Cara Hemat Memasak Untuk Ibu Rumah Tangga, Paling Mudah!

Cara hemat memasak salah satunya bisa dengan mengkombinasikan masakan sehat, selain itu kamu bisa memperhatikan beberapa cara ini.

Cara Hemat Memasak Untuk Ibu Rumah Tangga, Paling Mudah!
ilustrasi freepik/@pikisuperstar

CEROBOH – Siapa sih, ibu rumah tangga yang nggak ingin berhemat dalam mengatur uang bulanan? Tentu saja hampir semua ibu rumah tangga ingin berhemat.

Selanjutnya mereka kemudian berusaha mencari berbagai cara untuk berhemat. Ada yang berupaya membeli sayur murah namun tetap bernutrisi, ada yang mengatur jadwal masak selama seminggu ke depan dan cara-cara lain.

Jika kita perhatikan kini banyak sekali para ibu rumah tangga yang sharing mengenai tips dan trik bagaimana agar memasak menjadi lebih hemat. Contoh saja dengan uang uang 150 ribu bisa untuk atok memasak seminggu ke depan, misalnya.

Bagaimana caranya agar lebih hemat ketika memasak?

Nah, jika kamu adalah seorang IRT yang masih bingung mengatur dan menghemat uang belanjaan sekaligus memasak yang irit namun bernutrisi, saya akan coba memberikan beberapa tipsnya.

Inilah beberapa tips dan cara hemat memasak yang bisa kamu terapkan di rumah:

Kombinasikan Menu Makanan Seimbang

Tips pertama buat kamu ibu rumah tangga yang ingin berhemat dalam memasak yaitu dengan menyiasati kombinasi menu-menu seimbang. Ada kebutuhan protein, zat besi, karbohidrat dan seterusnya.

Misalnya hari itu sudah memasak ikan–yang mana ikan adalah kebutuhan protein, kamu tak perlu memasak telur atau ayam. Itu bisa menjadi faktor yang membuat kamu boros.

Jadi, kalau masak ikan goreng, ya ikan goreng saja. Kamu bisa kombinasikan ikan goreng dengan sayur bayam dan sambal. Cukup simpel, bukan?

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa

Sebaiknya Belanja di Pasar Tradisional, Bukan Supermarket

Cara hemat memasak selanjutnya untuk IRT bisa diawali juga dengan memilih belanja di pasar tradisional. Bukan memilih berbelanja di supermarket.

Hal ini dikarenakan jika kamu berbelanja di pasar tradisional kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah dan bisa saling tawar menawar dengan penjualnya. Siapa sih, ibu rumah tangga yang tak suka harga murah? Namun perlu dicatat, ya. Jangan terlalu murah dalam menawar harga.

Selain itu, dibanding dengan sayur-sayur yang ada di supermarket, pasar tradisional lebih segar dan lebih fresh.

Karena biasanya sayur-sayur di pasar langsung didatangkan dari tempat metiknya langsung. Para pengepul sengaja menyediakan stok pagi-pagi agar habis hari itu juga.

Belajarlah Menyimpan Bahan Makanan Dengan Tepat

Cara berikutnya kamu bisa menghemat cara memasakmu dengan lebih banyak belajar dapam menyimpan bahan makanan dengan tepat. Biasanya banyak tuh, ibu-ibu rumah tangga yang sharing mengenai cara menyimpan bumbu dapur dan sayuran agar lebih awet dan tak cepat busuk.

Misalnya saja. Untuk menyimpan cabai agar tetap habis pada butir terakhir, kamu bisa menyimpan di wadah kotak seperti kotak tupperware tertutup. Namun agar lebih awet, lapisi tisu terlebih dahulu bawahnya sebelum menaruh cabainya.

Nah, cara-cara seperti ini wajib dipelajari ibu-ibu rumah tangga. Agar tak sering membuang bumbu yang terlalu cepat membusuk. Yang mengakibatkan tak hemat dalam memasak.

Usahakan Membeli Bumbu dan Sayur Yang Masih Segar

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin kedua, cara hemat memasak yaitu dengan mengusahakam membeli bumbu dan sayur yang masih segar. Bukan sayur yang sudah letoi dan layu.

Nah, untuk itu kamu sebaiknya berbelanja di pasar tradisional karena di sana kamu akan menemukan banyak sayur-sayur segar. Dan ini akan membuat bahan-bahan belanjaanmu lebih awet. Tapi tetap harus pandai cara menyimpannya, ya!

Nah, pasar di sekitarmu buka mingguan (bukan pasar harian) dan ternyata kamu kehabisan bahan tertentu, kamu bisa berbelanja di tukang sayur di sekitar komplek rumahmu. Tapi kamu juga harus pandai memilih sayur yang segar.

Usahakan Jangan Memasak Dengan Bumbu Instan

Di zaman yang semakin maju ini, banyak sekali ibu-ibu yang kini membuka toko-toko online atau menjadi pekerja kantor. Tak heran, sebagian besar mereka memilih memasak dengan bumbu instan agar cepat karena keterbatasan waktu–saking sibuknya.

Padahal, selain banyak bahan kimia yang terkandung di bumbu-bumbu instan tersebut, tentu saja lebih boros karena hanya sekali masak. Berbeda dengan bumbu alami. Selain bumbunya tak mengandung bahan kimia, bumbu-bumbu ini bisa dimanfaatkan untuk beberapa kali masak.

Memang sih, agak repot karena harus nguleg-nguleg bumbu sendiri. Namun biasanya cita rasa yang dihasilkan lebih kuat dan lebih sedap ketimbang bumbu instan. Jika tak bisa, di internet juga banyak kan konten-konten yang menyediakan racikan sayur-sayur dan masakan tertentu.

Pilih Masakan Yang Tahan Lama

Satu cara hemat memasak berikutnya, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih jenis masakan yang tahan lama. Ini bukan berarti kamu memanfaatkan bahan pengawet yang justru membuat hidanganmu tak sehat.

Kamu bisa memasak jenis hidangan yang bertahan lama dan tak cepat basi seperti misalnya ayam goreng, kering kentang, balado tempe dan hidangan tahan lama lainnya.

Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat karena tak memasak terus menerus karena makanan yang cepat basi dan berakhir dengan dibuang semudah itu.

Baca juga: Tips Membeli Rumah KPR

Masak Secukupnya, Jangan Berlebihan

Ini juga cara hemat memasak yang juga penting. Jika serumah hanya tinggal bertiga, janganlah terlalu banyak dalam memasak hidangan.

Ini dikarenakan jika kamu memasak hidangan yang cepat basi, kamu malah akan membuatnya secara cuma-cuma. Dengan kamu memasak secukupnya, makanan akan habis dan akan membuat bahan makananmu lebih awet.

Demikian beberapa cara hemat memasak yang mungkin bisa diterapkan untuk kamu ibu rumah tangga. Semoga dengan tips-tips yang dijelaskan, kamu bisa terbantu untuk lebih hemat, ya. Happy cooking, moms!

BERI KOMENTAR