Cara Menerbitkan Buku di Gagas Media, Inilah Persyaratannya!

Mau tau cara menerbitkan buku di gagas media supaya naskahmu bisa diterima? Perhatikan beberapa bahasan penting berikut ini!

Cara Menerbitkan Buku di Gagas Media

CEROBOH – Kalau kamu pernah membaca buku fenomenal milik Aditya Mulia yang berjudul Sabtu Bersama Bapak, mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan penerbit Gagas Media. Gagas Media sendiri termasuk salah satu penerbit buku mayor yang sudah berdiri sejak tahun 2003 lalu.

Banyak sekali penulis-penulis buku best seller yang sukses dengan penerbitan Gagas Media. Seperti Cintapucino karya dari Icha Rahmawati (2004), buku-buku karya penulis Aditya Mulya, Kok Putusin Gue karya dari Ninit Yunita (2005) dan masih banyak lagi deh, pokoknya.

Karena kepopuleran Gagas Media inilah, kini pihak Gagas Media mulai mencari penulis-penulis lain yang berpotensi memiliki karya yang fenomenal dan banyak pembaca yang berantusias untuk karya-karya tersebut.

Bicara tentang penerbitan, kamu pasti bertanya-tanya dong. Gimana sih, cara menerbitkan buku di penerbit ini? Apa saja persyaratan naskahnya? Kemudian, apa pula kategori naskah yang diterima Gagas Media?

Eits! Nggak perlu khawatir. Kali ini saya akan mencoba memberikan penjelasan rinci dan singkat mengenai cara menerbitkan buku di Gagas Media.

Berikut ini adalah penjelasan rinci mengenai cara menerbitkan buku di Gagas Media:

Pada dasarnya, Gagas Media menerima dua jenis karya. Baik karya fiksi, ataupun karya non fiksi.

NASKAH FIKSI GAGAS MEDIA

Genre Naskah Fiksi Yang Diterbitkan Gagas Media

Naskah Romance

Naskah genre romance yang diterbitkan Gagas Media ada tiga kategori:

1. Domestic Drama

Domestik drama merupakan naskah yang mengungkap berbagai asam manis kehidupan rumah tangga terutama rumah tangga muda. Tentu saja naskah yang dipilih adalah naskah yang unik dan menarik.

2. Naskah Baby Love

Buat kamu yang masih asing dengan naskah Baby Love, naskah jenis ini merupakan naskah yang bertokoh utama single mother (janda). Jadi, nantinya jika datang seorang laki-laki dia akan sepenuhnya menerima si single mother sekaligus anaknya.

3. Mainstraim Romance

Mainstraim Romance merupakan romantisme remaja di mana tokoh utama laki-laki nantinya sudah disetting berjodoh dengan tokoh perempuan di akhir cerita.

Naskah Remaja (Young Adult)

Naskah genre remaja yang diterbitkan oleh Gagas Media memiliki 3 kategori:

1. Naskah Realistic Fiction

Realistic Fiction merupakan naskah remaja yang fokus ceritanya tak tentang percintaan dengan lawan jenisnya saja. Namun juga melibatkan keluarga dan masalah pribadinya sendiri.

2. Naskah Campus Drama

Seperti istilahnya, naskah campus drama bercerita mengenai kehidupan kampus yang realistis. Seperti skripsi, jadwal. kuliah, kontrakan atau kos, hingga masalah. KRS.

3. Teen Romance

Teen Romance adalah naskah yang cerita di dalamnya ringan, namun penuh dengan keromantisan.

NASKAH NON-FIKSI GAGAS MEDIA

Genre Naskah Non-Fiksi Yang Diterbitkan Gagas Media

  • How to
  • Lifestyle
  • Pengetahuan Populer
  • Pengembangan diri (self improvement)
  • Memoar-inspiratif
  • Traveling

Baca juga: Cara Menerbitkan Buku di Mizan

SYARAT NASKAH GAGAS MEDIA

  1. Panjang naskah yang dikirimkan antara 70 – 150 halaman dengan jenis font Times New Roman 12, spasi 1 menggunakan kerta A4 (naskah utuh)
  2. Sertakan sinopsis buku dan form pengiriman naskah
  3. Kirimkan naskah dalam bentuk print-out atau hard-copy me alamat redaksi Gagas Media berikut ini:

Jl. Haji Montong No. 57, Ciganjur

Jagakarsa, Jakarta Selatan 12630

(KODE NASKAH: FIKSI UMUM—tulis di amplop naskahmu)

Demikianlah penjelasan singkat saya mengenai cara menerbitkan buku di Gagas Media. Naskah yang kamu kirim nanti akan diumumkan sekitar 3-4 bulan karena banyaknya naskah yang dikirimkan. Nah, jika dalam waktu 3-4 bulan naskahmu tak ada kabar, artinya naskahmu tidak lolos seleksi.

Oh iya. Kalau naskahmu ditolak atau tak memenuhi syarat penerbitan, hard-copy naskahmu tidak akan dikembalikan lagi.

Alternatif Penerbitan Selain Gagas Media

Kamu juga bisa menerbitkan buku di Penerbit Buku Indie. Di penerbitan indie, kamu bisa menerbitkan buku sendiri tanpa harus melewati seleksi naskah terlebih dahulu.

Legalitas kepenerbitanpun sama, yakni sama-sama bisa menerbitkan ISBN dari perpusnas. Hanya saja penerbitan indie memproduksi buku dalam skala yang relatif lebih sedikit–dibanding penerbit mayor.

Adapun penerbit buku indie yang kami rekomendasikan adalah:

Nama Penerbit : Penerbit Buku Kampungku

Website : https://bukukampungku.com/

WhatsApp : +62822 4282 8826

Tulisan lainnya: Kesalahan Menulis Buku Yang Sering Dilakukan Pemula

BERI KOMENTAR