Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris Dengan Cepat

Kesal dengan hasil cetak printer yang bergaris-garis? mari simak panduan cara mengatasi hasil cetak printer bergaris berikut ini, lakukan dengan benar ya.

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer Bergaris Dengan Cepat

Ceroboh.com – Printer merupakan salah satu komponen perangkat keras pelengkap computer. Fungsi utamanya untuk mencetak dokumen atau berkas baik itu berupa teks, gambar ataupun berupa sertifikat.

Namun seiring berkembangnya zaman, printer tidak hanya digunakan untuk alat pencetakan saja, melainkan sekarang sudah banyak printer yang menyatu dengan teknologi scaning dan fotokopi.

Banyaknya merek printer yang ada, maka lahir juga tipe-tipe yang berbeda. Tentunya dengan fasilitas printer yang bervariasi pula.

Hasil Print Bergaris Menghambat Kerja

Bagi sebagian besar kalangan, printer sudah menjadi sahabat tersendiri. Karena selalu menunjang pada proses kegiatan cetak sehari-hari. Salah satunya adalah pelajar/mahasiswa sering menggunakan printer untuk mencetak dokumen dari tugas-tugas yang diberikan.

Kemudian pegawai di dunia perkantoran, sering menggunakan printer untuk keperluan mencetak berkas atau dokumen kelengkapan kantor. Selain itu, juga ada pengusaha yang membuka jasa print dan fotokopi. Mereka semua sudah melekat dengan alat bantu yang yang namanya printer untuk menunjang kegiatan sehari-hari semacam itu.

Namun sangat disayangkan. Terkadang printer yang kita miliki mengalami eror atau kerusakan pada saat yang mendesak. Salah satunya adalah masalah hasil cetak yang bergaris pada printer yang kamu miliki. Sehingga hasil cetakan tidak terlihat rapi dan tidak bagus.

Dalam posisi yang seperti ini, tentunya kita biasa mengambil langkah instan untuk menggunakan jasa tukang print. Namun tentunya hal ini akan menjadikan kamu mengeluarkan biaya tambahan. Selain itu, menyita waktu lebih untuk pergi ke tempat print.

Tapi untuk saat ini kamu tidak perlu khawatir melakukan hal itu lagi. Karena saya akan memandu kamu memperbaiki printer yang hasil cetakannya bergaris.

Lihat juga: Cara Mengisi Toner Printer

Cara Memperbaiki Hasil Cetak Printer Bergaris

Cara mengatasi printer yang rusak dengan hasil cetakan bergaris-garis sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu cukup mengikuti panduan yang akan dipaparkan secara perlahan dan hati-hati. Hal ini agar printer yang kamu miliki kembali normal dan hasilnya bagus lagi seperti semula.

  1. Sediakan suntikan yang tidak ada jarumnya.
  2. Sediakan cairan khusus pembersih head, bisa dibeli di toko kelengkapan printer dan komputer.
  3.  Buatlah lubang di cartridge, seukuran dengan ujung suntikan, jangan terlalu besar.
  4. Pastikan suntikan pada kondisi bersih, tidak ada kotoran dan tinta.
  5. Masukan suntikan ke cartridge, tekan suntikan tersebut hingga tinta yang ada di dalam cartridge keluar semuanya. Lakukan langkah ini sampai tidak ada tinta di dalam cartridge.
  6. Isikan cairan khusus dengan cara seperti di atas dan semprotkan hingga bagian dalam cartridge benar-benar bersih.
  7. Setelah benar-benar bersih dari tinta yang lama, maka baru masukan dengan tinta yang baru. Dan perhatikan kebersihan tinta yang baru tersebut.

Lakukan langkah-langkah di atas dengan penuh hati-hati dan perlahan. Kamu bisa mengulang langkah ke lima dan ke enam hingga beberapa kali. Hal ini dimaksudkan agar tinta yang pertama benar-benar terkuras dan tergantikan dengan tinta yang baru.

Penutup

Bagaimana? Mudah kan, cara mengatasi hasil cetak printer bergaris? Dengan melakukan langkah demi langkah yang sudah dipaparkan, kamu tidak perlu lagi pergi ke tukang reparasi untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Dengan demikian, kamu juga bisa lebih menghemat untuk keperluan lain.

Dan perlu diperhatikan, untuk kamu yang menggunakan tinta infusan, copot terlebih dahulu selang infusan tersebut. Namun jika kamu masih awam dan takut terjadi kerusakan lain, alangkah baiknya tidak menirukan langkah-langkah di atas. Lebih baik kamu bertanya atau konsultasi langsung pada teman yang sudah berpengalaman.

Namun jika kamu mempunyai uang lebih, langsung saja gunakan jasa service printer. Dalam hal ini printer yang kamu miliki bisa lebih aman dan lebih terjaga. Demikian cara mengatasi printer yang hasil cetakannya bergaris. Semoga bermanfaat bagi para pengunjung semua.

Baca juga: Cara Mengatasi Cartridge Not Recognized

BERI KOMENTAR