Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer yang Putus-putus

Apakah printermu hasil cetaknya putus-putus? Yuk perbaiki sekarang juga. Ikuti cara mengatasi hasil cetak printer yang putus-putus berikut ini!

Cara Mengatasi Hasil Cetak Printer yang Putus-putus

Ceroboh.com -Hasil cetak printer yang putus-putus tentunya sangat mengganggu. Selain dokumen yang kita cetak tidak dapat digunakan, printer yang kamu miliki dalam kondisi sedang tidak baik. Dan tandanya ada bagian komponen printer yang tidak berjalan dengan normal.

Printer dengan hasil cetak putus-putus bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun biasanya dikarenakan printer jarang digunakan sehingga tinta menggumpal. Atau karena printer terlalu sering digunakan dalam skala yang banyak dan sering.

Jika printer kamu mengalami hasil cetak demikian, risiko terberatnya adalah kamu harus mengganti  cartidge printer yang harganya lumayan bisa menguras dompet. Namun bagi teman-teman semua, tidak perlu khawatir lagi. Karena masalah ini masih bisa diatasi selagi cartridge tidak rusak total.

Mari simak cara memperbaiki printer yang hasil cetaknya putus-putus dengan cara mengenali terlebih dahulu masalah-masalah yang terjadi pada salah satu komponen yang ada pada printer tersebut.

Inilah cara mengatasi hasil cetak printer yang putus-putus pada semua jenis printer:

1. Tersumbatnya Head Cartridge

Cartridge yang tersumbat bisa disebabkan karena tinta menggumpal. Hal ini dikarenakan printer terlalu lama tidak digunakan untuk mencetak. Selain itu, bisa juga karena tinta tercampur debu sehingga tinta menggumpal dan menyebabkan tersumbatnya head cartridge.

Cara mengatasi hal ini, kamu bisa membersihkan head cartridge yang tersumbat itu. Caranya silahkan baca: Cara Memperbaiki Cartridge Printer Yang Mampet.

2. Selang Infus Masuk Angin

Masuknya angin pada selang infus bisa menyebabkan aliran tinta dari tabung yang mengalir ke cartridge tidak lancar. Sehingga menyebabkan hasil cetak printer yang putus-putus dan tidak terlihat rapi. Untuk mengetahui ciri selang infus yang kemasukan angin, kamu bisa melihat ada rongga udara pada selang infus tersebut.

Untuk mengatasi masalah selang infus yang kemasukan angin, kamu bisa melepaskan selang dari cartridge lalu sambungkan dengan selang yang sudah terpasang pada sebuah suntikan. Kemudian sedot hingga rongga udara pada selang infus benar-benar hilang.  Terakhir, pasang lagi selang tersebut ke cartridge.

3. Encoder Kotor

Apakah kamu tahu encoder? Encoder adalah pita berwarna putih bening yang panjangnya kira-kira 25-30 cm. Nah, encoder yang kotor juga bisa menyebabkan hasil cetak printer menjadi putus-putus.

Biasanya encoder kotor disebabkan terkena percikan tinta karena printer terlalu sering digunakan untuk mencetak. Untuk mengatasi encoder kotor ini, kamu harus membersihkan encoder yang berada di belakang cartridge tersebut dengan menggunakan tisu kering yang halus. Tentunya harus dilakukan secara hati-hati dan perlahan.

4. Gunakan Fitur Head Cleaning

Gunakan fasilitas head cleaning pada aplikasi printer. Beda printer tentu akan beda pula caranya. Dengan menggunakan fasilitas ini, secara otomatis printer akan membersihkan sebagian tinta pada cartridge. Hal ini bisa bermanfaat agar hasil cetak menjadi lebih bagus dan sempurna.

5. Cara Alternatif

Jika dengan melakukan ke empat langkah di atas masih saja hasil cetak printer putus-putus, berarti ada masalah lain pada printer kamu. Bisa saja masalah kerusakan total pada cartridge printer atau pada bagian lainnya.

Jika memang demikian, saya lebih menyarankan agar printer segera dibawa ke service center printer untuk dicek kerusakan sebenarnya.

Meski hal ini akan memakan biaya, saya menyarankan untuk tidak menunda-nunda menyervice printer. Karena jika printer dibiarkan pada kondisi seperti demikian, takutnya malah menyebabkan kerusakan lain pada bagian printer.

Itulah pembahasan cara mengatasi hasil cetak printer yang Putus-putus. Semoga bisa bermanfaat dan printer kamu kembali normal seperti semula lagi.

BERI KOMENTAR