Cara Memperbaiki Hasil Print Tabel Tidak Lurus

Ada banyak faktor kenapa hasil cetakan saat ngeprint garisnya tidak lurus. Kamu bisa memahami cara memperbaiki hasil print tabel tidak lurus berikut ini.

Cara Memperbaiki Hasil Print Tabel Tidak Lurus

Ceroboh.com – Apakah printer yang kamu miliki sekarang sedang mengalami masalah dengan hasil cetakan printer garis yang tidak lurus? Atau garisnya tebal dan tidak rata? Jika memang demikian, pastinya hal ini sangat mengganggu, kan?

Kamu udah capek-capek mencetak dokumen, eh, hasilnya tidak maksimal. Walhasil, dokumen yang sudah dicetak itu tidak akan terpakai dan terbuang begitu saja. Dan tentunya itu menjadi mubadzir.

Adanya masalah pada hasil cetakan printer bisa disebabkan karena beberapa macam faktor. Tapi intinya dikarenakan penggunaan printer tidak dirawat dengan baik.

Sehingga menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian komponen printer yang menyebabkan hasil cetakan dari printer menjadi kurang bagus atau kurang maksimal. Untuk merawat printer agar printer kamu awet dan tahan lama, kamu bisa baca tulisan tentang : Cara merawat printer

Masalah hasil cetakan printer garis yang tidak lurus harus segera diperbaiki. Selain agar kamu bisa mendapatkan hasil cetakan yang normal lagi, ini juga agar tidak menyebabkan kerusakan pada komponen lain di printer kamu.

Untuk memperbaikinya, kamu bisa melakukannya sendiri, nanti saya akan pandu caranya. Kamu tak perlu ke service center printer untuk mengatasi masalah ini. Sehingga bisa menghemat untuk kebutuhan lain. Untuk membeli tinta, misalnya.

Memperbaiki Cetakan Printer Garis yang Tidak Lurus

Sebelum mengatasi hasil cetakan printer garis yang tidak lurus, kamu harus tahu dulu penyebabnya apa. Untuk masalah cetak dengan hasil yang tidak lurus biasanya disebabkan karena kondisi pita encoder printer dalam keadaan kotor.

Kotornya pita encoder ini biasanya disebabkan karena terkena percikan tinta dari head cartridge. Sehingga mengotori pita encoder.

Selain itu bisa juga karena debu yang sudah tebal menempel. Pita encoder letaknya di belakang cartridge printer. Berwarna putih transparan dengan panjang sekitar 25-30 cm. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa melakukan langkah berikut.

  1. Siapkan tisu
  2. Buka cover printer
  3. Lepaskan cartridge printer
  4. Bersihkan pita encoder dengan menggunakan tisu bersih secara perlahan, hingga benar-benar bersih.
  5. Pasang kembali cartridge printer dan tutup lagi cover printer
  6. Finish

Sekarang kamu sudah tahu caramengatasi hasil cetakan printer garis yang tidak lurus hanya cukup dengan membersihkan pita encoder printer secara perlahan. Dan printer sudah siap digunakan lagi.

Namun agar masalah ini tidak terulang lagi, juga supaya hasil cetakan printer selalu bagus, kamu harus melakukan perawatan pada pita encoder tersebut.

Lihat juga: Cara memperbaiki cartridge printer yang tidak terbaca

Cara Merawat Pita Encoder Printer

Merawat pita encoder tidaklah sulit. Kamu cukup mengeceknya setiap sebulan sekali secara rutin. Jika pita terlihat kotor, maka harus segera dibersihkan lagi.

Selain sebulan sekali, pita encoder juga harus dicek setelah proses isi ulang tinta. Ini untuk mengecek taut ada kebocoran dan tintanya mengenai pita encoder.

Informasi tambahan. Apabila setelah membersihkan pita encoder hasil cetakan printer masih saja menghasilkan garis yang tidak lurus, maka kemungkinan besar pita encoder pada printer kamu sudah rusak.

Dan tentunya untuk mengatasi masalah ini kamu harus menggantinya dengan yang baru. Untuk mendapatkan pita encoder, kamu bisa beli secara online.

Atau jika kamu tidak ingin ribet mengganti pita encoder, jalan pintasnya adalah dibawa ke tempat service printer.

Demikianlah cara memperbaiki hasil print tabel tidak lurus. Semoga panduan yang sudah dijelaskan bisa membantu teman-teman semua dalam menghadapi masalah ini.  Sehingga hasil dari cetak printer kamu bisa bagus lagi seperti biasa. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Cara memperbaiki hasil cetak printer yang putus-putus

BERI KOMENTAR