bisnis kecil kecilan untuk pelajar

6 Bisnis Kecil Kecilan Untuk Pelajar Bisa Untung Besar

Bisnis kecil kecilan untuk pelajar ternyata bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Bisnis apa saja kira-kira? simak penjelasan berikut ini!
Total
0
Shares

Bisnis kecil kecilan untuk pelajar ternyata bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Bisnis apa saja kira-kira? simak penjelasan berikut ini!

CEROBOH.COM – Apakah kamu seorang pelajar? Dan jika benar seorang pelajar, apakah kamu ingin mencari tambahan uang jajan agar tidak merepotkan orangtuamu? Kalau memang iya, kamu tidak pelru kebingungan untuk mencari uang jajan tambahan. Sebab, tentu saja banyak sekali ide usaha yang bisa dilakukan seorang pelajar agar bisa menambah pemasukan.

Selain mendapatkan uang, pelajar yang mencoba membangun usaha tentu saja akan berbeda dengan yang hanya mengandalkan orangtua. Mulai dari pengalaman yang tidak bisa diganti nilainya, hingga networking yang lebih luas. Selain itu, kamu tentu saja akan mendapat teman yang banyak.

Nah, selanjutnya pasti kamu bertanya-tanya, berapa kira-kira modal yang dibutuhkan seorang pelajar jika ingin membuka usaha? Apakah modalnya besar? Tentu saja tidak. Kamu tidak melulu harus memiliki modal besar untuk membuka usaha. Dan tentu ada banyak sekali ide usaha yang bisa dilakukan pelajar tanpa harus mengganggu jam belajarmu dan waktu sekolahmu di pagi jari.

Pertanyaan selanjutnya adalah, apa saja bisnis yang bisa dilakukan oleh pelajar yang tidak menyita waktu sekolah?

Yuk simak baik-baik di bawah ini mengenai bisnis kecil kecilan untuk pelajar yang bisa diterapkan tanpa menganggu waktu sekolah:

1. Membuka Jasa Guru Les

bisnis kecil kecilan untuk pelajar

Bisnis kecil kecilan bagi para pelajar untuk diterapkan adalah kamu bisa membuka jasa menjadi pengajar les. Baik secara kelompok ataupun secara privat atau pribadi. Jika kamu membuka les-lesan secara bersama, kamu bisa mematok harga sekitar 5000-10000 per anak.

Jika yang ikut les ada sekitar 7 anak, sekali les kamu sudah mendapatkan uang sekitar 60 ribu – 70 ribu rupiah loh. Pertama kamu bisa menawarkan jasa lesmu kepada anak-anak di sekitar lingkunganmu. Kamu juga bisa promosi di sosial media.

2. Menjadi Penyiar Radio

bisnis kecil kecilan untuk pelajar

Selanjutnya bisnis kecil kecilan untuk pelajar yang bisa dilakukan adalah kemu bisa menjadi penyiar radio. Apakah kamu menyukai public speaking? Atau, apakah kamu adalah pelajar yang suka berbicara di depan khalayak umur? Nah, jika iya, pekerjaan sampingan menjadi penyiar radio ini sangat cocok untuk kamu lakukan.

Kamu bisa mencari stasiun radio yang ada di sekitar lingkunganmu,. Pasti banyak kok. Kemudian kamu bisa bertanya kepada pihak stasiun radio, apakah saat ini radio sedang membutuhkan penyiar radio di waktu sore atau di waktu malam hari.

3. Menjual Camilan

bisnis kecil kecilan untuk pelajar

Bisnis pelajar yang bisa kamu terapkan berikutnya adalah kamu bisa menjual camilan. Mulai dari camilan berat sampai camilan ringan. Jika kamu ingin menjual camilan berat seperti misalnya gorengan—pisang goreng, tahu goreng, sampai bakwan goreng. Nah, kamu bisa mengambil di penjual gorengan dengan harga reseller, lalu kamu menjual eceran di tetanggamu sebelum berangkat sekolah. Atau bisa kamu bawa sekolah kamu jual ke teman-temanmu.

Jika makanan ringan, kamu bisa membeli camilan beberapa kilo dan kamu bisa membungkusnya di plastik-plastik kecil. Bisnis seperti ini bahkan bisa untung hingga 100 ribu loh perhari jika laris manis.

Baca juga: Pendidikan Keuangan untuk Anak yang Wajib Dipelajari

4. Menjual Buku Bekas

bisnis kecil kecilan untuk pelajar

Bisnis kecil kecilan untuk pelajar satu ini sangat cocok buat kamu yang suka membaca. Hari ini banyak yang mulai sadar literasi. Jadi kemungkinan banyak yang membeli buku. Selain itu, buku bekas harganya miring. Tapi tetap original. Jadi orang tidak akan ragu jika ingin membeli buku bekas.

Selain ini, banyak orang yang sengaja mencari buku-buku bekas judul tertentu Karena langka. Buku bekas juga mudah jika ingin membelinya. Bisa secara glosiran. Berbeda dengan buku baru. Jika menjual buku baru, belinya harus kerjasama dengan penerbit-penerbit tertentu.

5. Bisnis menjadi Penulis Lepas

bisnis kecil kecilan untuk pelajar

Jika menjual buku adalah pelajar yang hobi membaca, menjadi penulis lepas cocok buat kamu yang hobi menulis. Banyak sekali peluang menulis yang bisa dijadikan usaha. Mulai dari content writer sampai menulis buku untuk kemudian dijual dalam bentuk buku fisik, audio book atau e-book.

Kamu hanya permodal kuota internet dan juga laptop. Tentu aja ini akan menjadi peluang besar untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

6. Bisnis Jasa Desain Grafis

bisnis kecil kecilan untuk pelajar

Apakah kamu termasuk pelajar yang suka mendesain? Jika iya, bisnis jasa desain grafis sangat cocok untuk kamu coba. Pasalnya, kini banyak sekali usaha yang membutuhkan desain grafis untuk konten dan promosi mereka.

Kamu bisa menawarkan jasamu kepada para pengusaha untuk membuat brand dan promosinya. Atau kamu bisa promosi di sosial media milikmu.

Nah, itulah beberapa bisnis kecil kecilan untuk pelajar yang bisa kamu terapkan. Bisnis-bisnis tersebut tentunya tidak akan menggangu waktu sekolahmu karena bisa dilakukan di sore hari atau di malam hari. Sebetulnya menjadi pebisnis itu kuncinya hanya konsisten dan sabar. Jika dua hal tersebut dilakukan kamu adalah calon pebisnis sukses di masa depan. Selamat berbisnis!

Lihat juga: Peluang Bisnis Food Truck Bisa Untung Berlipat-lipat

5/5 - (3 votes)
Leave a Reply
You May Also Like