Cara Membeli Emas Putih Dan Tips Investasinya

Mau investasi emas putih? Jangan asal beli emas yak. Yuk, pahami panduan cara membeli emas putih agar bisa dijadikan investasi jangka panjang.

Cara Membeli Emas Putih Dan Cara Investasinya
ilustrasi dari freepik

CEROBOH – Emas merupakan salah satu produk terbaik untuk dijadikan bahan investasi. Kenapa? Karena emas selalu memiliki harga yang stabil. Dan tidak mudah rusak.

Ada banyak cara berinvestasi menggunakan emas. Mulai dari emas batangan, emas perhiasan, kemudian bisa juga berinvestasi menggunakan emas putih.

Emas putih, memiliki kelebihan tersendiri. Dan saya sangat merekomendasikan untuk dijadikan bahan investasi. Namun jangan sembarang membeli emas putih, ya.

Kamu harus mengetahui dulu tips-tipsdalam membeli emas putih. Agar emas tersebut bisa dijadikan produk investasi jangka panjang.

Berikut ini akan sayajelaskan cara membeli emas putih untuk dijadikan bahan investasi jangka panjang:

1. Mengetahui Tujuan Membeli Emas Putih

Nah, langkah pertama kamu harus mengetahui dulu tujuan membeli emasnya untuk apa?

Jika untuk investasi, maka saya sarankan kamu membeli emas yang kadarnya tinggki. Kenapa? karena harga emas yang kadarnya tinggi memiliki harga yang lebih besar dan stabil.

Sehingga karena tujuannya berinvestasi, di kemudian hari kamu bisa memanen hasil yang besar pula.

2. Riset Harga Emas Putih

Langkah selanjutnya, kamu harus mencari tau harga emas putih yang beredar. Banyak faktor yang mempengaruhi harga emas. Sehingga, tiap hari harga emas akan berubah-ubah.

Kamu bisa membaca panduan berikut:

Dengan melakukan riset harga emas putih, kamu jadi tau harga normal dipasaran. Sehingga bisa menentukan harga emas yang cocok dengan budget yang kamu miliki.

3. Tentukan Tempat untuk Membeli Emas Putih

Ada banyak tempat untuk membeli emas putih. Kamu harus mencari tau terkait informasi ini.

Pastikan tempat yang akan kamu pilih, merupakan tempat yang sudah terpercaya. Tujuannya untuk menghindari penipuan di kemudian hari.

Sehingga investasi emas putih yang kamu lakukan menjadi lebih aman. Dan pastinya jadi lebih tenang, kan?

4. Mencari Info Kadar Pada Emas Putih

Kalau sudah mengetahui tempat yang cocok untuk membeli emas, cara membeli emas putih selanjutnya kamu harus mengetahui kadar yang ada pada emas tersebut.

Setiap emas memiliki kadar yang berbeda-beda.Sehingga memiliki harga yang berbeda pula. Oia, kadar emas dihitung dengan satuan “karat“.

Berikut ini adalah kadar emas yang banyak beredar di pasaran:

  • Kadar emas 4 karat (37.5% emas)
  • Kadar emas 14 karat (58.5% emas)
  • Kadar emas 16 karat (66.6% emas)
  • Kadar emas 18 karat (75% emas)
  • Kadar emas 20 karat (83.3% emas)
  • Kadar emas 22 karat (91.7% emas)
  • Kadar emas 24 karat (99.99% emas)

5. Mengecek Kondisi Fisik Emas Putih

Setelah mengetahui kadar emas, dan harga yang cocok, langkah selanjutnya kamu harus mengecek kondisi fisik emas putih tersebut.

Pastikan kondisi emas dalam keadaan baik, dan tidak cacat.

Mengecek kondisi emas sangatlah penting, karena apabila emas ada kecacatan setelah dibawa kerumah. Maka pihak penjual emas tidak akan bertanggung jawab.

Maka dari itu, pastikan kondisi emasnya baik, ya!

Lihat juga: Model Cincin Emas Terbaru

6. Memastikan Keaslian Surat Emas Putih dan Menyimpannya

Berikutnya kamu harus memastikan keaslian surat-surat emas putih tersebut. Pastikan bukan surat palsu.

Surat ini sangat berharga. Sebab, emas yang tidak memiliki surat, harganya akan lebih murah. Dan kamu akan susah untuk menjualnya kembali.

Hasilnya, emas tersebut tidak dapat dijadikan investasi jangka panjang.

Maka dari itu, pastikan kamu mengecek keaslian surat emas putih tersebut. Kemudian simpan baik-baik di tempat yang aman, ya.

7. Simpan Emas Putih di Tempat yang Benar

Sebelumnya saya sudah menyarankan untuk menyimpan surat-surat emas putih di tempat yang aman. Nah, selain suratnya, emas putih yang akan kamu jadikan bahan investasi juga harus disimpan di tempat yang benar.

Patikan tidak sisimpan di tempat terbuka, juga tidak di tempat yang terlalu lembab.

Apabila jumlah emas yang dimiliki sudah lebih dari 1 kg. Alangkah lebih baik menyimpannya di berangkas Bank. Memang sih, ada sedikit biaya yang harus dibayarkan. Tapi ini akan lebih aman.

8. Menggadaikan Emas Jika Mendesak Saja

Terakhir, jangan pernah gadaikan emas putih. Kecuali pada konsisi mendesak. Usahakan emas putih ini tetap disimpan baik, agar investasi  yang kamu lakukan tidak memakan banyak biaya.

Tapi, kalo kondisi mendesak, kamu tidak perlu menjualnya. Menggadaikan emas, bisa menjadi pilihan solusinya.

Baca juga: Cara Jual Emas di Pegadaian

Demikianlah pembahasan tentang cara membeli emas putih agar bisa dijadikan investasi jangka panjang. Bagaimana sudah paham kan cara berinvestasi emas yang baik dan benar? Silahkan mencoba tips-tips yang sudah dijelaskan.

BERI KOMENTAR