6 Cara Mencetak Foto Agar Tidak Pecah Dengan Kualitas Tinggi

Jika ingin mendapatkan hasil cetak foto yang maksimal, tanpa pecah atau blur, berikut ini saya jelaskan cara mencetak foto agar hasilnya bagus.

6 Cara Mencetak Foto Agar Tidak Pecah Dengan Kualitas Tinggi

Ceroboh.com – Pernahkah kamu mencetak foto menggunakan printer sendiri namun hasilnya kurang bagus? Gambarnya kurang proporsional, atau justru malah terlihat pecah dan samar?

Bagi pemula hal ini wajar saja terjadi. Karena agar mendapatkan cetakan foto untuk hasil terbaik, kamu harus memperhatikan berbagai macam aspek yang penting. Aspek ini yang nantinya akan menghasilkan foto kualitas tinggi. Sehingga foto yang kamu cetak bisa terlihat bagus dan menarik.

Adapun penyebab kenapa foto yang kamu cetak hasilnya kurang bagus salah satunya adalah salah pada saat penggunaan kertas, komposisi warna yang kurang tepat, pencahayaan yang kurang atau terlalu terang. Dan bisa juga karena pengaturan settingan printer yang kurang tepat. Pokoknya masih banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhi terhadap kualitas cetak foto.

Maka dari itu, kamu harus tahu cara mencetak foto agar medapatkan hasil terbaik. Hal ini supaya kamu tidak usah cetak foto ke luar menggunakan jasa pihak lain. Tentunya dengan mencetak sendiri biaya yang dikeluarkan akan lebih murah lagi.

Namun, tetap foto yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi dan menarik untuk dilihat. Kamu mau tau caranya?

Inilah panduan cara mencetak foto untuk mendapatkan hasil terbaik dengan kualitas tinggi:

Gunakan Kertas Foto Glossy

Untuk mencetak foto biasakan menggunakan kertas glossy. Kenapa kertas glossy? Karena kertas ini bisa mengikat tinta. Sehingga ketika kamu mencetak foto full colour hasil cetak lebih terlihat tampak nyata dan tajam. Hal ini dikarenakan tinta yang menempel pada kertas tidak menyerap, melainkan mengikat.

Saran dari saya gunakan juga kertas foto yang tidak terlalu tebal. Karena kertas foto yang tebal terlalu kaku dan nantinya mudah lecak. Gunakan kertas dengan ketebalan 70-80 grm.

Gunakan Resolusi Gambar Tinggi

Resolusi gambar sangat berpengaruh terhadap kualitas dan ketajaman foto. Minimalnya kamu harus menyeting gambar dengan resolusi 300 ppi lebih tinggi akan lebih bagus.

Untuk mempermudah pengaturan resolusi ini, alangkah baiknya kamu sudah menyettingnya sejak awal dari kamera atau smartphone yang kamu gunakan untuk menggambil foto.

Perhatikan Format Gambar

Format gambar juga sangat berpengaruh terhadap kualitas foto yang akan dicetak. Pada umumnya gambar format filenya adalah JPEG. Namun jika kamu menggunakan kamera DSLR, kamu bisa menyettingnya dengan forman TIFF atau RAW.

Gambar dengan format tersebut akan jauh lebih bagus pada saat dicetak jika dibandingkan dengan format JPEG. Tapi biasanya ukuran filenya juga besar, sehingga memakan memori kamera.

Mengedit Foto Terlebih Dahulu

Cara Mencetak Foto agar mendapatkan hasil yang maksimal, bisa dengan mengeditnya terlebih dahulu. Mengedit foto/gambar yang dihasilkan akan lebih bagus lagi. Namun perlu kamu perhatikan, pengeditan foto yang terlalu berlebihan akan membuat foto terlihat aneh dan jelek.

Biasakan edit senatural mungkin dengan hanya mengatur lighting, komposisi warna, shadow dan yang lainnya. Tentunya tidak dengan menghilangkan unsur asli dari foto tersebut. Untuk pengeditan ini kamu bisa menggunakan software Photoshop yang di khususkan untuk editing foto.

Menggunakan Software yang Tepat

Jika kamu ingin mencetak foto untuk hasil terbaik dengan kualitas tinggi, maka penggunaan software juga harus diperhatikan. Jangan dibiasakan mencetak foto menggunakan software Ms. Word. Karena Ms. Word tidak disepesialkan untuk mencetak foto.

Sehingga nanti hasilnya tidak akan maksimal. Biasakan mencetak foto menggunakan software untuk dsain grafis, salah satunya adalah photosop dan corel draw. Dengan kedua software ini, kamu bisa mendapatkan hasil cetakan foto yang maksimal.

Memperhatikan Pengaturan Printer

Langkah terakhir yang menentukan hasil cetakan foto kamu adalah pengaturan pada printer. Caranya yaitu pada saat akan mencetak foto, atur terlebih dahulu settingan pada printer tersebut.

Untuk pengaturan jenis kertasnya pilih yang jenisnya glossy photo, dengan ukuran kertas A4. Kemudian atur juga kualitas cetaknya menjadi hight quality, hal ini masih pada pengaturan printer. Tentunya setiap printer berbeda-beda cara menyettingnya.

Gimana? Mudahkan? Semoga kamu bisa memperaktikkan cara mencetak foto untuk hasil terbaik dengan kualitas tinggi ini. Sehingga foto yang kamu cetak tidak jelek lagi. Semoga bermanfaat, ya. Jangan lupa beritahu juga teman-teman kamu tentang tips yang sudah saya bagikan ini. Agar teman kamu juga bisa mencetak fotonya sendiri.

Lihat juga: Cara Merubah File PDF ke Word

BERI KOMENTAR