Cara mengelola keuangan yang baik dan benar

6 Cara Mengelola Keuangan Yang Baik Dan Benar

Cara mengelola keuangan yang baik dan benar dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini, salah satunya adalah menyisihkan uang untuk menabung.
Total
0
Shares

Cara mengelola keuangan yang baik dan benar dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini, salah satunya adalah menyisihkan uang untuk menabung.

CEROBOH.COM – Banyak orang yang seringkali menyepelekan perihal pengelolaan keuangan. Padahal para dasarnya keuangan adalah hal yang wajib dikelola dengan baik dan benar. Memang sih, banyak teori yang memberikan perspektif mengenai pengelolaan dan itu terlihat mudah. Tentu saja jika dipraktikkan ternyata tidak semudah itu, ya.

Meskipun begitu, kita tetap harus  mengetahui cara pengelolaan keuangan yang baik—setidaknya mengetahui dengan baik dan benar. Nah, sebetulnya ada banyak sekali cara agar kita bisa mengelola keuangan dengan baik dan benar. Dan kita tidak bisa menggunakan cara yang sekiranya cocok untuk kita terapkan dalam pengelolaan keuangan kita.

Cara-cara yang kita gunakan tentunya akan dipengaruhi oleh beberapa hal. Misalnya saja, berapa gaji kita perbulannya, apa saja yang kita tanggung, seberapa besar pengeluaran yang kita habiskan bahkan sampai rencana-rencana yang berhubungan dengan keuangan di masa depan. Misalnya saja menabung, investasi sampai menyiapkan biaya pendidikan dan biaya kesehatan.

Bagaimana sih cara kita mengelola keuangan dengan baik dan benar?

Berikut ini akan kita simak baik-baik mengenai beberapa cara mengelola keuangan yang baik dan benar agar tidak boros dan tentu saja supaya teratur:

1. Lunasilah Hutang-hutang Yang Dimiliki

Cara mengelola keuangan yang baik dan benar

Cara pertama agar kita bisa mengelola keuangan dengan baik dan benar adalah dengan melunasi hutang-hutang yang dimiliki. Kita tahu, hutang—apapun itu bentuk hutangnya—adalah  beban dalam kehidupan kita. Ciri agar keuangan yang kita kelola bisa bertumbuh, adalah dengan tidak memiliki hutang sama sekali.

Nah, jika memang kita memutuskan untuk berhutang, baik di bank ataupun secara personal, maka ancang-acang terlebih dahulu berapa besar hutangnya dan kira-kira dalam jangka waktu berapa kita bisa melunasinya.

2. Jangan Sepelekan Uang Receh

Cara mengelola keuangan yang baik dan benar

Cara mengelola keuangan yang baik dan benar untuk poin kedua ini adalah, jangan sampai kita menyepelekan uang receh. Jika kita memperoleh uang receh dari kembalian belanja, maka simpanlah uang receh tersebut dalam celengan—baiknya membeli celengan, ya.

Jika kita perhatikan, ternyata ketika kita mengumpulkan uang receh di kemudian hari uang-uang koin tersebut akan membantu kita apabila kita kekepet untuk memakainya. Misalnya saja kebutuhan belanja mingguan. Nah, itu bisa kita pakai jika kita sedang kehabisan uang. Kita juga bisa memanfaatkan uang receh untuk bayar parkir. Tak terasa uang parkir bulanan kita sampai loh ratusan ribu.

3. Catat Uang Bulanan Dengan Rapi

Cara mengelola keuangan yang baik dan benar

Tentu saja mencatat keuangan bulanan adalah hal penting yang tidak bisa dilewatkan jika kita ingin mengelola uang dengan baik dan benar—dan tentu saja selain mencatat kita juga harus memerhatikan kerapiannya, ya.

Jika kita mencatat uang bulanan dengan rapi dan terstruktur, maka selanjutnya kita akan mengetahui hal-hal yang bisa kita pangkas dan hal-hal yang menjadi kebutuhkan pokok dan tidak bisa dihilangkan. Dengan begitu, kita akan semakin tahu dan berhati-hati di kemudian hari.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja dengan Bijak

4. Buat Anggaran Belanja Bulanan

Cara mengelola keuangan yang baik dan benar

Berikutnya cara mengelola keuangan yang baik dan benar adalah dengan membuat anggaran belanja. Dengan membuat anggaran belanja, tentu saja keuangan kita akan lebih sehat. Jadi, usahakan untuk mematuhi anggaran belanja yang telah kita buat. Supaya kita tidak boros dan malah akan kehabisan di tengah jalan.

Kita harus mengetahui skala prioritas dalam kebutuhan kita. Jadi jangan sampai hal-hal yang sebetulnya tidak dibutuhkan, kita bisa menahannya dan tetap mematuhi catatan anggaran.

5. Jangan Lupa Investasi

Cara mengelola keuangan yang baik dan benar

Untuk investasi, bukan berarti kita harus menaruh uang investasi, ya du perusahaan tertentu. Investasi itu bermacam-macam. Mulai dari investasi uang hingga investasi tanah. Atau bahkan kita bisa investasi pohon jati. Nanti di masa tua kita tidak akan pernah bingung karena sudah investasi sejak muda.

Ada baiknya kita tidak menginvestasikan uang di bank. Baiknya kita investasikan saja persawahan atau tanah yang kita miliki. Ini merupakan cara mengelola keuangan yang baik dan benar sekaligus cara berinvestasi untuk masa depan.

6. Menabung Adalah Hal Penting

Cara mengelola keuangan yang baik dan benar

Tahukan kamu bahwa masih banyak orang di luar sana yang tidak memikirkan perihal menabung. Padahal menabung itu penting demi kesejahteraan keluarga. Kita bisa menabung dana darurat hingga dana pendidikan sekolah anak-anak.

Menabung juga mengajarkan kita untuk disiplin. Jika kita disiplin dan konsisten menabung, tentu buah hasilnya tidak akan baik. Begitu sebaliknya.

7. Berbagai Ke Sesama

Cara mengelola keuangan yang baik dan benar

Cara mengelola keuangan baik dan benar memang sulit tidak sulit sih, ya. Nah, cara terakhir versi ceroboh.com ini adalah jangan sampai lupa menyisihkan uang kita khusus untuk bersedekah atau memberikan sesuatu kepada orang lain.

Pada dasarnya, sebagian gaji kita bisa jadi rezeki orang lain yang dititipkan lewat kita. Bukankah berbagai juga membahagiakan, bukan?

Sebetulnya masih banyak sekali yang ingin dibahas di artikel ini mengenai cara mengelola keuangan yang baik dan benar. Semua tidak bisa diterapkan secara kasar begitu saja. Namun, kita mestilah memilih mana yang lebih cocok untuk kita terapkan. Semoga artikel ini membantu, ya.

Tulisan lainnya: 6 Pendidikan Keuangan untuk Anak yang Wajib Dipelajari

5/5 - (2 votes)
Leave a Reply
You May Also Like