Cara Mengatur Keuangan Usaha Bagi Pemula Yang Baru Belajar Bisnis

Cara mengatur keuangan usaha bagi seorang pemula mungkin sedikit membingungkan. Coba perhatikan poin-poin berikut ini untuk mengaturnya.

Cara Mengatur Keuangan Usaha Bagi Pemula Yang Baru Belajar Bisnis
ilustrasi freepik/@pch-vector

CEROBOH – Bagi pemula yang terjun di dunia bisnis atau usaha, biasanya sering melakukan kesalahan berupa: menyatukan keuangan pribadi dengan keuangan usahnaya.

Padahal, agar usaha dapat terkelola dengan baik, salah satunya adalah dengan cara memantau arus keuangan yang masuk dan keluar.

Sehingga dapat terlihat aset pada usaha yang sedang dilakukan, dengan aset pribadi yang sudah ada. Nah, tentu keduanya harus benar-benar terpisah. Agar dapat memantau untukng-rugi sebuah usaha.

Bagaimana cara mengelola keuangan usaha yang ada?

Berikut ini adalah cara mengatur keuangan usaha agar bisnis makin menguntungkan dan terkelola dengan baik:

1. Membuat Perencanaan Keuangan

Cara Mengatur Keuangan Usaha Bagi Pemula Yang Baru Belajar Bisnis
foto instagram/@rastardust

Langakh pertama untuk mengetur keuangan sebuah usaha adalah dengan membuat perencanan keuangan. Perencanaan ini dibuat untuk mengatur modal yang akan dikeluarkan.

Perencaaan keuangan harus dituangkan secara detail. Misalnya dalam jangka sebulan kamu akan menggunakan uang untuk apa saja?

Misal perencanaan untuk membeli bahan poko, atau perencaaan untuk membayar karyawan. Nah, semua uang yang akan dikeluarkan harus dierencanakan dengan rapih. Sehingga kamu bisa mengetahui kebutuhan apa saja yang memerlukan uang.

Perencanaan keuangan ini sangat bermanfaat untuk berjalannya sebuah usaha. Sebab, dengan adanya perencanaan, kamu akan bisa mengetahui anggaran apa saja yang diperlukan.

2. Pisahkan Uang Pribadi dan Uang Hasil Usaha

Cara Mengatur Keuangan Usaha Bagi Pemula Yang Baru Belajar Bisnis
foto instagram/@nttn_owo

Nah, poin ke dua yang tak jauh penting dari poin pertama adalah memisahkan keuangan pribadi dengan keangan usaha.

Misal modal awal anda mengeluarkan uang 10 juta rupiah, maka jangan pernah campurkan keuangan pribadi dengan uang modal tersebut.

Begitupula dengan uang keuntungan yang dihasilkan, jangan pernah menyatukannya dengan uang peribadi yang dimiliki.

Nah, kamu harus bisa mengatur hal ini. Membedakan mana aset usaha dan mana aset pribadi.

Bila perlu, kamu harus membuat rekening bank yang berbeda. Sehingga dapat terlihat, mana aset pribadi dan mana aset yang kamu miliki.

Baca juga: Karakteristik Entrepreneur Sukses

3. Melakukan Pencatatan Harian

Cara Mengatur Keuangan Usaha Bagi Pemula Yang Baru Belajar Bisnis
foto instagram/@sobrecanetas

Cara mengatur keuangan usaha berikutnya adalah dengan melakukan pencatatan harian. Pencatatan harian ini bisa dilakukan dengan cara mencatat uang yang masuk dan uang yang keluar.

Sehingga dari pemasukan den pengeluaran dapat diketahui, keuntungan hariannya berapa.

Banyak pemula yang tidak melakukan hal ini dalam menjalankan usahanya. Sehingga mereka tidapat mengontror uang yang masuk dan uang yang keluar.

Imbasnya, mereka tidak tahu betul, berapa keuntungan yang didapat. Atau malah sebaliknya, merekatiba-tiba mengalami kerugian yang cukup besar.

Nah, mulai sekarang biasakan untuk mencatat hal-hal kecil setiap harinya. Mulai dari mencatat keuangan yang masuk dan keaungan yang keluar.

4. Melakukan Pencatatan Bulanan

Cara Mengatur Keuangan Usaha Bagi Pemula Yang Baru Belajar Bisnis
foto instagram/@kuujaasoomstudy

Selain melakukan pencatatan harian, yang tak kalah penting adalah memuat pencatatan bulanan.

Pencatatan bualanan ini tujuannya adalah untuk mengevaluasi keuangan selama sebulan. Selain itu juga, untuk mengontrol keuangan tiap bulannya.

Sehingga dengan adanya pencatatan bulanan. Kamu bisa mengetahui langkah apa yang harus dilakukan pada bulan berikutnya.

Selain itu kamu juga bisa mengeontrol keuangan, agar lebih bijak lagi dalam menjalankan bisnis yang baru dirintis.

Selain itu, pencatatan bualanan ini juga berguna untuk jangka panjang. Ketika usahamu sudah maju. Kamu mengetahui pertumbuhan keuangan usaha dari mulai dirintis hingga besar.

5. Meninjau Arus Kas Keuangan

Cara Mengatur Keuangan Usaha Bagi Pemula Yang Baru Belajar Bisnis
foto instagram/@watertreeorange

Dengan adanya pencatatan harian dan pencatatan bulanan kamu bisa lebih mudah meninjau arus keaugnan. Baik meninjau arus keuangan harian ataupun arus keuangan bulanan.

Mengontrol arus kas keuangan adalah merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Dengan melakukan peninjauan kamu bisa melakukan evaluasi apakah penggunaan uang selama ini merupakan hal yang efektif. Atau hanaya sia-sia saja.

Kedepannya kamu bisa lebih bijak lagi ketika hendak mengeluarkan keuangan. Baik dalam hal belanja kebutuah usaha, atau menentukan produk mana yang harus lebih gencar di promosikan.

Baca juga: Tips Jadi Pengusaha Sukses

6. Keuntungan Usaha Untuk Pengembangan

Cara Mengatur Keuangan Usaha Bagi Pemula Yang Baru Belajar Bisnis
foto instagram/@nhiistudiary

Selanjutnya yang harus kamu pertimbangan adalah: menggunakan keuntungan usaha untuk pengembagan bisnis.

Untuk pemula yang masih baru memulai usahanya, mugnkin sedikit tidak sabar menggunakan keuntungan untuk keperluan pribadinya.

Namun, jika usaha yang kamu jalanani ingin terus bergerak dan memiliki umur panjang adalah bisa dengan cara mengolah keuntungan utnuk keperluan pengembangan usaha.

Nah, itulah beberapa cara mengatur keuangan usaha bagi pelula yang baru belajar bisnis. Pastikan kamu sudah memperhatikan ke enam poin tersebut. Sehingga bisnismu bisa berkembang dengan cepat.

BERI KOMENTAR