Cara Mencari Ribuan Pelanggan Lewat Internet

Pusing mencari pelanggan? Ada banyak cara mencari pelanggan lewat internet, kamu bisa mempelajari panduan yang saya jelaskan berikut ini.

Cara Mencari Ribuan Pelanggan Lewat Internet

CEROBOH – Seiring dunia digital dan perkembangkan teknologi maju begitu pesat, kini di Indonesia televisi perlahan mulai ditinggalkan masyarakatnya.

Dulu ketika Bulan Puasa, televisi selalu menjadi media kesukaan masyarakatnya. Kalau ada waktu luang, ya nyetel TV untuk menghibur diri.

Namun beberapa tahun terakhir, media favorit masyarakat Indonesia mulai berubah. Mereka mulai beralih ke media internet ketimbang dunia TV. Apalagi kini setiap orang hampir memiliki smartphone. Mulai dari anak-anak hingga ibu-ibu.

Jadi kebanyakan mereka mengaksesnya melalui internet. Terutama smartphone. Jika ingin lebih jelasnya, kamu bisa menyimak infografik dari KataData.co.id tentang proyeksi pengguna internet di Indonesia berikut ini:

Cara Mencari Ribuan Pelanggan Lewat Internet
Pyoyeksi Pengguna Internet Tahun 2017-2023

Kita tahu, masyarakat Indonesia di Bulan Ramadhan kemungkinan mengalami perubahan pola perilaku.

Jika sebelum Ramadhan tak memiliki waktu luang, jika memasuki Bulan Ramadhan mereka lebih banyak waktu luangnya.

Hal ini disebabkan biasanya jam kerja yang dikurangi karena puasa. Maka mereka menghabiskan waktu luangnya dengan bermain internet.

Alih-alih nyetel TV, mereka justru dengan santai berselancar di internet.

Dan ini terbukti dari penelitian dari Google. Selama Ramadhan, konsumsi internet cenderung meningkat. Jika diteliti lebih dalam, masyarakat Indonesia menghabiskan waktunya berselancar di internet rata-rata empat jam per hari–terutama di Bulan Ramadhan.

Dan ini semestinya menjadi kesempatan emas bagi para pebisnis untuk meningkatkan performa bisnisnya di internet. Sebab pasti banyak sekali konsumen yang online di smartphone.

Lalu, bagaimana cara mencari pelanggan lewat internet khususnya di Bulan Ramadhan?

Berikut ini adalah cara yang bisa diterapkan untuk menarik konsumen secara online:

Buatlah Strategi Sosial Media Marketing Dengan Maksimal

Cara pertama yang mungkin bisa diterapkan untuk menarik konsumen di internet adalah dengan menerapkan strategi sosial media marketing yang maksimal dan matang.

Apalagi masyarakat Indonesia termasuk salah satu negara dengan pengguna sosial media paling aktif di dunia. Jika diteliti, puluhan juta masyarakat Indonesia aktif sekali bermain internet di Bulan Ramadhan.

Pada beberapa tahun terakhir, postingan di sosial media Facebook meningkat hingga berkali-kali lipat di Bulan Ramadhan.

Inilah kesempatan emas buat pebisnis untuk terjun ke sosial media populer seperti Facebook, Twitter, Instagram, Line, Whatsapp dsb untuk memperoleh perhatian konsumen.

Mari simak data pengguna sosial media di Indonesia menurut Wearesosial, yang dipublikasikan oleh KataData.co.id:

Cara Mencari Ribuan Pelanggan Lewat Internet

Namun tetap saja, kamu harus menerapkan dengan matang social media marketing ini. Jangan sembarangan dan jangan setengah-setengah.

Misalnya saja kamu mencoba memanfaatkan ads di Instagram Ads atau Facebook Ads. Kamu juga perlu membuat riset yang jelas. Mulai dari riset audiens, riset konten hingga riset promosi yang tepat.

 Jangan lupa juga untuk melakukan evaluasi. Agar kamu tahu mana yang mesti dikembangkan dan diperbaiki.

Pelajari juga:

Strategi Digital Marketing

Membuat Content Marketing

Bikin Konten Berupa Video Agar Menarik

Dalam berselancar di dunia internet, kebanyakan Platform yang biasa dimanfaatkan orang Indonesia adalah Youtube.

Karena Youtube praktis. Tak perlu membaca dan tinggal nonton saja.

Apalagi di Bulan Ramadhan. Kebanyakan mereka memiliki waktu luang. Bagi mereka, menonton video enak. Tinggal pilih video, taruh saja, tonton deh.

Makanya kesempatan langka seperti ini dijadikan ladang emas bisnis bagi perusahaan-perusahaan besar untuk menarik konsumen dengan membuat konten video. Misalnya JD.ID atau mungkin Go-jek.

Mereka begitu gencar membuat iklan-iklan sebagus dan semenarik mungkin dalam bentuk video. Dan ini terbukti berhasil.

Mari lihat data peringkat Youtube menurut Alexa Rank:

Cara Mencari Ribuan Pelanggan Lewat Internet

Dari analisa alexa.com saja, Youtube mendapatkan ranking ke dua di dunia dengan total pengguna sebanyak 12,5 milyar. Ini berarti bahwa Youtube menjadi peluang besar untuk berbisnis. Tak terkecuali di Bulan Ramadhan.

Justru ini ladang emas buat para penggunanya, bukan?

Buatlah Website Bisnis Resmi Untuk Produkmu

Cara mencari pelanggan lewat internet selanjutnya untuk menarik konsumen adalah dengan membuat website resmi produk bisnismu. Memang, ini perlu effort yang lebih.

Tapi website membuat produkmu lebih dikenal dengan jangkauan yang luas.

Untuk membuat website memerlukan usaha lebih. Karena website yang menarik tentu butuh konten yang menarik pula. Mulai dari infografik, artikel, foto hingga video.

Bisa baca:

Tips Membuat Website untuk Bisnis

Dan untuk menarik konsumen di website tentu kamu memerlukan keahlian SEO (Search Engine Optimization).

SEO merupakan sebuah keahlian untuk membuat sebuah websitemu muncul di pencarian paling atas. Keahlian yang dilakukan SEO analisis yaitu riset keyword, membiat website SEO friendly dan masih banyak lagi.

Supaya lebih praktis, kamu bisa menyewa jasa-jasa pembuatan webmu. Atau kamu bisa menghubungi Tim Ceroboh untuk lebih lanjutnya.

Itulah tips yang mungkin bisa kamu terapkan untuk menarik konsumen di internet. Kamu sudah menerapkan yang mana, nih?

BERI KOMENTAR