Cara Mengatasi Kertas Nyangkut di Printer Secara Hati-hati

Bagaimana cara mengatasi kertas nyangkut di printer saat sedang proses ngeprint? Ikuti panduan berikut ini agar printer bisa digunakan lagi.

Cara Mengatasi Kertas Nyangkut di Printer Secara Hati-hati

Ceroboh.com – Masalah yang sering terjadi pada printer salah satunya adalah kertas nyangkut di printer. Masalah yang satu ini biasanya sering terjadi pada printer canon.

Meskipun proses cetak berhasil, tapi biasanya hasil cetakan menjadi kotor karena ceceran tinta yang berlebih dari head cartridge. Atau bisa juga menyebabkan hasil cetak tidak sempurna karena kondisi kertas yang lecek atau tertilap.

Kertas yang nyangkut atau macet pada printer ini sering disebut dengan istilah paper jam. Masalah ini biasanya disebabkan karena tumpukan kertas yang terlalu banyak atau tebal.

Kondisi tersebut menjadikan karet pendorong kertas tidak dapat mendorong kertas. Selain itu, paper jam juga bisa disebabkan karena roller printer yang sudah aus atau sudah rusak, sehingga roller tersebut tidak bisa mengantarkan kertas ke bawa.

Roller printer rusak bisa disebabkan karena bnyaknya debu atau karena ada benda lain yang mengganggu perputaran roller.

Mencegah Kertas Nyangkut

Bagaimana tips mencegah agar kertas tidak nyangkut di rrinter?

Sebelum membahas cara mengatasi kertas nyangkut di printer, kamu harus mengetahui dulu cara mencegah agar ke depannya kertas tidak nyangkut lagi.

1. Batasi Jumlah Kertas

Caranya yaitu dengan membatasi jumlah kertas yang tidak terlalu tebal atau tidak terlalu bnayak. Tentunya kamu harus menyesuaikan dengan kapasitas maksimal penyimpanan kertas printer tersebut.

2. Kibas-kibas Kertas

Sebelum kertas dimasukan ke paper try, ada bagusnya kertas di kibas-kibas dulu, agar tidak ada kertas yang menempel atau merangkap dua. Jika kamu suka memperhatikan, cara ini sering dilakukan juka oleh tukang fotokopi suka mengkibar-kibar kertas sebelum memasukkannya ke dalam mesin fotokopi.

3. Perawatan pada Printer

Untuk tips yang ketiga adalah dengan cara melakukan perawatan pada printer, kamu harus sering membersihkan debu yang menempel baik di dalam atau luar printer. Selain itu bisa juga dengan cara menutup printer dengan kain halus ketika printer tersebut tidak sedang digunakan.

Demikianlah perawatancara mencegah agar kertas tidak nyangkut di printer lagi. Selanjutnya kita akan membahas tentang cara mengatasi kertas nyangkut di printer. Mari simak penjelasan berikut.

Memperbaiki Kertas Nyangkut di Printer

Bagaimana Cara Mengatasi Kertas Nyangkut di Printer?

1. Menekan Tuas

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika kertas nyangkut pada printer adalah menekan tuas yang tersedia untuk menetralkan roller yang terjepit kertas tersebut.

2. Menarik Kertas

Selanjutnya yaitu menarik kertas yang menyangkut pada printer secara perlahan. Kemudian kembalikan tuas tersebut ke posisi semula. Apabila kamu tidak tau posisi tuas yang dimaksud, kamu bisa melihat manual book (buku panduan pada saat pertama beli printer).

3. Bersihkan Potongan Kertas

Pastikan tidak ada potongan kertas yang menyangkut pada bagian roller printer.

4. Finish

Jika sudah benar-benar bersih dari potongan kertas, sekarang printer bisa digunakan mencetak.

Semoga panduan cara mengatasi kertas nyangkut di printer bisa membantu masalah pada printer yang sedang kamu hadapi, jangan sungkan untuk bertanya jika ada yang tidak dipahami. Semoga bermanfaat, dan printernya bisa digunakan seperti semula lagi.

Lihat juga: Cara Mengatasi Salah Isi Tinta

BERI KOMENTAR