Cara Menerbitkan Buku di Penerbit Indie

Cara menerbitkan buku di penerbit indie tidaklah sulit, sebagai bahan pertimbangan, perhatikan beberapa tips yang dijelaskan berikut ini.

Cara Menerbitkan Buku di Penerbit Indie
ilustrasi dari freepik/@freepik

CEROBOH – Jika kita perhatikan, kini dunia literasi semakin berkembang di Indonesia. Hal ini terbukti karena banyak muncul penulis-penulis baru, dan juga munculnya penerbitan-penerbitan buku dan toko buku online yang  tersebar di seluruh negeri. Hal inilah yang kemudian peluang dalam dunia literasi semakin besar.

Munculnya penulis-penulis baru yang kemudian menyebabkan para penerbit mayor semakin ketat menyeleksi naskah-naskah yang dikirimkan oleh para penulis baru. Kadang-kadang, karena ditolak, mereka bingung akan diapakan naskah tersebut.

Tips Menerbitkan Buku di Penerbit Indie

Lalu, kini muncul istilah penerbit indie. Penerbit indie muncul untuk memberikan kesempatan kepada para penulis baru yang ingin menerbitkan bukunya tanpa harus menunggu tahap penyeleksian naskah. Jadi sudah jelas sekali tak akan membuang-buang waktumu. Apalagi kalau penulis tersebut sudah punya pasarnya sendiri. Tentu akan lebih mudah.

Menerbitkan buku di penerbit indie juga bisa mendapatkan untung royalti yang bisa dikatakan besar. Jika penerbitkan buku di penerbit mayor hanya diberi royalti 10 persen dari harga penjualan per eksemplar bukunya, dengan menerbitkan indie penulis bisa mendapatkan hingga 60 persen royalti buku, loh! Enak, kan?

Lalu, bagaimana sebenarnya cara mudah untuk menerbitkan buku di penerbit indie agar lebih cepat dan tidak membuang-buang waktu?

Yuk deh, langsung saja simak penjelasan singkat saya mengenai cara menerbitkan buku di penerbit indie agar lebih cepat dan keuntungannya pun lebih besar:

1. Siapkan Naskah Buku Terbaikmu Secara Maksimal

Pertama-tama, untuk menerbitkan buku di penerbit indie, kamu harus menyiapkan naskah utuh terbaikmu secara maksimal. Mulai dari kata pengantar, ucapan terima kasih, profil penulis dan yang paling penting adalah isi dari bukumu sendiri.

Nah, usahakan naskah yang telah kamu siapkan adalah naskah yang menjadi topik menarik untuk dibaca orang lain ya. Jika naskahmu menarik, para pembaca dan penggemar tulisanmu nantinya akan semakin suka dengan tulisan-tulisanmu.

2. Hubungi Penerbit Indie Buku Kampungku

Cara selanjutnya untuk menerbitkan buku di penerbit buku indie adalah dengan menghubungi salah satu penerbit indie yang cocok di hatimu. Jika kamu tak menemukannya, saya rekomendasikan untuk memilih Penerbit Indie Buku Kampungku yang berlokasi di Majalengka, Jawa Barat.

Di Buku Kampungku, kamu akan mendapatkan fasilitas editing, layouting, ISBN hingga pembuatan cover. Namun tentu memiliki harga yang berbeda-beda. Jika kamu tidak memiliki editing dan layouting sekaligus pembuatan cover.

Kamu bisa memanfaatkan jasa-jasa tersebut di Buku Kampungku. Tenang saja, untuk ISBN atau International Standart Book Number juga tentu saja bisa kamu dapatkan. 

Hubungi saja nomor WA: 0822 4282 8826

Atau Website: Https://bukukampungku.com/

3. Menentukan Kualifikasi Dan Jumlah Buku Yang Dicetak

Setelah deal dan fix untuk bukumu diterbitkan, kemudian tentukanlah kualifikasi dan jumlah buku yang akan kamu cetak nantinya. Biasanya harga pencetakan dari penerbit tergantung halamanmu dan cover naskah yang telah kamu pesan. Kertas yang digunakan untuk pencetakan pun juga menentukan harga buku.

Jadi, sebelum kamu menentukan kualifikasi buku dan kualitas buku yang akan kamu cetak di penerbit nanti, kamu  sebaiknya memperdalam mengenai jenis kertas dan juga tebal kertas agar tahu kualitas kertasnya seperti apa. Kalau tidak, bisa-bisa kertas  yang diberikan penerbit tidak sesuai dengan ekspektasimu.

Sebab, untuk menerbitkan buku di penerbit indie seluruhnya sebenarnya tergantung oleh penulis sendiri. Jadi, penulis harus pandai-pandai dalam menentukan kualitas, harga dan buku seperti apa yang ingin diterbitkan.

Baca juga: Cara Menulis Cerpen Untuk Pemula

4. Siapkan Modal Terbaikmu

Cara menerbitkan buku di penerbit indie selanjutnya setelah menentukan kualitas dan harga dari penerbit, sebaiknya kamu menyiapkan modal terbaik yang akan kamu gunakan untuk biaya penerbitan dan biaya pencetakan.

Sebenarnya untuk masalah biaya, mahal tidaknya tergantung dengan penerbitan indie yang telah kamu putuskan untuk dipilih. Beberapa penerbitkan buku indie yang sudah besar dan terkenal biasanya biaya yang dikeluarkan mahal. Namun, untuk penerbitan indie yang baru muncul biaya yang kamu keluarkan barangkali lebih kecil dan terjangkau.

Jadi, agar kamu tidak merasa tertipu, sebelum melakukan pencetakan ada baiknya kamu melakukan survei kecil dengan melakukan perbandingan harga dan kualitas antar penerbit indie. Namun biasanya semakin banyak buku yang kamu cetak, maka akan semakin murah pula harga buku per eksemplarnya.

5. Menentukan Harga Jual Bukumu

Nah, setelah semua yang kamu lakukan mulai dari menyiapkan naskah hingga menyiapkan modal,berikutnya kamu menentukan harga jual bukumu. Jika kamu sudah mendapatkan harga cetak dari penerbit, kamu kemudian akan direkomendasikan untuk menjual dengan harga berapa dari penerbit.

Namun tentu semua juga tergantung kepada dirimu sendiri. Agar kamu tak bingung dalam menentukan harga jual buku, kamu bisa menentukan harga bukumu dengan perhitungan analisa pasar. Rumus yang digunakan untuk menghitung harga jual buku satu eksemplarnya adalah berikut ini:

Jumlah halaman bukumu x x Rp. 350,- = Harga jual bukumu.

Misalnya saja, jika jumlah halaman bukumu 170 halaman:

170 hlm x Rp. 350,- = Rp. 59.500,-

6. Siapkan Promosi Sesempurna Mungkin

Inilah yang kemudian membuat para penulis bersemangat untuk menerbitkan buku. Adalah ketika menyiapkan promosi. Apalagi jika pasarmu sudah jelas. Banyak yang telah menggemari tulisanmu sejak lama. Tentu bukumu akan laris dan banyak yang membeli.

Saya sarankan kamu bisa membuat give-away buku di instagram. Agar bukunya banyak yang mengetahuinya. Intinya buat promosi semenarik mungkin. Kalau promonya menarik, tentunya pembaca akan sangat antusias dalam membaca karya tulismu.

Lihat juga: Cara Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor

Kesimpulan Menerbitkan Buku Indie

Demikian penjelasan singkat saya mengenai cara menerbitkan buku di penerbit indie.

Sekarang sudah mengerti kan, cara mudah yang bisa ditempuh untuk menerbitkan buku di penerbit indie? Jadi sekarang sudah ada gambaran dan siap untuk menerbitkan buku? Yuk semangat menulis terus!

BERI KOMENTAR