Cara Memperbaiki Cartridge Printer Yang Mampet Dengan Cepat

Cartridge mampet berdampak pada hasil cetak yang tidak maksimal, makanya kamu harus mengetahui cara memperbaiki cartridge printer yang mampet.

Cara Memperbaiki Cartridge Printer Yang Mampet Dengan Cepat

Ceroboh.com – Sebagaimana sudah dibahas pada artikel sebelum-sebelumnya, bahwa cartridge adalah salah satu komponen pada printer yang memiliki fungsi meneteskan tinta yang selanjutnya akan membentuk objek berupa gambar, garis ataupun huruf di atas kertas.

Cartidge juga berfungsi sebagai penyimpanan tinta. Maka melihat dari fungsinya tersebut, cartridge memiliki peranan yang sangat penting pada printer. Ketika cartridge bermasalah, maka printer yang kamu miliki tidak dapat mencetak dengan baik.

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Cartridge

Salah satu masalah yang sering terjadi pada cartridge adalah mampet. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor. Salah satunya karena printer jarang digunakan sehingga tinta menggumpal dan menyebabkan mampet pada lubang keluar cartridge.

Jika pada printer yang menggunakan tabung infus, biasanya tinta termasuki oleh debu-debu yang menjadikan tinta kotor sehingga menyebabkan mampet pada cartridge. Selain itu masih banyak lagi penyebab mampetnya pada cartridge.

Dampak yang dihasilkan jika cartridge mampet yaitu berdampak pada hasil cetak yang tidak maksimal, biasanya terlihat dari hasil cetakan gambar yang bergaris-garis, atau tulisan font yang terpotong-potong.

Bahkan jika mampetnya sudah teramat parah, hasil cetakan sama sekali tidak menampilkan tinta. Pernahkah kamu mengalami hal seperti ini? Jika pernah, maka cartridge pada printer kamu mengalami masalah mampet.

Sebelum dibawa ke tukang reparasi, alangkah baiknya kamu mencoba terlebih dahulu memperbaikinya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini!

Lihat juga: Cara Mengatasi Kertas Nyangkut di Printer

Panduan Cara Memperbaiki Cartridge Printer yang Mampet

Sebelum memperbaiki cartridge yang mampet, perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa tidak semua cartridge yang mampet bisa diperbaiki. Karena jika cartridge sudah mengalami kelebihan beban atau over head dapat membuat head aus.

Maka ini artinya head sudah rusak total. Solusinya kamu harus menggantinya dengan cartridge yang baru. Namun jika cartridge hanya mengalami penyumbatan kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasinya.

Langkah 1; Siapkan Peralatan

  1. Cairan head cleaner (bisa dibeli di toko peralatan komputer atau service center printer)
  2. Wadah atau tempat untuk menyimpan cartridge
  3. Alat penyedot tinta atau toolkit
  4. Tinta printer
  5. Tisu kering

Langkah 2; Mengatasi Cartridge Mampet

  1. Lepaskan cartridge yang mampet dari tempatnya.
  2. Isikan tinta pada cartridge sampai penuh.
  3. Selanjutnya taungkan cairan head cleaner di wadah yang sudah disediakan sebagai tempat penyimpanan cartridge.
  4. Kemudian masukan cartridge pada wadah yang sudah diisi cairan head cleaner.
  5. Tunggu proses perendaman dalam jangka waktu beberapa jam. Namun untuk hasil terbaik, proses perendaman ini bisa dilakukan selama semalaman, agar tinta yang menempel pada head benar-benar mencair dan bersih tanpa tersisa.
  6. Jika kamu sudah yakin cartridge telah bersih dari tinta yang menempel, selanjutnya ambil toolkit atau alat penyedot lainnya. Lalu sedot tinta dari dasar head. Lakukan secara perlahan hingga tinta yang ada di dalam cartridge benar-benar terkuras habis.
  7. Langkah terakhir, ambil tisu kering lalu bersihkan cartridge hingga benar-benar bersih dan kering.

Baca juga: Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris

Kesimpulan

Demikianlah langkah-langkah memperbaiki cartridge printer yang mampet. Perlu diingat kamu harus melakukannya secara hati-hati. Jangan lupa isi kembali tinta pada cartridge tersebut.

Untuk awal jangan terlalu penuh. Minimal 2 ml untuk tinta warna, dan 5 ml untuk tinta yang hitam. Berikutnya pasang lagi cartridge pada posisi awal. Kemudian lakukan head cleaning satu sampai dua kali. Maka printer kamu sudah siap digunakan kembali. Selamat mencoba.

BERI KOMENTAR