5 Cara Investasi di Reksadana Saham Untuk Pemula

Kuncinya pahami dulu cara investasi di reksadana saham, setelah paham baru sisihkan dana untuk memulai investasi saham di reksadana online.

5 Cara Investasi di Reksadana Saham Untuk Pemula
ilustrasi freepik/@rawpixel.com

Ceroboh.com – Bagi kamu yang masih asing dengan kata reksadana, ringkasnya, reksadana adalah sebuah tempat berinvestasi yang secara resmi telah teregristrasi dan mendapat pengawasan penuh dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Demi masa depan dan masa tua yang lebih cemerlang, seorang pekerja muda seperti kamu semestinya menyisihkan sebagian gajimu untuk kamu tabung dalam bentuk investasi.

Nah, salah satu cara paling tepat dalam berinvestasi melalui reksadana. Sebab sebagian orang mengatakan, investasi reksadana adalah sebuah cara investasi yang mudah untuk menata hidup ke depannya.

Bagi pemula mungkin bertanya-tanya: Bagaimana cara investasi di reksadana saham?

Inilah panduan cara berinvestasi di reksadana saham online dengan mudah agar mendapatkan keuntungan yang besar:

Pilihlah Platform Reksadana Terpercaya

5 Cara Investasi di Reksadana Saham Untuk Pemula
foto freepik/@jcomp

Langkah pertama untuk mempermudah proses berinvestasi di reksadana, alangkah lebih baik memilih platform reksadana online. Platform reksadana online biasanya memberikan beragam fasilitas kemudahan dalam proses investasi.

Kemudian, usahakan memilih pratform reksadana yang menjualnya dari semua manajer investasi. Apabila tidak ada yang menjual, maka kamu bisa memilih investasi apa saja. Usahakan investasinya beragam.

Saat ini sudah banyak platform reksadana online yang terpercaya. Untuk lebih jelas kamu bisa mencari platform yang sudah terdaftar di OJK. Tentu saja ini demi keamanan proses investasi.

Deposit Dana Di Platform Reksadana

5 Cara Investasi di Reksadana Saham Untuk Pemula
foto freepik/@tirachardz

Setelah mendafarkan diri di platform reksadana online, selanjutnya kamu harus melakukan deposit pada rekening yang sudah terdaftar.

Jika aplikasi reksadana sudah ada depositnya, sekarang kamu sudah bisa memulai investasi menggunakan aplikasi reksadana tersebut.

Tapi sebelumnya, kamu harus pilih reksadana saham yang akan diinvestasikan, tentunya harus sesuai dengan budget keuangan yang dimiliki.

Pilihlah Kriteria Reksadana Saham

5 Cara Investasi di Reksadana Saham Untuk Pemula
foto freepik/@pressfoto

Setelah memilih reksadana saham, kamu bisa menetukan beberapa pilihan kriteria reksadana saham, diantaranya yaitu:

  • Reksadana Saham Terbaik;
  • Return Tertinggi;
  • Dana Kelolaan.

A. Reksadana Saham Terbaik

biasanya reksadana saham terbaik diterbitkan oleh media. Silahkan di cek apakah ada reksadana saham terbaik yang sudah diterbitkan.

B. Return Tertinggi

pada platform biasanya angka pengembalian terbaik diperlihatkan. Dengan memilih ini, selain pengembaliannya tinggi kamu juga harus siap dengan resiko yang cukup tinggi.

C. Dana Kelolaan

Bisa dipilih berdasarkan dana kelolaan yang angkanya juga ditampilkan di platform. Dana kelolaan menunjukkan seberapa besar uang yang sudah diinvestasikan di reksadana tersebut.

Membeli Reksa Dana Saham

5 Cara Investasi di Reksadana Saham Untuk Pemula
foto freepik/@tirachardz

Cara Investasi di Reksadana Saham sangatlah mudah, kamu tinggal membuka platform reksadana saham online.

Pada platform tersebut biasanya sudah ada tombol buy dan sell yang terletak di ujung sebelah kanan. Kamu bisa klik “buy” apabila akan membeli saham, dan bisa klik “sell” apabila akan menjual.

Apabila kamu sudah memutuskan membeli saham, atau sudah mengklik tombol buy. Maka kamu akan diminta mengisi jumlah investasi yang akan dilakukan.

Pada isian form tersebut ditampilkan jumlah dana yang ada pada rekening. Kamu untuk bisa melakukan investasi, dengan catatan kamu tidak dapat melakukan investasi lebih besar dari jumlah dana yang dimiliki pada rekening.

Setelah semua form diisi, langkah berikutnya tinggal mengikuti perintah yang ada di platform saja.

Baca juga: Alasan Milenial Harus Menabung Saham

Memantau Perkembangan Investasi Reksadana

5 Cara Investasi di Reksadana Saham Untuk Pemula
foto freepik/@freepik

Setelah berhasil melakukan investasi saham di reksadana, langkah berikutnya adalah memantau perkembangan investasi tersebut. Kamu juga harus mengetahui kinerja dari investasi yang sudah dilakukan.

Segala catatan keuntungan dan kerugian harus dimonitoring, agar tidak salah dalam memutuskan langkah selanjutnya. Data-data yang diperlukan biasanya sudah disajikan secara rinci di platform reksadana online.

Demikianlah 5 cara investasi di reksadana saham secara online. Kamu bisa memulainya secara perlahan, sambil memahami strategi investasi reksadana online.

BERI KOMENTAR