Cara berbisnis dengan modal kecil

6 Cara Berbisnis Dengan Modal Kecil dan Tetap Untung

Cara berbisnis dengan modal kecil bukanlah sesuatu yang mustahil, banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisnis tetap untung dan profitable.
Total
0
Shares

Cara berbisnis dengan modal kecil bukanlah sesuatu yang mustahil, banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisnis tetap untung dan profitable.

Cara berbisnis dengan modal kecil

CEROBOH.COM – Zaman sekarang, kini banyak sekali orang-orang yang mulai mendirikan bisnis. Bahkan ada yang rela resign dari kantor untuk kemudian memulai suatu bisnis tertentu. Misalnya saja bisnis fashion, bisnis membuka jasa pembuatan website, bisnis desain dan masih banyak lagi.

 Banyak sekali yang bercita-cita sebagai pebisnis. Pasalnya, bisnis ini sangat menjanjikan keuntungannya. Bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah dalam sebulan. Berbeda dengan pekerja kantoran yang di beberapa perusahaan gajinya segitu-gitu saja.

Tapi tentunya bisnis memang tidak mudah meski untungnya banyak. Jika kamu menjelajahi berbagai jenis pebisnis yang kini sudah mulai sampai puncak, tentu ketika di bawah mereka pernah mengalami jatuh bangun yang tidak semua orang tahu.

 Seperti misalnya, tokonya pernah sepi pembeli, tidak ada modal dan bahkan malahan minus hingga menari supplier yang tepat. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan jika ingin mendirikan bisnis dengan moal kecil tapi tetap menguntungkan.

Nah, kemudian bagaimana sih cara berbisnis dengan modal kecil yang menguntungkan?

Simak baik-baik yuk beberapa cara bisnis yang bisa kita terapkan dengan modal yang kecil dan tentunya juga menguntungkan:

1. Cari Supplier yang Bisa Diajak Kerjasama

Hal pertama yang bisa kamu lakukan jika berbisnis dengan modal kecil adalah kamu harus mencari bahan baku yang berkualitas, namun tentunya juga terjangkau harganya. Jangan terlalu mahal. Dengan kata lain, carilah supplier yang tepat.

Jadi sejak awal kamu mendirikan bisnismu, kamu bisa mengajak kerjasama atau menjalin kemitraan kepada para supplier yang memiliki bahan baku dengan kualitas yang baik. Kamu bisa mencari supplier dari internet atau dari mulut ke mulut di antara rekan bisnismu.

2. Carilah Tempat Bisnis yang Mumpuni dan Terjangkau

Selanjutnya cara berbisnis dengan modal kecil adalah dengan menentukan lokasi tempat bisnismu atau tempat kamu membuka usaha. Nah, jika dalam hal ini bisnis yang dibahas adalah bisnis dengan modal kecil. Maka kita bisa membuka usaha rumahan.

Sebab, tidak dipungkiri bahwa tempat adalah salah satu modal yang memang membutuhkan biaya yang cukup besar dalam urusan perbisnisan. Apalagi kalau kamu menyewa tempat di tempat yang strategis. Tentu saja akan menghabiskan uang besar!

3. Maksimalkan Produkmu dengan Promosi Online

Jika modalmu kecil dan kamu bingung ingin memulai usaha dari mana dan mau  ke arah mana—dan harganya pun cukup menguras kantong. Nah, kamu bisa memanfaatkannya dengan cara promosi gencar-gencaran melalui sosial media milikmu.

Baca juga: 7 Bisnis Yang Modal Kecil Tapi Menguntungkan

4. Gunakan Peralatan Bekas yang Masih Layak Pakai

Nah, cara berbisnis dengan modal kecil selanjutnya adalah kamu bisa menggunakan peralatan-peralatan bekas yang masih layak sekali untuk dipakai. Sebab, peralatan-peralatan ini harganya lumayan mahal. Dan jika masih layak pakai, tentu saja akan bermanfaat sekali.

Peralatan bekas bisa didapat dengan cara hunting. Misalnya saja, barang-barang yang tidak terpakai di rumah. Atau kamu bisa hunting di tempat-tempat barang bekas. Meskipun bekas, biasanya masih memiliki kualitas yang layak pakai.

Maka dari itu, jika ini menjadi alternative, kamu harus pandai-pandai memilih barang, ya.

5. Pastikan Modal Bisnis Tepat Sasaran

Bagian yang terpenting, ketika kamu memiliki modal yang kecil maka harus memperhatikan penggunakan modal. Semaksimal mungkin untuk kebutuhan-kebutuhan pokok dan benar-benar dibutuhkan oleh bisnismu.

Untuk itu, sebelum memulai bisnis alangkah baiknya membuat ploting terlebih dahulu. Maksudnya adalah membagi-bagi kebutuhan kepada tiga bagian.

Misalnya saja:

  • Bahan Penting
  • Bahan Pokok
  • Bahan Hiasan

Bahan penting meliputi bangunan, meja dan peralatan penting lainnya untuk keberlangsungan bisnis. Bahan pokok adalah bahan baku untuk membuat produk. Dan bahan hiasan merupakan ornament-ornamen pelengkap, atau hanya sekadar pemanis saja.

Kamu bisa mendahulukan yang bahan penting terlebih dahulu. Selanjutnya bahan pokok dan setelah itu baru mempertimbangkan bahan yang bersifat pelengkap.

6. Melakukan Hubungan Kerjasama

Cara berbisnis dengan modal kecil berikutnya adalah dengan melakukan hubungan kerjasama. Hubungan kerjasama ini bisa kamu lakukan dengan berbagai pihak. Misalnya:

  1. Kerjasama dengan teman, patungan modal
  2. Kerjasama dengan pemilik tempat, numpang lapak
  3. Kerjasama dengan supliyer, pengadaan bahan baku.

Itulah beberapa hal yang bisa dikerjasamakan. Misalnya saja kerjasama dengan teman. Kamu bisa berbagi modal dengan teman, hal ini akan meringankan dalam memulai usaha. Karena modal awal ditanggung bersama dengan teman.

Selain itu, bisa kerjasama dengan pemilik tempat. Cara ini sudah banyak yang mempraktikannya. Misalnya saja tukang nasi goreng yang menumpang lapak di depan toko glosiran. Jadi, untuk membuka usaha nasi goreng kamu gak usah nyewa tempat yang mahal. Karena sudah bekerjasama dengan pemilik toko.

Terakhir, bisa juga bekerjasama dengan supliyer. Contohnya kita mengambil dulu bahan baku dari mereka. Dan melakukan pembayaran berjangka seminggu sekali. Nah, ini tentunya akan sama-sama menguntungkan dua belah pihak. Dan kamu, bisa mensiasati modal bisnis yang jumlahnya sangat minim.

Demikianlah cara berbisnis dengan modal kecil yang bisa kamu contoh dan praktikan. Intinya, cermat dan bijaklah dalam menggunakan modal. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Artikel lainnya: 6 Bisnis Online Modal 500 Ribu, Nyaris Tanpa Modal

4.7/5 - (3 votes)
Leave a Reply
You May Also Like