Cara Menagih Hutang Lewat WhatsApp, Berikut Ini Langkah-langkahnya

Pada tulisan ini saya jelaskan cara menagih hutang lewat WhatsApp berikut langkah-langkahnya. Di jamin yang bersangkutan langsung bayar!

Cara Menagih Hutang Lewat WhatsApp, Berikut Ini Langkah-langkahnya
ilustrasi freepik/@freepik

CEROBOH – Perkara menagih hutang memang bikin canggung dan dilema. Terutama managih hutang ke saudara atau teman.

Namun, bagaimanapun kita juga memerlukan uang. Sehingga mau tidak mau harus menagih hutang yang ada di luar.

Banyak cara menagih hutang yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menghubunginya menggunakan whatsapp.

Menagih hutang dengan menggunakan whatsapp kadang menjadi solusi. Karena kita tidak perlu datang ke rumahnya. Sehingga, setidaknya bisa menjaga perasaannya.

Bagaimana cara menagih hutang menggunakan pesan di WhatsApp?

Berikut ini adalah langkah-langkah cara cara menagih hutang lewat WhatsApp yang bisa kamu lakukan:

Langkah 1: Lihat Statusnya

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melihat status whatsApp nya terlebih dahulu. Lihatlah apakah dia sedang online atau sedang Offline.

Jika sedang offline, maka tunda terlebih dahulu niatan menagih hutang. Tunggu hingga WhatsApp yang bersangkutan online.

Nah, jika sudah terlihat online, maka segera chat orangnya. Atau jika dia membuat Story WhatsApp, maka kamu bisa memulainya dengan mengomentari story tersebut.

Baca juga: Cara Hemat Memasak Untuk Ibu Rumah Tangga

Langkah 2: Tanyakan Kabar

Kamu bisa memulai percakapan dengan menanyakan kabar yang bersangkutan. Jika saudara, tanyakan keadaan keluarganya juga.

Misal:

Hi, apa kabar nih?

Hi, lagi sibuk apa nih?

Atau pertanyaan-pertanyaan santai yang menyakan seputar kabar.

Langkah 3: Lakukan Basa-basi

Langkah selanjutnya kamu bisa basa-basi membicarakan apa saja, yang sifatnya santai. Pada tahap ini jangan dulu menanyakan hutang kepada dirinya.

Buat dirinya merasa nyaman chating dengan dirimu. Seolah-olah tidak ada maksud menanyakan hutang.

Dengan basa-basi akan terlihat lebih friendly, sehingga tidak menyakiti perasaannya. Sehingga kedepannya saat bertemu, tidak menimbulkan perasaan canggung.

Langkah 4: Ceritakan Kebutuhanmu

Berikutnya kamu bisa menceritakan bahwa kamu sedang membutuhkan sesuatu. Misalnya kamu bercerita tentang kebutuhan bayaran kuliah anakmu. Atau kebutuhan membayar cicilan rumah.

Nah ceritakan bahwa kamu sedang membutuhkan uang dalam jangka waktu cepat. Sedangkan kamu sedang tidak memiliki uang.

Dengan menceritakan kebutuhan seperti ini, yang bersangkutan akan memahami bahwa kamu sedang membutuhkan uang. Sehingga nantinya dia bisa mengusahakan untuk membayar hutangnya.

Langkah 5: Tanyakan Hutangnya

Nah, pada tahap ini baru tanyakan uang milikmu yang sempat dipinjam oleh yang bersangkutan. Tanya saja secara perlahan, dengan gaya bahasa yang halus atau dengan nada becanda.

Misalnya:

“Mas bantu aku dong, anakku besok harus bayar kuliah. Kalo nggak salah uangku masih ada di Mas, satu juta lagi. Bisa dibayar sekarang gak?”

Atau:

“Hm, besok tagihan rumah jatuh tempo nih. Aku bisa ambil uangku yang ada di kamu gak? Please, aku lagi butuh banget nih.

Atau bisa dengan pertanyaan-pertanyaan serupa yang sifatnya santai. Saya yakin kamu pasti bisa membuat pesan yang semacam itu.

Baca juga: Cara Menagih Hutang ke Saudara

Langkah 6: Berikan Tenggang Waktu

Jika yang bersangkutan mengatakan belum memiliki uang. Maka, selanjutnya kamu bisa meminta tenggang waktu padanya. Tanyakan, kira-kira dia bisa bayarnya kapan.

Permintaan batas waktu ini sangatlah penting. Tujuannya agar dia mengusahakan hutang yang dimilikinya. Sehingga tidak molor, bahkan terlupakan.

Contoh pesan WhatsApp-nya seperti ini:

“Kira kira, kamu bisa bayarnya kapan?”

Atau

“Aku tunggu ya, hari senin jam 12 siang. Soalnya uangnya akan digunakan jam satu siang.”

Kamu bisa improfisasi membuat pesannya. Sesuaikan dengan gaya dan karakter yang sering kamu gunakan. Pastikan tidak menggunakan kata-kata kasar, ya.

Selamat mencoba, itulah cara menagih hutang lewat WhatsApp beserta langkah-langkah yang bisa kamu lakukan. Usahakan tetap santuy, supaya tidak menimbulkan permusuhan diantara kalian. Agar tetap harmonis dan tidak ada kecanggungan karena adanya hutang.

BERI KOMENTAR