6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Benar

Cara mengatur keuangan rumah tangga bisa dimulai dengan memanage pemasukan dan pengeluaran, untuk lebih rinci lagi kamu bisa baca beberapa tips berikut!

CEROBOH.COM – Yang namanya rumah tangga, tentu tidak akan pernah terlepas dari pembahasan mengenai keuangan dalam rumah tangga. Banyak sekali cara jika kita ingin mengelola keuangan rumah tangga kita supaya lebih efektif, efisien dan tidak gigit jari ketika akhir bulan.

Apalagi bagi kamu uang memiliki anak, tentunya ini akan semakin membuat kebutuhan semakin menumpuk dan bertambah. Tahu nggak sih, bahwa mengatur keuangan rumah tangga itu tidak gampang? Sebab, mengatur keuangan artinya mengatur dan memastikan bahwa seluruh kebutuhan anggota keluarga bisa terpenuhi dengan tepat dan benar.

Jika ditelaah lebih dalam lagi, banyak sekali faktor-faktor baik internal maupun waktu eksternal yang memengaruhi kebutuhan keuangan dalam rumah tangga.

Mulai dari kebutuhan pokok seperti beras, sembako dan sebagainya hingga hal-hal yang ada kaitannya dengan hiburan dan keinginan. Nah, jika kamu salah mengatur dan memanajemen keuangan rumah tanggamu, tentunya akan menyebabkan kesalahan dalam komunikasi bersama suami atau istri mengenai keuanganmu.

Kemudian, bagaimana sih cara mengatur keuangan rumah tangga agar tidak bocor dan habis di tengah bulan?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatur ekonomi rumah tangga agar tidak  bocor dan habis di tengah bulan:

1. Hitung Semua Gaji/Pendapatan

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Hal pertama yang mesti kamu lakukan jika kamu ingin mengatur keuangan rumah tanggamu adalah dengan menghitung seluruh gaji yang kamu terima di dalam rumah tanggamu selama satu bulan. Baik itu dari suami ataupun dari istri.

Jika sudah terhitung semua, lakukan plot-plot kebutuhan mulai dari kebutuhan yang paling primer seperti misalnya belanja mingguan, belanja bulanan, popok dan susu anak hingga kebutuhan listrik. Dengan begitu, keuanganmu akan lebih efektif.

2. Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara mengatur keuangan rumah tangga berikutnya adalah kamu bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Ketika kamu sudah memasuki tahap berumah tangga, kamu akan menemukan beragam kebutuhan yang harus diatur sedemikian rupa mulai dari kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan anak hingga hal-hal yang telah kamu susun—padahal tidak penting-penting amat.

Nah, sebelum kamu menyerahkan barang tersebut di kasir dan membayarnya, alangkah baiknya kamu bertanya kepada diri sendiri—barang ini penting tidak ya? Nah, kalau tidak penting dan hanya berupa keinginan belaka, letakkan barang tersebut dan kamu tidak perlu membayarnya.

3. Hindarilah Hutang

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Sudah selalu dinasihatkan di mana-mana, di semua forum, jika kamu ingin cara mengatur keuangan rumah tangga dengan sehat, alangkah baiknya kamu menghindari yang namanya berhutang. Mulai dari hutang kredit barang-barang hingga hutang personal ke orang lain.

Menghindari hutang akan membuat keuanganmu menjadi lebih sehat dan aman. Selain itu, hidupmu akan tenang dan nyaman karena tidak memiliki hutang. Daripada kamu harus menghutang untuk membeli suatu barang, lebih baik kamu menunda barang tersebut dulu sembari menabung.

Baca juga: Cara Menyusun Manajemen Keuangan Sebuah Bisnis

4. Atur Keuangan Dalam Bentuk Pos

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara mengatur keuangan rumah tangga berikutnya adalah dengan mengelola pendapatan dalam bentuk pos-pos yang sudah ditentukan nominalnya. Jadi, selama sebulan itu, kamu membagikan uangmu di beberapa bagian seperti misalnya uang belanja bulanan, susu dan pampers anak, listrik, kebutuhan internet sampai kebutuhan keinginan.

Kamu bisa memasukkannya ke dalam amplop yang telah kamu sediakan, atau kamu bisa memasukkan dalam bentuk dompet pinter yang kini sedang mulai marak digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga. Nah, jika sudah dimasukkan, simpan dompet tersebut dan ambil sesuai dengan pos yang dibutuhkan. Jika di tiap pos tersebut ada lebihnya, kamu bisa menabungnya. Enak, kan?

5. Siapkan Tabungan dan Dana Darurat

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Mengatur keuangan rumah tangga yang satu ini sebetulnya sangat harus diprioritaskan. Sebab, dana darurat adalah dana yang nantinya akan kita gunakan jika kita ada keperluan yang tidak bisa ditunda atau keperluan yang mendadak dan perlu uang cepat.

Biasanya total dana darurat adalah sebesar enam kali lipat dari penghasilan. Dengan kamu memiliki dana darurat, kamu tidak perlu mencari hutang sana hutang sini untuk menutupi kebutuhanmu.

6. Investasi Yang Tepat

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara mengatur keuangan rumah tangga itu perlu juga untuk berinvestasi. Misalnya kamu bisa berinvestasi dalam bentuk emas, saham atau pun tanah. Dengan berinvestasi, keuangan dalam rumah tanggamu akan lebih efektif.

Nah, itulah beberapa hal yang berkaitan dengan cara menyusun keuangan rumah tangga yang mungkin bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan rumah tanggamu, semoga bisa membantu, ya!

Tulisan lainnya: Cara Menyisihkan Uang Hasil Usaha Agar Cepat Kaya

BERI KOMENTAR