Cara Mengatasi Cartridge Error Ink Run Out

Ada beberapa kemungkinan kenapa printer mengalami error ink run out. Untuk memperbaikinya, simak cara mengatasi cartridge error ink run out yang saya jelaskan ini.

Cara Mengatasi Cartridge Error Ink Run Out

Ceroboh.com – Printer error merupakan hal yang biasa terjadi. Namun jika perawatan printer dilakukan dengan baik dan benar, maka hal ini bisa dihindari.

Buat kamu yang belum tahu cara merawat printer, bisa baca dulu artikel tentang: Cara merawat printer agar awet.

Printer Canon MG2470 dan MG 2570 merupakan salah satu jenis printer canon yang banyak digunakan. Tak aneh karena printer ini memiliki beberapa keunggulan tersendiri dibanding dengan printer tipe lainnya.

Namun seunggul apapun barang elektronik, tetap saja bisa ada errornya. Eror ini bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Namun kamu bisa menghindari error dengan melakukan perawatan printer. Atau jika sudah terlanjur, bisa simak penjelasan berikut:

Error Ink Run Out Pada Printer Canon MG2470 dan MG2570

Salah satu error yang sering terjadi pada printer Canon MG 2470 dan MG2570 adalah error dengan pemberitahuan “Ink Run Out”.

Apabila printer yang kamu miliki terjadi error seperti ini tentu saja printer tidak dapat digunakan seperti biasanya.

Error Ink Run Out dapat  terlihat atau ditandai dengan terlihatnya Lampu Led atau tombol power yang terlihat blinking kemudian pada layar monitor komputer / laptop ada pemberitahuan berupa peringatan “Ink Run Out” .

Penyebab Error Ink Run Out Printer Canon

Secara umum biasanya ada dua kemungkinan kenapa printer canon mengalami error “Ink Run Out”.

Namun error ini tetap disebabkan karena adanya error pada cartridge printer.

Adapun dua penyebab Error Ink Run Out Printer Canon adalah:

  1. Cartridge Tidak Terdeteksi
  2. Posisi Cartridge Tidak Pas

#1 Cartridge Tidak Terdeteksi

Penyebab pertama yang mengakibatkan printer error Ink Run Out adalah karena printer tidak dapat terdeteksi cartridgenya.

Hal ini karena tinta cartridge tinggal sedikit atau sudah memasuki batas sisa. Dan bisa juga tintanya sudah benar-benar habis.

#2 Posisi Cartridge Tidak Pas

Error Ink Run Out yang kedua bisa disebabkan karena sebelumnya kamu membuka cartridge dan pada saat pemasangan cartridge kembali posisisnya kurang pas.

Bisa juga pada saat pemasangan ada benda atau sesuatu yang menutupi/mengganjal chip cartridge. Sehingga cartridge tidak terbaca oleh printer.

Mengatasi Cartridge Error Ink Run Out

Setelah mengetahui apa penyebabnya, selanjutnya kita harus mengatasai error Ink Run Out tersebut sesuai dengan penyebab tersebut.

Inilah dua cara mengatasi cartridge Error Ink Run Out:

  1. Mencoba Mengisi Ulang Tinta
  2. Lepas Cartridge Printer

#1 Mencoba Mengisi Ulang Tinta

Pada masalah pertama, kamu harus segera mengisi ulang tinta pada cartridge tersebut. Pastikan kamu mengisinya dengan cara yang benar, agar tidak mengalami kerusakan parah pada cartridge tersebut.

Bisa baca : Cara Mengisi Ulang Tinta Pada Printer Canon

Namun saya sangat menyarankan untuk mengganti cartridge tersebut. Dan kedepannya jangan sampai cartridge kosong tintanya. Lakukan pengisian tinta sebelum tinta habis total.

#2 Lepas Cartridge Printer

Cara mengatasi error Ink Run Out dengan masalah nomer dua adalah dengan cara melepas kembali cartridge printer tersebut.

Kemudian lakukan pengecekan pada bagian slot cartridge, pastikan tidak ada benda atau kertas yang menganjal di sana. Dan pastikan juga tidak ada kotoran pada bagian itu.

Jika ada, maka lakukan pembersihan. Selanjutnya pasangkan kembali cartridge, pastikan memasangnya dengan benar.

Baca panduan : Cara Lepas Cartridge Printer Canon.

Kesimpulan

Jika setelah melakukan panduan di atas printer tetap saja error dengan pemberitahuan “Ink Run Out” maka kemungkinan besar cartridge printer kamu mengalami kerusakan total dan tidak bisa digunakan lagi.

Solusinya adalah dengan membeli cartridge printer baru yang sejenis dengan printer. Atau mencoba lagi solusi pada langkah pertama.

Namun, biasanya setelah melakukan cara mengatasi cartridge error Ink Run Out di atas, printer bisa digunakan normal seperti biasanya

Jika kamu masih bingung bisa juga mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada tukang service printer, atau tanya-tanya kepada teman yang memiliki printer yang sama. Biasanya masalahnya juga sama. Semoga bermanfaat.

BERI KOMENTAR