6 Cara Mengatasi Masalah Di Tempat Kerja dengan Tenang

Cara mengatasi masalah di tempat kerja bisa dengan tetap berpikir positif, selain itu kamu bisa mempraktikkan beberapa tips berikut ini.

6 Cara Mengatasi Masalah Di Tempat Kerja dengan Tenang
ilustrasi freepik /@pikisuperstar

CEROBOH – Siapapun kita dan apapun peran kita sekarang, pasti tak pernah luput dari yang namanya masalah. Sebab, bagaimanapun kita tak akan bisa menafikkan masalah, menghindarinya begitu saja.

Kita akan menemukan masalah di mana saja. Di rumah, di lingkungan pertemanan hingga di lingkungan tempat kita bekerja.

Kita tak bisa lari dari masalah. Tapi setidaknya kita bisa mengurangi masalah tersebut. Jika kita mencoba menghindar dari masalah di tempat kerja, besar kemungkinan karier kita tak akan melejit tinggi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi permasalahan yang ada di tempat kerja?

Berikut ini adalah 6 cara mengatasi masalah di tempat kerja tanpa merusak pekerjaan:

1. Cari Tahu Akar Masalah

Cobalah untuk mencari tahu akar permasalahan di tempat kerja yang kini kamu hadapi.

cara mengatasi masalah di tempat kerja

Cara pertama jika kamu sedang dihadapkan dengan masalah di tempat kerja adalah dengan mencoba mencari tahu akar dan penyebab dari permasalahanmu.

Jika kamu sudah mencari tahu akar dan penyebab permasalahan, selanjutnya kamu akan mengetahui bahwa ternyata masalahmu tak tiba-tiba muncul. Setiap masalah pasti ada penyebabnya.

Jika kamu tak kunjung menemukan penyebabnya, kamu tak perlu terburu-buru dan panik. Kamu hanya perlu sedikit sabar untuk mengetahui penyebab sekaligus akar permasalahan.

Bisa juga dengan membuat catatan kecil terkait penyebab dan akibatnya.

PenyebabAkibat
Penyebab masalah satuBuruk
Penyebab masalah duaSangat Buruk

Jika sudah menemukan titik terang, segera pikirkan cara untuk menyelesaikannya. Jangan lupa setelah kamu selesaikan, usahakan untuk tak mengulanginya lagi. Belajarlah dari yang sudah-sudah.

Baca juga: Cara Mengurus Buku Tabungan yang Hilang

2. Berpikir Positif

Cara mengatasi masalah di tempat kerja dengan tetap berpikir positif atas permasalahan yang ada.

cara mengatasi konflik kerja

Tips selanjutnya ketika kamu dihadapkan permasalahan di tempat kerja, adalah dengan tetap menjaga pikiran positif bersarang di kepalamu. Menjaga kepala dari pikiran negatif akan membuat rasa cemas dan rasa takutmu berkurang.

Lalu ketenangan dan kekuatan akan menemanimu. Jika tetap menjaga kepositifan, masalahmu yang terlalu lama—bahkan hingga berbulan-bulan, kamu akan tetap bisa mengontrol dirimu sendiri dengan baik.

Misalnya saja, ketika pendapatmu ditolak mentah-mentah oleh atasan atau rekan, kamu akan tetap tenang. Mungkin saja usulmu itu ada yang masih kurang. Atau mungkin saja kamu perlu memperbaikinya lagi lalu setelah itu pasti akan diterima.

Terima saja dengan penuh kelapangan hati. Mengeluh tentu tak menyelesaikan masalah. Tetaplah lakukan hal terbaik buat dirimu. Perbaiki, ajukan lagi. Siapa tahu atasanmu atau rekanmu akan menyetujui usulmu, bukan?

3. Intropeksi Diri

Cobalah menyadari diri sendiri, mungkin dirimulah penyebab dari permasalahan.

artikel masalah pekerjaan

Kadang-kadang secara tak sadar, penyebab dari permasalahanmu di tempat kerja adalah kamu sendiri. Untuk menyadarinya, kamu perlu untuk merenungi kembali kejadian-kejadian yang telah kamu lewati.

Mungkin saja selama ini kamu adalah permasalahan itu sendiri. Jika kamu sudah mulai menyadarinya, kamu akan lebih peka untuk memperbaiki dan mengevaluasi dirimu.

Jika memang benar ternyata kamu adalah penyebab dari permasalahan, segeralah untuk meminta maaf kepada atasan dan semua rekan yang ada di kantormu. Bilang bahwa kamu salah, dan akan berusaha menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Kadang-kadang selentingan rekanmu yang menyalahkanmu itu membuat hatimu sakit. Tapi, cobalah tetap menegakkan keprofesionalitasanmu. Tak apa. Tegaklah dan bangkitlah menjadi manusia yang lebih baik dari kemarin.

4. Mencari Bantuan Teman

Tak salah kok, meminta bantuan dari orang lain, mungkin dari teman terdekatmu di kantor.

tips mengatasi masalah kerja

Meskipun setiap kita adalah makhluk individu, tapi tak bisa dipungkiri bahwa setiapkita juga makhluk sosial. Butuh social learning. Butuh belajar untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Pada titik tertentu, orang yang nyaris tak butuh bantuan orang lain, pada akhirnya akan membutuhkan bantuan juga. Apalagi ketika berada di tempat kerja.

Jika suatu hari kamu terlibat dalam konflik pertemanan di kantormu, salah satu cara yang baik adalah dengan meminta bantuan orang ketiga, atau pihak penengah. Kamu bisa sekali meminta bantuan HR, kepala divisi atau atasan lainnya. Agar permasalahan dengan temanmu itu segera reda kembali.

5. Tetap Semangat

Tetap semangat bisa menjadi cara mengatasi masalah di tempat kerja, yakin dirimu bisa melewati semuanya.

pemecahan masalah dalam pekerjaan

Dengan semangat yang tinggi kamu bisa melewati semuanya. Bukan semangat dalam artian omongan semata. Melainkan dirimu harus memotivasi diri sendiri untuk terus bergerak dan bekerja secara maksimal. Tentu, agar hasil kerjamu tetap baik, dan tidak berdampak buruk di kemudian hari.

Memiliki semangat yang tinggi dapat mempengaruhi positif terhadap lingkungan kerjamu. Sehingga ketika dirimu bersemangat, masalah di tempat kerja dapat dengan mudah terlewati.

Lihat juga: Cara Wawancara Kerja Lewat Telepon

6. Mencari Jalan Tengah

Berusahalah untuk menemukan jalan tengah, coba bernegosiasi dengan cara yang santai.

cara mengatasi masalah di tempat kerja

Cara terakhir untuk menghadapi permasalahan di tempat kerjamu adalah dengan mencari jalan tengah dengan semua yang terlibat dalam permasalahan yang ada.

Misalnya saja, jika kamu sedang mengalami masalah dengan rekan kerjamu sendiri, kamu bisa mengajak berdiskusi dengannya hingga penyelesaian masalah bisa diperoleh. Tentu saja dengan kepala dingin.

Jika berdiskusi, setidaknya kamu dan dia akan memperoleh solusi atas penyelesaian masalah yang ada—dan tentu saja atas keesepakatan berdua. Meskipun pada akhirnya tak dekat lagi, tapi permasalahan kalian telah berusaha maksimal untuk diselesaikan.

Itulah beberapa cara mengatasi masalah di tempat kerja yang bisa kamu coba ketika kamu dihadapankan atas permasalahan di tempat kerja. semoga tips dan cara di atas bisa sedikit membantumu menyelesaikan permasalahamu di kantor, ya!

BERI KOMENTAR