Berhasil! Cara Mengatasi Cartridge Not Recognized

Cartridge merupakan salah satu komponen dari printer yang paling berperan aktif. Berikut ini cara mengatasi cartridge Not Recognized.

Cara Mengatasi Cartridge Not Recognized

Ceroboh.com – Ketika cartridge tidak terpasang dengan baik atau cartridge mengalami masalah, maka akan berpengaruh terhadap hasil cetak printer yang kurang maksimal. Atau bahkan tidak mengeluarkan tinta sama sekali. Pada printer canon, masalah yang sering terjadi pada cartridge adalah cartridge not recognized.

Jika kamu sekarang sedang mengalami masalah cartridge not recognized ini, itu artinya cartridge printer tidak terdeteksi atau tidak terbaca. Dan ini sama saja printer kamu dalam keadaan tidak ada cartridge-nya. Masalah seperti ini sering terjadi karena disebabkan beberapa faktor. Di antaranya yaitu karena chip cartridge kotor.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membersihkannya menggunakan tisu. Atau bisa juga disebabkan karena terlalu sering mencabut cartridge, sehingga pada saat pemasangan cartridge jadi kurang pas pada tempatnya.

Baca juga: Cara Lepas Cartridge Printer Canon

Itulah kenapa printer infus memiliki kelebihan dalam pengisian tinta. Karena tidak usah mencopot cartridge pada saat pengisian tinta. Dan ini juga bisa meminimalisir masalah cartridge not recognizedkarena kamu tidak sering membuka cartridge.

Namun, mengganti printer menjadi printer infus bukanlah solusi baik karena butuh budget lebih lagi. Maka dari itu, kamu harus coba memperbaikinya terlebih dahulu. Caranya akan kami pandu.

Panduan Cara Mengatasi Cartridge Not Recognized

Sebenarnya, jika cartridge not recognized seperti ini kemungkinan besar cartridge printermu mengalami kerusakan. Dan harus diganti dengan cartridge yang baru. Namun jangan tergesa-gesa untuk membeli cartridge baru. Berdasarkan pengalaman, masalah ini masih bisa diatasi dengan cara berikut ini:

  1. Hidupkan dulu printer kamu, tunggu hingga cartridge berhenti beroperasi ke kiri dan ke kanan.
  2. Pada layar monitor, lihat cartridge mana yang tidak terdeteksi tadi yang hitam atau yang warna. Saya ambil contoh cartridge hitam tidak terbaca.
  3. Setelah tahu cartridge yang tidak terbaca, buka cover printer. Kemudian cabut cartridge yang tidak terbaca itu. Lalu ambil cartridge hitam dan membiarkan cartridge warna.
  4. Tutup dulu cover printer dan tunggu hingga laju cartridge warna berhenti.
  5. Buka lagi cover printer, pasang cartridge hitam, dan lepaskan cartridge warna.
  6. Selanjutnya tutup lagi cover printer. Lihat pada tampilan layar monitor apakah cartridge hitam sudah terbaca? Jika cartridge hitam sudah terbaca, maka kamu sudah berhasil memperbaiki cartridge hitam yang tadinya tidak terbaca.
  7. Langkah terakhir, kamu tinggal memasangkan cartridge warna.
  8. Jika berhasil, maka pada umumnya kedua cartridge akan normal lagi.
  9. Finish

Perlu diperhatikan. Jika setelah melakukan cara tersebut cartridge hitam kamu tetap tidak terbaca, maka kemungkinan besar cartridge printernya benar-benar rusak total. Dan solusinya kamu harus  mengganti dengan cartridge yang baru.

Agar kamu tahu ciri-ciri cartridge yang rusak, bisa baca artikel tentang: Cara Mengetahui Cartridge Printer yang Rusak

Demikianlah cara mengatasi cartridge not recognized. Semoga penjelasan tadi menjadi solusi terbaik untuk printer kamu yang mengalami kerusakan.

BERI KOMENTAR