7 Cara Hemat Uang Untuk Anak Kost, Mudah Dilakukan

Cara hemat uang untuk anak kost sangat mudah, berikut ini saya kasih beberapa tips agar uang bulananmu tetap aman meski sudah akhir bulan

7 Cara Hemat Uang Untuk Anak Kost Paling Mudah Dilakukan
ilustrasi freepik/@studiogstock

Ceroboh.com – Kalau sudah membahas tentang anak kost, artinya akan membahas mengenai kemandirian. Tak terkecuali kemandirian dalam hal mengatur dan menghemat uang dengan baik.

Anak kost di akhir bulan sering disteorotipkan perihal makannya cuma mie instan atau nasi kecap. Mungkin hal ini juga disebabkan karena beberapa anak kost tak pandai mengatur keuangan dengan baik.

Jika sebelumnya anak kost hidup bersama orang tua—yang kalau butuh apa-apa tinggal minta, kalau mau makan tinggal makan—hidup menjadi anak kos-kosan harus pandai menghemat uang bulanan.

Banyak anak kost yang masih bertanya-tanya perihal cara menghemat uang bulanan. Tenang saja. Buat kamu anak-anak kost, saya akan mencoba menjelaskan kiat-kiat atau cara hemat uang untuk anak kost yang mungkin bisa kamu terapkan, untuk menghemat uang bulananmu.

Yuk simak 7 cara menghemat uang bulanan anak kost agar pandai mengatur uang:

Simpan dan Kumpulkan Uang Recehmu

Cara pertama agar kamu hemat dalam mengatur uang bulananmu bisa kamu mulai dengan menyimpan dan mengumpulkan uang recehmu yang berceceran. Ya kalau dipikir-pikir sih, receh uang tak berguna, tak berharga.

Tapi suatu saat akan berguna kalau kamu benar-benar kehabisan uang, terutama di akhir bulan. Toh, ngumpulin uang receh juga bagian dari ngelatih diri kita buat nabung, bukan?

Mulai sekarang, jangan biarkan uang recehmu berceceran di mana-mana seperti di bawah kolong kasur, di atas almari, di dekat jendela. Mulailah kumpulkan dalam satu tempat khusus.

Baca juga: Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

Bawa Air Minum Sendiri Dimanapun Berada

Apapun makanannya, minumnya tetap bahwa sendiri dong! Kadang beberapa anak kost malas membawa botol minuman sendiri karena ribet. Padahal jika ditelisik, membawa botol minuman sendiri akan membuat anak kost lebih hemat.

Misalnya saja, jika sehari membeli satu botol aja, air mineral di kantin dengan harga 3000 rupiah, sebulan sudah menghabiskan uang minum sampai 150.000 hanya untuk air mineral saja. Itupun sehari sebotol loh. Belum dua botol.

Membawa botol minuman sendiri juga bagian dari mengurangi pencemaran lingkungan dengan mengurangi sampah plastik. Jadi, sebaiknya bawalah botol minuman sendiri. Manfaatnya besar sekali!

Bikin Anggaran Belanja Tiap Bulan

Membuat anggaran belanja tiap bulan ini sebenarnya hal krusial yang perlu dilakukan tiap orang, tak hanya anak kost. Sebab, jika terbiasa mengatur keuangan bulanan, akan membuatmu tak terlalu kerepotan kehabisan uang di tengah bulan.

Alokasikan uang bulanan gajimu, atau kiriman dari orang tuamu sesuai skala prioritas. Dari kebutuhan yang paling penting hingga kebutuhan yang tidak penting-penting amat.

Misalnya saja, uang bulanan kost, jatah makan selama sebulan, uang kuota, uang tranportasi hingga uang hiburan sekalipun. Susun dengan detail agar tak terlewat. Atur sedemikian rupa.

Dengan begitu, akhir bulan pun kamu tak akan mendadak kehabisan uang sama sekali dan harus makan mie instan atau nasi kecap doang.

Berlatihlah Menabung

Sebelumnya kamu telah berlatih menabung dari menyimpan dan mengumpulkan uang recehmu. Nah, jika sudah sukses, cara hemat uang untuk anak kost berikutnya kamu bisa belajar sengaja memisahkan sejumlah uang bulananmu untuk ditabung.

Tak perlu banyak, kok. Cukup 10 ribu hingga 20 ribu perhari, sebulan kamu sudah mengumpulkan uang tabungan hingga 600 ribu rupiah. Kan sia-sia jika hanya dibuat jajan doang–apalagi hiburan-hiburan nggak jelas yang sebenarnya tidak penting.

Selain itu, belajar menabung sejak dini akan berguna untuk bekalmu terjun di dunia kerja nanti, kan?

Cari Tempat Makan Ala Mahasiswa

Cara menghemat uang bulanan anak kost selanjutnya, yaitu dengan pandai-pandai memilih tempat makan ala mahasiswa yang harganya terjangkau dan tidak terlalu mahal.

Kadang-kadang anak kost tak sadar ternyata uang bulanannya habis di anggaran makan. Karena mereka mencari tempat makan yang mahal.

Menjadi anak kost bukan waktunya hidup hedon dan foya-foya nggak jelas. Jadi, untuk masalah makan pun kamu tak perlu menuruti teman-temanmu nongkong di tempat mahal. Yang penting bergizi dan kenyang serta terjangkau.

Mungkin makan di tempat mahal di awal bulan lah yang membuatmu terpaksa makan mie instan doang di akhir bulan, yakan~

Kalau Bisa, Bawa Bekal Makan Sendiri

Nah, kalau memungkinkan demi hidup yang lebih hemat lagi, kamu bisa membawa bekal makananmu sendiri. Bahkan kamu bisa menghemat pengeluaran kebutuhan makanan bulananmu hingga 50 persen.

Selain itu, keuntungan lain dari memasak sendiri adalah kamu bisa belajar memasak. Tak harus setiap hari memasak, kok. Namun juga jangan keseringan membeli.

Misal kamu sibuk banget hingga tak sempat memasak, bisa dong masak nasi sendiri. Sekarang kan, ada mejikom.

Lihat juga: Cara Investasi di Reksadana Saham

Nggak Perlu Laundry Jika Tidak Kepepet

Nah, kadang anak kost yang terlalu sibuk lebih suka melaundrykan pakaiannya. Padahal mencuci sendiri pun masih sanggup. Misal ketika mandi, bisa dicicil mencuci baju yang hari itu sedang dipakai.

Jadi tak berat mencuci banyak-banyak. Sebab sebenarnya laundry bukan hal urgent buat anak kost, kan? Jika sekali kamu laundry habis 20 ribu-an per minggu, misal. Tentunya kamu akan hemat sekitar 80 ribu rupiah.

Padahal jika kamu tabung, itu lebih bermanfat. Jadi, cara menghemat uang bulanan anak kost sepertimu, sebaiknya jangan malas mencuci baju sendiri.

cara hemat uang untuk anak kost yang mungkin bisa kamu terapkan, agar uang bulananmu tetap aman terkendali. Mari berhemat!

BERI KOMENTAR