6 Cara Bisnis Online Bisa Bertahan Dan Terus Berkembang

Tentu, ada beberapa cara bisnis online bisa bertahan dan terus berkembang. Jika kamu tertarik, simak yang akan saya jelaskan ini!

Cara Bisnis Online Bisa Bertahan Dan Terus Berkembang
ilustrasi freepik – @stories

CEROBOH – Bisnis online merupakan salah satu cara berbisnis dengan mudah. Bahkan ada bisnis online yang dilakukan dengan tanpa harus mengeluarkan modal uang terlebih dahulu.

Cukup dengan keinginan, dan kerajinan mempromosikan sebuah produk, kamu sudah bisa memulai bisnis online. Dan mendapatkan penghasilkan keuntungan dari promosi tersebut.

Seiring semakin canggihnya dunia digital. Bisnis online makin banyak peminatnya. Tentu, banyaknya peminat ini menimbulkan kondisi baru, yaitu adanya persaingan yang ketat.

Adanya persaingan ini, menjadikan pebisnis online harus berfikir lebih keras lagi. Agar bisnisnya bisa bertahan dan bersaing dengan para kompetitornya.

Bagaimana sih agar bisnis online bisa bertahan di tengah banyaknya persaingan?

Berikut ini adalah cara bisnis online bisa bertahan dan semakin berkembang:

1. Membuat Strategi Marketing

Agar bisnis online bisa pertahan di tengah persaingan yang ketat. Langkah pertama yang wajib pebisnis lakukan adalah embuat sebuah strategi marketing yang jitu.

Dengan membuat sebuah strategi yang matang, langkah marketing akan lebih jelas, terarah dan memiliki pondasi yang kuat. Sehingga bisa bersaing dengan para kompetitor atau pebisnis yang memiliki produk yang sama.

Kamu bisa mempelajari beberapa strategi marketing berikut ini, yang sebelumnya sudah pernah dijelaskan:

2. Memberikan Pelayanan Yang Ramah

Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kepuasan pelanggan terhadap sebuah pelayanan. Banyak pelanggan yang kecewa bukan karena produknya tidak bagus. Melainkan karena pelayanannya tidak memuaskan.

Misalnya saja adminnya jutek, keluhan pelanggan tidak direspon. Atau mengacuhkan komentar pelanggan yang benar-benar membutuhkan jawaban.

Pelayanan semacam itu bisa membuat pelanggan kecewa, hasilnya mereka enggan menggunakan produk milikmu lagi.

Maka dari itu, cara bisnis online bisa bertahan lama adalah dengan menjaga kepuasan pelanggan. Yaitu dengan memberikan pelayanan yang ramah terhadap konsumen.

Pelayanan yang ramah juga bisa menciptakan hubungan emosional antara pelanggan dan produk milikmu.

3. Menciptakan Inovasi Baru

Sebuah produk, agar bisa terus berkembang dan bertahan lama yaitu dengan cara menciptakan inovasi baru.

Adanya sebuah inovasi artinya produk tersebut bisa menyesuaikan diri dengan kondisi di lapangan dan keadaan zaman.

Produk yang tidak melakukan inovasi dan terobosan baru, sudah tentu pasti akan tergerus oleh pesaingnya yang terus melakukan inovasi dan terobosan.

Maka dari itu, inovasi sangat dibutuhkan. Terutama jika yang kamu geluti adalah sebuh bisnis online yang banyak persaingannya.

4. Selalu Update Di Akun Media Sosial

Cara bisnis online bisa bertahan berikutnya adalah dengan memanfaatkan media sosial dan terus update di media sosial tersebut.

Media sosial merupakan salah satu alat bantu promosi dan sekaligus media penghubung dengan para pelanggan. Sehingga menggunakan media sosial untuk kebutuhan bisnis adalah wajib!

Kamu bisa baca dulu : Manfaat Sosial Media Untuk Bisnis

Dengan melakukan update di media sosial artinya bisnis dan produk yang kamu pasarkan benar-benar ada. Dan juga menandakan bahwa bisnis yang dijalankan benar-benar serius.

Nah, maka dari itu, teruslah update di media sosial, selain update produk kamu juga bisa update beberapa tips yang bisa membantu pelanggan.

5. Sharing Pengetahuan Pada Pelanggan

Kadang, pelanggan akan merasa jenuh dengan postingan akun bisnis yang melulu update tentang produknya. Hasilnya, mereka tidak berminat lagi mengikuti akun media sosial milikmuu itu.

Nah, untuk mensiasati itu, buatlah postingan yang variatif. Misalnya saja membuat postingan tentang pengetahuan yang berkaitan dengan produk milikmu.

Hal ini bisa menjadi cara bisnis online bisa bertahan yang efektif. Karena ada pengetahuan lebih yang bisa didapatkan oleh para pelanggan.

Sehingga, mereka semakin tertarik dan antusias dengan produk milikmu itu.

6. Memberikan Promo Dan Program Menarik

Terakhir, agar bisnis online bisa bertahan dan semakin berkembang adalah dengan membuat program-program menarik. Dan salah satunya adalah dengan memberikan promo di hari-hari tertentu.

Program menarik ini tidak hanya dalam bentuk promo, kamu bisa menciptakan sebuah lomba atau giveaway yang berkaitan dengan produk milikmu.

Dengan demikian, pelanggan bisa semakin antusias. Dan bisnis onlinemu bisa bertahan dan semakin bekembang.

Baca juga: Alasan Pentingnya Etika Dalam Bisnis

Demikianlah pembahasan tentang cara bisnis online bisa bertahan di tengah banyaknya persaingan dan kompetitor. Ke 6 poin tersebut bisa diterapkan pada bisnis yang sedang kamu jalani saat ini.

BERI KOMENTAR