cara mengatur keuangan pribadi remaja

7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja dengan Bijak

Cara mengatur keuangan pribadi remaja tidaklah sulit, ada beberapa poin yang harus perhatikan, minimalnya saja tidak tergiur dengan discount
Total
3
Shares

Cara mengatur keuangan pribadi remaja sebenarnya tidaklah sulit, ada beberapa poin yang harus perhatikan, minimalnya saja tidak tergiur dengan discount.

cara mengatur keuangan pribadi remaja
Foto dari freepik.com/@wirestock

CEROBOH.COM – Membahas mengenai remaja, tentu kompleks ya. Sebab, masa remaja adalah masa di mana anak beralih menjadi dewasa.  Ini menurut ilmu spikologi sendiri. Di masa ini, seseorang mulai membuat persiapan untuk menjadi seseorang yang lebih dewasa.

Salah satu hal yang perlu juga dipersiapan untuk menjadi dewasa adalah mengenai keuangan. Mengatur keuangan—terutama bagi para remaja itu juga hal yang sangat penting. Sebagai remaja yang belajar menjadi dewasa, mempelajari tentang pengaturan keuangan adalah hal yang tidak boleh ditinggalkan.

Jika masa remaja pandai menabung, merencanakan keuangan dengan baik. Kelak ketika sudah berumah tangga akan melindungi sang remaja dari masa depan keuangan yang buruk, akan memiliki perencanaan keuangan yang bagus dan tentunya akan melindungi diri dari dana-dana darurat yang dibutuhkan.

Meski mengatur keuangan adalah hal penting, kadang ada beberapa remaja yang masih kurang peduli akan pentingnya mengatur keuangan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti misalnya kurangnya pendidikan keuangan dari orangtua dan dari sekolah. Hal seperti inilah yang menyebabkan remaja abai dalam mengelola keuangan pribadinya.

Bagaimana sih, cara mengatur keuangan pribadi bagi seorang remaja yang baik dan benar?

Di bawah ini akan dicoba dijabarkan mengenai beberapa hal terkait cara mengatur keuangan pribadi bagi para remaja yang bisa diterapkan:

1. Mengatur Keuangan Dengan Membiasakan Hidup Hemat

Cara mengatur keuangan pribadi remaja yang pertama adalah dengan membiasakan hidup hemat. Hemat bukan berarti pelit, ya. Hemat juga memiliki arti membeli sesuatu dengan cermat. Jadi, kita harus pandai-pandai menganalisa penting tidaknya kita mengeluarkan uang untuk sesuatu.

2. Jangan Banyak Nongky-nongky

cara berikutnya untuk mengatur keuangan remaja adalah jangan sampai terlalu banyak nongkrong dengan teman-teman. Kadang-kadang karena kita gengsi, kita terpaksa mengikuti ajakan teman untuk nongkrong di tempat-tempat makan.

Kadang juga ke mall belanja hal-hal yang sebetulnya tidak diperlukan. Alhasil, akibatnya kita malah menyesal karena menghabiskan uang demi mengikuti gengsi. Tidak perlu banyak makan di luar. Lebih baik makan di rumah. Selain lebih hemat, juga lebih higienis.

Baca juga: Peluang Bisnis Salon Kecantikan, Sangat Menjanjikan!

3. Jangan Mudah Tergiur Dengan Diskon

Jiwa mudah biasanya tergiur dengan diskon. Padahal, sebagai remaja yang smart, kamu harus lebih pandai menganalisa bahwa diskon tersebut tidak benar-benar diskon.

Pada satu kasus, misalnya jika kamu ingin membeli sebuah barang. Di dalam label harga tertera harga asli 50.000 dan ada diskon menjadi 30.000. Nah, alih-alih kamu hemat 20.000 lebih baik kamu tidak membelinya. Kamu akan lebih hemat 50.000, bukan?

4. Jika Ngekos, Cobalah Masak Nasi Sendiri

Jika kamu adalah remaja yang ngekos, lebih baik kamu masak sendiri saja daripada makan di luar. Kamu hanya perlu membeli lauk saja. Bawalah magic com dan beras dari rumah untuk memasak nasi sendiri.

Misalnya saja, jika sekali makan saja kamu habis 30.000, kamu bisa membeli lauk saja 15.000 dan memasak nasi sendiri. Kamu akan lebih hemat 15.000 bukan?

5. Bawalah Bekal Dari Rumah

Jika kamu anak rumahan, kamu bisa bersekolah dengan membawa bekal dari rumah. Nasi lauk dan air putih.  Cara mengatur keuangan pribadi remaja ini akan sangat bagus jika diterapkan. Selain hemat, tentu saja membawa bekal dari rumah akan lebih sehat karena lebih higienis.

6. Buatlah Catatan Keuangan Serapi Mungkin

Beberapa orang seringkali menyepelekan tentang mencatat keuangan.  Padahal mencatat keuangan akan membuat kita lebih teratur dan mengetahui kemana keuangan kita belanjakan. Dan tentunya ini akan membantu untuk bisa mengevaluasi hal-hal mana yang sebaiknya dibeli dan tidak dibeli jika sudah ketahuan pengeluarkan sudah terlalu besar.

Membuat catatan keuangan juga akan menjadikan kita menjadi seseorang yang lebih tertib dan teratur. Ini juga menjadikan kita belajar banyak mengenai hidup disiplin.

Tulisan lainnya: Tips Menggunakan Dompet Digital Lebih Aman

7. Minimal Membawa Air Mineral Dari Rumah

Jika kamu akan lebih hemat lagi, cara mengatur keuangan pribadi remaja selanjutnya adalaha dengan membawa air mineral sendiri dari rumah. Jadi, jika kamu kehausan di jalan, kamu tidak perlu membeli air minum lagi. Dan ini akan sangat menghemat keuanganmu sebagai seorang remaja.

Itulah beberapa cara untuk mengatur keuangan seorang remaja yang bisa diterapkan bagi para remaja jika bingung cara mengatur keuangan pribadi. Sebetulnya mengatur keuangan itu mudah kok. Sebelum membeli barang, pikir dulu, apakah itu hanya keinginan atau benar-benar kebutuhan. Jika hanya keinginan, baiknya ditahan dan tidak perlu membelinya. Semoga tips-nya bermanfaat, ya!

4.9/5 - (29 votes)
Leave a Reply
You May Also Like