Bukan Morning Person? Inilah Tips Agar Tetap Produktif

Ada beberapa cara praktis agar selalu produktif walaupun bukan morning person, kamu bisa memperaktekan beberapa tips berikut!

Bukan Morning Person? Inilah Tips Agar Tetap Produktif

CEROBOH – Budaya kerja di setiap kantor tentu saja berbeda-beda. Ada yang fleksibel dan ada juga yang penuh dengan aturan.

Semua itu biasanya tergantung pada aturan yang diterapkan oleh pemimpin perusahaan. Umumnya jam kerja dimulai pada pagi hari. Namun, ini akan menjadi masalah tersendiri bagi orang yang sulit bangun pagi.

Sebenarnya ini bukan masalah besar, sebab menurut ahli psikologi; orang yang non—morning person bukanlah orang yang buruk saat bekerja. Melainkan, yang mempengaruhi terhadap kualitas kerja adalah faktor psikologinya.

Jika kamu orang dengan tipe bukan morning person, perhatiakn 5 cara agar selalu produktif berikut ini:

1. Buat To Do List Pekerjaan Sebelum Tidur

Cara Selalu Produktif Walaupun Bukan Morning Person

Sebelum tidur, buatlah to do list yang akan dikerjakan di hari esok. Mencatat daftar pekerjaan yang akan dikerjakan dapat membantu kamu saat pagi hari. Ketika pagimu belum siap, karena malam sudah disiapkan kamu tak akan bingung lagi akan mengerjakan apa.

Selain itu, to do list juga membantu kamu mencapai target pekerjaan harian. Hasilnya, kamu bisa lebih produktif lagi. Meski tanpa persiapan di pagi hari.

Baca juga: Tanda Akan Dipecat dari Tempat Kerja

2. Bekerja Produktif Saat Sedang Full Energy

Cara Selalu Produktif Walaupun Bukan Morning Person

Ketika masih pagi, mungkin kamu kurang produktif. Nah, maka dari itu ketika kondisimu sedang semangat-semangatnya bekerja. Manfaatkanlah dengan bekerja dua kali lipat. Istilahnya “Jangan kasih kendor”.

Kerjakan laporan-laporan penting, berkas-berkas persentasi. Dan data-data yang akan di bahas pada rapat. Pastikan kamu bekerja ekstra ketika sedang full energy.

3. Bawa Pulang Pekerjaan yang Belum Kelar

Cara Selalu Produktif Walaupun Bukan Morning Person
Foto IG @centreatlas

Apabila pekerjaanmu belum kelar, sedangkan kantor akan segera tutup. Baiknya kamu segera bawa pekerjaanmu ke rumah. Kerjakan sisa pekerjaan di rumah, jangan sampai pekerjaan hari ini jadi molor ke hasi selanjutnya.

Hal seperti ini hanya akan membaung-buang waktu saja. Maka dari itu bereskan semua pekerjaan saat dirumah. Namun perlu diperhatikan, kamu harus tetap menjaga setamina tubuh dengan beristirahat yang cukup.

4. Meminta Izin untuk Datang Siang Hari

Cara Selalu Produktif Walaupun Bukan Morning Person

Cara selalu produktif walaupun bukan morning person adalah dengan datang siang. Ada beberapa perusahaan yang sangat fleksibel. Dimana karyawannya diizinkan datang siang. Namun tetap harus menghabiskan 8 jam kerja.

Nah, jika perusahaanmu adalah tipe fleksibel seperti ini. Maka, izinlah untuk datang siang. Sebab kamu akan lebih produktif di siang hari, ketimbang datang pagi hari namun tidak produktif. Jelaskan pada atasan bahwa kamu bukan tipe morning person.

5. Manfaatkan Waktu Istirahat dengan Tidur yang Cukup

Cara Selalu Produktif Walaupun Bukan Morning Person

Usahakan istirahat yang cukup, sempatkanlah untuk tidur di malam hari. Bagaimanapun tubuhmu perlu melakukan metabolisme saat malam.

Tidur yang cukup akan membuatmu lebih fresh lagi saat bangun. Ketika kondisimu sudah fresh maka kualitas kerjamu akan semakin produktif. Kamu bisa mencoba tidur di malam hari minimal 6 jam, dan maksimal 8 jam.

Hindari begadang dari hal yang tidak berguna. Kalo kata bung Rhoma “Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya.”.

6. Mengubah Kebiasaan di Pagi Hari

Cara Selalu Produktif Walaupun Bukan Morning Person

Selanjutnya, walaupun kamu bukan morning person. Cara ini harus diusahakan. Ubahlah kebiasaan kerjamu menjadi pagi hari. Salah satunya dengan berangkat lebih awal ke kantor.

Untuk langkah awal, tentu akan terasa sulit. Pada tahap ini kamu tidak perlu memaksakan. Rubahlah sedikit demi sedikit saja. Lambat laun kebiasaanmu akan bisa berubah.

Oia, untuk langkah awal kamu bisa tinggal di tempat yang dekat dengan tempat kerja. Hal ini tujuannya untuk mempersingkat waktu menuju tempat kerja.

Sehingga kamu bisa datang ke kantor dengan cepat tanpa membuang banyak waktu. Dengan demikian kamu perlahan bisa merubah kebiasaan di pagi hari, karena dekat dengan kantor.

Artikel lain: Cara Konsisten dengan Kebiasaan Baru

7. Olah Raga Pagi Hari Sebelum Berangkat kerja

Cara Selalu Produktif Walaupun Bukan Morning Person

Terakhir, kamu bisa mensiasatinya dengan cara berolah raga saat pagi hari. Olah raga bisa dilakukan dengan lari-lari kecil mengelilingi komplek. Tidak perlu olah raga yang terlalu berat. Lakukan olah raga ringan ini sebelum berangkat ke kantor.

Olah raga bisa menjadikan tubuh lebih fit lagi. Dan ini sangat berpengaruh pada produktifitas pekerjaan saat berada di kantor nanti. Dengan tubuh yang fit dan sehat tentu kamu akan menghasilkan pekerjaan yang berkualitas. Et, jangan lupa mandi sebelum berangkat kerja ya, apalagi setelah berolahraga.

Beberapa poin penting di atas adalah Cara Selalu Produktif Walaupun Bukan Morning Person. Kamu bisa mencobanya satu persatu untuk menjadi pribadi yang lebih produktif.

BERI KOMENTAR