisnis, untuk mencari untung dan keberkahan:

1. Para Konsumen Rajin Mencari Promo

Alasan pertama Ramadhan penting untuk bisnis adalah dikarenakan konsumen di bulan Ramadhan lebih aktif dan lebih rajin untuk berselancar mencari promo.

Bahkan bulan Ramadhan lebih tinggi event-event promonya dibandingkan dengan harbolnas sekali pun.

Jika diteliti lebih dalam ternyata kata kunci promo lebih tinggi dibandingkan dengan  harbolnas loh. Jadi, jika kamu ingin meningkatkan bisnismu, bulan Ramadhan kemungkinan besar menjadi kesempatanmu menerapkan teknik-teknik promo.

Pelajari: Perilaku Konsumen di Bulan Ramadhan

2. Abai Terhadap Ramadhan Adalah Kerugian Pebisnis

Alasan kedua yaitu, jika pebisnis mengabaikan bulan Ramadhan, secara tidak langsung mereka telah mengalami kerugian. Bagaimana bisa?

Ya bisa dong! Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat penting bagi para pebisnis. Bulan Ramadhan merupakan kesempatan para pemilik bisnis untuk menarik konsumen.

Artinya. Jika pebisnis mengabaikan konsumen di bulan Ramadhan artinya ia telah mengabaikan mereka setahun ke depannya.

Ini diungkapkan sendiri oleh Yongky Susilo. Seorang direktur retail Measurement Service Nielsen

3. Pertumbuhan Ekonomi Nasional Terbarik Ada di Bulan Ramadhan

Beberapa tahu terakhir, PDB di Indonesia telah mencapai persentase hingga 5,27 persen loh. Dan persentasi ini ternyata menjadi rekor sejak tahun 2013 lalu. Nah ini peluang besar untuk melakukan bisnis di Bulan Ramadhan

Setelah dicek, pertumbuhan ekonomi nasional terbaik ada di bulan Ramadhan. Jika pertumbuhan ekonomi tinggi, ini berart bahwa tingkat konsumsi masyarakatnya pun tinggi.

Jadi, bagi para pebisnis. Ini sudah jelas. Bahwa jika tingkat konsumsi tinggi, tentu menjadi peluang besar, bukan?

4. Di Bulan Ramadhan, Penghasilan Masyarakat Lebih Besar

Ini sudah jelas. Dari para pekerja atau para pegawai, biasanya di minggu ke tiga bulan Ramadhan mereka akan memperoleh pesangon dari kantornya bernama THR (Tunjangan Hari Raya).

Di hari-hari lain beberapa instansi juga memberikan THR di awal bulan Ramadhan juga. Ini artinya penghasilan mereka bahkan bisa mencapai tiga kali lipat lebih besar dari biasanya.

Karena penghasilan lebih besar tentu mereka ingin membeli berbagai keperluan Ramadhan dan juga lebaran. Inilah kesempatan emas bagi bisnis untuk meraih kesuksesan bisnisnya.

Baca juga: Produk yang Laris di Bulan Ramadhan

5. Mudahnya Memrediksi Pola Konsumsi

Jika dibandingkan dengan bulan-bulan biasa, pola konsumsi masyarakat di bulan Ramadhan lebih mudah untuk diprediksi.

Ini dikarenakan kebutuhan mereka tentu tak jauh berbeda. Misalnya saja bahan pokok dan makanan buka puasa. Paling-paling mereka akan membeli bahan pokok yang hampir sama dan makanan buka puasa yang juga hampir sama, bukan?

Bahkan kebutuhan non makanan seperti tiket pesawat, produk perawatan tubuh hingga kebutuhan pakaian juga tak jauh berbeda.

Jadi inilah kesempatan emas buat para pebisnis untuk meraup untung dan kesuksesan yang menjulang di masa depan.

6. Mulailah Kesuksesan di Bulan Ramadhan

Beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia, JD.ID, Ramayana hingga aplikasi pencari tiket seperti Tiket.com meraih kesuksesan besar dalam memaksimalkan bisnis di bulan Ramadhan.

Jadi jika Yongky Susiol berkata bahwa bulan Ramadhan teramat penting bagi pebisnis, ini tak sekadar omong kosong yang tak berisi.

Buktinya marketplace-marketplace di atas meraih keuntungan tinggi dari bulan Ramadhan, bukan?

7. Di Bulan Ramadhan Masyarakat Cenderung Lebih Konsumtif

Tak bisa dipungkiri, dibanding dengan bulan-bulan lain masyarakat Indonesia lebih konsumtif di bukan Ramadhan, loh.

Kenapa bisa begitu? Ya jelas karena bagi masyarakat Indonesia, momen Ramadhan adalah momen spesial. Jadi pada beberapa orang, ini adalah kesempatan mereka untuk membeli sesuatu.

Misalnya saja. di pelosok-pelosok desa, membeli baju baru di bulan Ramadhan menjelang lebaran menjadi budaya yang melekat secara turun temurun.

Bahkan transaksi e-commerce yang dicatat Google di bulan Ramadhan meningkat hingga dua kali lipat loh, dibandingkan dengan bulan-bulan lain.

Jadi, wahai pebisnis. Inilah kesempatanmu mencapai kesuksesanmu.

Itulah beberapa alasan penting yang semestinya diketahui oleh para pebisnis untuk meraup kesuksesan. Jadi, kamu sudah tahu kan sekarang alasan tetap bisnis di bulan Ramadhan.?


Yuk belajar bisnis di Bulan Ramadhan! Bisa baca panduan berikut ini:

PANDUAN BISNIS BULAN RAMADHAN

BERI KOMENTAR