Cara Mengatasi Salah Isi Tinta Cartridge Printer

Cara mengatasi salah isi Tinta cartridge printer dengan benar tidaklah sulit, cukup ikuti beberapa panduan yang sudah dijelaskan di bawah ini.

Ceroboh.com – Apakah kamu sedang mengalami kesalahan pada saat pengisian tinta? Kesalahan ini wajar saja jika kamu baru pertama kali mengisi tinta untuk kali pertama. Biasanya, kesalahan ini pada saat mengisi tinta cartridge yang warna. Di mana tiga lubang berdekatan sehingga membuat kita bingung harus mengisi dengan tinta yang mana.

Selain karena bingung, bisa juga karena kita lupa atau teledor pada saat mengisi tinta printer, mau masukan tinta warna, malah menyuntikkannya pada cartridge yang hitam.

Kesalahan Mengisi Tinta Pada Cartridge

Keslahan pada pengisian tinta cartridge sangat berakibat fatal. Karena jika kita salah mengisinya, maka printer akan error dan tidak dapat digunakan untuk mencetak dokumen.

Lebih parah lagi, jika masalah ini tidak langsung diatasi, maka kemungkinan besar cartridge printer yang kamu miliki bisa rusak total. Maka dari itu, berhati-hatilah pada saat melakukan pengisian tinta printer.


Untuk lebih jelas dan tidak melakukan kesalahan lagi pada saat pengisian tinta,  kamu bisa membaca tulisan berikut ini:


Jika kamu punya budget lebih, alangkah baiknya membawa printer ke tukang service agar tinta yang salah mengisinya segera diperbaiki oleh tukang service.

Namun jika kamu sedang keterbatasan dana, atau jika kamu ingin mencoba memperbaikinya sendiri, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang akan diuraikan berikut ini.

Bagaimana Cara Mengatasi Salah Isi Tinta Cartridge Printer

Untuk mengatasi salah isi tinta cartridge, pertama-tama kamu harus menyiapkan alat-alatnya terlebih dahulu. Di antaranya yaitu :

  • Suntikan
  • Tisu kering yang bersih
  • Sarung tangan plastik ( bisa digunakan agar tidak terkena noda tinta)

Jika peralatan itu sudah lengkap, selanjutnya lakukan proses langkah berikut ini:

1. Proses penyedotan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan penyedotan dengan menggunakan suntikan. Lakukan penyedotan sampai tinta yang ada di dalam cartridge benar-benar terkuras habis. Pastikan dengan baik.

Jangan sampai ada tinta yang menyisa. Kamu tidak perlu mencucinya. Cukup pastikan bahwa cartridge benar-benar bersih dari tinta yang salah isi itu.

2. Proses peniupan

Selanjutnya kamu harus melakukan proses peniupan. Proses peniupan ini masih menggunakan suntikan. Pastikan juga suntikan sudah bersih dan dalam keadaan kering. Jika punya dua, gunakan suntikan satunya  yang masih bersih.

Caranya memasukkan suntikan ke lubang angin, kemudian tekan suntikan hingga tinta keluar melalui lubang head cartridge. Tapi perlu kamu perhatikan juga, ketika tinta keluar dari head, segera bersihkan menggunakan tisu kering.

Lakukan langkah ini dengan penuh hati-hati secara berulang hingga tinta benar-benar habis dan tabung cartridge bersih dari tinta yang salah.

3. Pengisian ulang tinta

langkah terakhir adalah proses pengisian ulang tinta. Pastikan kali ini anda tidak salah mengambil tinta seperti sebelumnya. Jika sudah yakin itu tinta yang benar, maka langsung isikan tinta tersebut ke dalam cartridge. Untuk lebih jelas, kamu bisa baca cara mengisi tinta yang benar .

Penutup Panduan

Gimana? Mudah kan, mempraktikkan cara mengatasi salah isi tinta cartridge printertanpa harus membawanya ke tukan service? Jangan lupa untuk mengecek hasil kerja kamu dengan cara mencetak salah satu dokumen.

Jika printer bisa berjalan sebagaimana mestinya, maka kamu sudah berhasil memperbaiki printer tersebut. Namun jika masih bermasalah, alangkah baiknya kamu konsultasikan langsung kepada orang yang mengerti tentang masalah ini.

Bisa juga ke service center printer. Karena kesalahan mengisi tinta adalah salah satu kesalahan yang fatal dan bisa merusak beberapa komponen dari printer. Semoga bermanfaat.

BERI KOMENTAR