Cara Menerbitkan Buku dari Wattpad Dengan Mudah

Cara menerbitkan buku dari Wattpad sebenarnya tidak begitu sulit, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, simak baik-baik penjelasannya.

Cara Menerbitkan Buku dari Wattpad Dengan Mudah

CEROBOH – Beberapa dari kamu mungkin sudah nggak asing lagi dengan platform satu ini, yaitu Wattpad. Wattpad sendiri merupakan salah satu platform untuk mengunggah cerita secara berkala sehingga bisa menjadi sebuah cerita utuh. 

Di Wattpad kamu juga bisa membaca unggahan cerita-cerita menarik. Ada yang terbit seminggu sekali, seminggu dua kali. Sesuka jadwal yang bikin cerita deh, pokoknya. 

Terus tujuan menggunggah/menerbitkan cerita di Wattpad bagi para penulis cerita itu apa? Wah, tentu saja tujuan mereka berbeda-beda. Ada yang iseng karena suka aja berbagai cerita. Ada yang memang berniat untuk dijadikan sebuah buku. Ada yang bertujuan agar terkenal dan dilirik oleh penerbit-penerbit.

Nah, kali ini saya akan mencoba menjelaskan sedikit mengenai cara atau tips yang mungkin bisa diterapkan ketika kamu ingin menerbitkan buku di Wattpad. 

Bagaimana sih, caranya supaya kita bisa menerbitkan buku di Wattpad? 

Yuk simak baik-baik di bawah ini mengenai cara menerbitkan buku dari wattpad:

1. Pastikan Ceritamu Menarik

Hal pertama yang mesti kamu lakukan agar kamu bisa menerbitkan buku di Wattpad adalah memastikan bahwa cerita yang unggah di Wattpad menarik pembaca. Nah, supaya ceritamu menarik, maka kamu harus menentukan terlebih dahulu tokoh dan karakternya.

Selain itu, selanjutnya kamu juga harus menentukan alur cerita yang akan kamu gunakan, rancangan konsep cerita hingga proses penyuntingan yang tepat. 

Oh iya. Genre cerita juga berpengaruh loh, mengenai menarik tidaknya sebuah cerita. Jadi, pastikan genre cerita yang kamu pilih membuat orang tertarik untuk membacanya. 

2. Buatlah Profil Wattpadmu Sebagus Mungkin

Cara menerbitkan buku dari wattpad berikutnya, jika profil Wattpadmu tidak menarik, ada baiknya kamu menyunting dan memperbaikinya agar terlihat bagus dan menarik. Deskripsikan dirimu secara menyeluruh namun tak bertele-tele. 

Dan jangan lupa untuk mengunggah foto profil yang mewakili ceritamu. Misalnya jika genre ceritamu adalah horor, mungkin kamu bisa memasang profil yang terlihat seram.

Untuk deskripsi, kamu bisa menuliskan deskripsi yang memikat pembaca untuk tertarik terhadap ceritamu.

Lihat juga: Cara Menulis Cerpen Untuk Pemula

3. Pilih Cover Resolusi Tinggi dan Menarik

Katanya dont judge the book by its cover. Namun tak bisa dipungkiri sering sekali kita memilih buku ketika di toko buku juga ngelihat cover bukunya dulu, kan? 

Begitu pula para pembaca di Wattpad. Jika. cover yang kamu gunakan menarik karena perpaduan warna dan ilustrasinya tegas nan pas, tentu saja pembaca akan meng-klik ceritamu dan segera membacanya tanpa tapi. 

Ada baiknya kamu membeli cover dari ilustrator dan desainer yang kamu kenal. Atau kamu bisa cari di marketplace desain. seperti Shutterstock, misalnya. Memang untuk berjuang perlu modal hehehe. 

4. Tulis Cerita Serial, Rutinlah Dalam Menerbitkannya

Cara menerbitkan buku dari Wattpad berikutnya yaitu jangan menulis cerita sekali selesai. Bikin cerita seri. Dan jadwalkan penerbitkan dengan rutin. Tak harus sering, asalkan rutin. 

Misalnya, kamu menjadwalkan cerita unggahanmu setiap hari Rabu dalam seminggu. Atau sebulan sekali setiap tanggal 15, misalnya. Dan tentunya kamu harus. teratur dan konsisten, ya. Jangan bolong-bolong. Nanti malah pembaca kecewa karena ketidakkonsistenanmu.

Hal ini bisa kamu antisipasi dengan menyetok unggahan serial ceritamu beberapa episode. Jadi nanti tinggal di unggah pas jadwalnya. Dan cara ini akan mengurangi kerepotan dan. kethetheranmu. 

5. Pasang Akun Wattpadmu di Sosial Media

Ini adalah juga salah satu cara agar kamu bisa menerbitkan buku di Wattpad. Kamu bisa memasang akun Wattpad milikmu di semua sosial media yang kamu miliki. 

Misalnya di Instagram, di Twitter, di Tumblr, di Facebook. Dan akun-akun sosial media lain yang berpotensi untuk menyerap pembaca. 

Buatlah para pembaca tertarik untuk memberikan komen dan like atas cerita-ceritamu agar semakin banyak dan semakin populer. Ini merupakan cara menerbitkan buku dari wattpad yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Cara Menerbitkan Buku di Penerbit Indie

6. Ikutilah Kontes-kontes Menulis di Wattpad

Selanjutnya, agar bisa menerbitkan buku di Wattpad adalah dengan mengikuti kontes menulis yang diadakan oleh pihak Wattpad sendiri. Sebab, Wattpad seringkali mengadakan kontes menulis dalam waktu yang bersamaan. 

Jika kamu beruntung, kamu akan mendapatkan panggung dan mungkin banget kamu akan populer dan terkenal. 

Jadi, rajin-rajinlah mengecek kontes-kontes menulis di Wattpad. Biasanya Wattpad mengadakan lomba menulis tahunan yang penilaiannya dilihat dari beberapa kategori. Misal cerita unik, pengembangan plot dan masih banyak lagi kategori lain. 

Demikian beberapa cara menerbitkan buku dari Wattpad yang bisa kamu terapkan. Semoga membantu, ya! Jangan berhenti menulis.

BERI KOMENTAR