9 Cara Mengatur Keuangan Di Masa Sulit Paling Praktis

Cara mengatur keuangan di masa sulit tentu bisa dilakukan dengan berbagai cara, untuk lebih jelas kamu bisa memahami poin penting berikut ini.

CEROBOH.COM – Pernahkah kamu mengalami perubahan dalam keuanganmu? Jika pernah, tentunya kamu akan mencari cara untuk bisa mengatur keuangan yang lagi mepet tersebut agar tetap cukup tanpa harus meminjam atau mengutang-utang. Jadi, di masa-masa sulit, mau tidak mau kita akan mencari solusi atau cara agar kondisi keuangan yang sulit kita tetap bisa mengaturnya.

Cara Mengatur Keuangan Di Masa Sulit

Cara Mengatur Keuangan Di Masa Sulit

Sebenarnya, jika kita sudah pandai mengatur keuangan, kita akan bisa mengaturnya dengan baik—termasuk saat masa-masa sulit. Namun, di sisi lain, jika kita tidak terbiasa mengatur keuangan, tentu mengatur keuangan di masa sulit akan menjadi hal yang tidak mudah. Tapi perlu menjadi catatan, bahwa mengatur keuangan di masa sulit itu sebetulnya mudah jika kita konsisten, berusaha keras dan mengerti dengan tepat.

Lalu bagaimana sih cara  mengatur keuangan di masa sulit?

Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai cara-cara yang bisa diterapkan agar kita bisa mengatur keuangan kita di masa-masa sulit.

1. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginanmu

Cara mengatur keuangan di masa sulit pertama yang mungkin bisa kamu terapkan adalah kamu harus bisa membedakan dengan jelas antara kebutuhanmu dan keinginanmu. Di masa-masa sulit, kamu memang harus menurunkan nominal pengeluaran. Namun, tidak berarti juga harus mengurangi hal yang sudah menjadi kebutuhanmu.

Kemudian kamu juga harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai kamu kelepasan berbelanja—yang kamu kira kebutuhan malah keinginan.

Baca juga: Hadiah Ulang Tahun Untuk Pacar Paling Romantis

2. Buatlah Daftar Anggaran Belanja Dengan Rapi

Berikutnya, baiknya kamu bisa membuat daftar belanja dengan rapid an teratur. Susunlah anggaran belanjamu mulai dari pengeluaran rutinan seperti kebutuhan belanja bulanan, kebutuhan belanja mingguan, kebutuhan untuk galon, listrik, gas sampai kebutuhan menabung, memberi orangtua dan yang penting adalah kebutuhan sedekah.

Kamu juga sebaiknya mengeluarkan uang untuk investasi dan juga hiburan. Dengan menyusun daftar belanja dan juga prediksinya, kamu tidak akan kebablasan dalam berbelanja.

3. Jika Kamu Punya Tagihan, Cepatlah Bayarkan

Nah, ini sebetulnya yang paling penting. Cara mengatur keuangan di masa sulit yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Kamu bisa membayarnya setelah gajimu diterima. Apa saja tagihan-tagihan itu?

Di antaranya adalah tagihan listrik, tagihan wifi, tagihan air dan tagihan yang lain yang mungkin kamu butuhkan. Bisa juga tagihan kendaraanmu.

4. Jangan Lupakan Dana Darurat

Inilah pentingnya cara mengatur keuangan di masa sulit. Kamu seharusnya semenjak awal kamu harus menyiapkan dana darurat. Ini sangat penting dikarenakan dana darurat adalah dana yang suatu saat dibutuhkan ketika keadaan darurat. Termasuk saat-saat keuangan sedang kritis. Jika tabungan habis, kita bisa mengambil dana darurat kita.

Dengan kata lain, dana darurat adalah dana yang benar-benar dibutuhkan ketika keadaan darurat. Dana darurat tidak harus berupa uang kok. Baiknya sih berupa benda atau semacam investasi seperti emas atau barang-barang berharga lainnya yang nilainya tidak turun seiring waktu.

5. Usahakan Mencari Penghasilan Tambahan

Orang bilang, jika kebutuhan dari penghasilanmu tidak cukup, caranya bukan menghemat tapi dengan menambah penghasilan. Nah, jika uangmu tidak cukup dan keuangan masih belum stabil, kamu bisa mencari tambahan penghasilan.

Kamu bisa bekerja sampingan part-time seperti misalnya menjadi desainer, menjadi barista kopi malam-malam. Untuk lebih detailnya kamu bisa membaca: Peluang Usaha Sampingan Karyawan Paling Menguntungkan

Yang Perlu Dihindari Ketika Keuangan Sedang Sulit

Cara Mengatur Keuangan Di Masa Sulit

Dalam mengatur keuangan di masa sulit, kamu juga harus menghindari beberapa hal. Ini akan menghindarimu dari hal-hal malah membuat kondisi keuanganmu semakin memburuk.

Jadi, apa saja sih hal-hal yang harus kamu hindari ketika keuanganmu sedang sulit?

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu hindari di saat kondisi keuanganmu sulit:

1. Hindari Mengaktifkan M-Banking

Pertama, yang perlu kamu hindari ketik keuanganmu sedang sulit adalah mengaktifkan m-banking. Sebab, jika kamu punya m-banking dan m-banking tersebut kamu sandingkan dengan marketplace atau olshop, kamu akan dengan mudah melakukan transaksi. Bisa-bisa, kamu malah kalap dan uang di ATM-mu terkuras karena khilaf berbelanja.

Artikel lainnya: Prospek Kerja Pendidikan Luar Biasa dan Gajinya

2. Hindari Untuk Berhutang

Berikutnya, langkah-langkah cara mengatur keuangan di masa sulit, jangan sampai kamu berhutang. Meskipun kamu dalam keadaan terpojok karena keuangan sulit, sebaiknya hindarilah yang namanya hutang. Sebab, jika kita terlalu mudah memutuskan untuk berhutang, selanjutnya kita malah akan kencanduan berhutang—dan itu tentu akan merusak diri kita sendiri.

Mending kalau hutangnya untuk hal-hal produktif dan memang benar-benar butuh. Seringnya, zaman sekarang berhutang justru untuk sesuatu yang sebetulnya tidak penting. Hanya sekadar keinginan saja. Bukan kebutuhan.

3. Hindari Makan Di Luar

Jika kita membeli makan di luar memang praktis dan cepat. Namun, kita juga harus mengetahui keadaan. Di masa-masa keuangan sedang sulit, baiknya jangan sampai kita makan di luar. Pasalnya, makan di luar cenderung akan mengakibatkan pemborosan—apalagi si masa sulit.

Lebih baik memasak sendiri di rumah. Selain lebih hemat, tentunya lebih terjamin juga kehigienisannya. Iya kan?

4. Jangan Sampai Tidak Menabung

Meskipun keuanganmu sedang sulit, kamu jangan sampai melewatkan ritual menabung. Sebab, jika kamu tetap konsisten menabung, ini akan membuat kebutuhan di masa depan terbantu. Selain pengeluaran untuk untuk belanja dan lain sebagainya, kamu bisa menyisakan sebagian—tidak perlu banyak—untuk ditabung.

Jika kamu tidak menabung, ini akan membuat hidupmu tidak tenang. Tidak perlu beralasan karena kondisi keuangan. Sisihkan uangmu meski seribu dua ribu untuk ditabung.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa digunakan sebagai cara mengatur keuangan di masa sulit. Sebetulnya jika kita pandai mengatur keuangan, kita tidak akan mengalami masa-masa sulit kok. Yang terpenting adalah tetap bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Inilah yang paling penting di zaman sekarang!

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Benar

BERI KOMENTAR