6 Cara Menghemat Listrik di Rumah, Mudah Dilakukan!

Cara menghemat listrik di rumah bisa dengan membuka jendela saat siang hari, selain itu kamu bisa memperaktekan beberapa tips berikut.

ilustrasi freepik / @freepik

CEROBOH – Jika kebutuhan listrik kita terlalu besar, kemungkinan kita sering menggunakan alat-alat elektronik. Yang bisa jadi penggunaannya berlebihan.

Sebenarnya kita diperkenankan saja menggunakan alat-alat elektronik. Namun kita juga harus berusaha untuk menggunakannya dengan bijak, dengan berhemat dan tak terlalu berlebihan.

Jika terlalu berlebihan tentunya tagihan listrik milik kita membengkak. Selain itu, dengan boros listrik, dampak di masyarakat yang lingkungannya diekslpoitasi batubaranya demi kepentingan PLTU juga buruk, bukan?

Lalu, bagaimana cara agar listrik bisa hemat dan tidak terlalu besar bayaran perbulannya?

Inilah 6 cara menghemat listrik di rumah yang bisa kamu praktikan:

1. Batasilah Penggunaan Alat Elektronik yang Dayanya Besar

Inilah 6 Cara Menghemat Listrik di Rumah

Sebaiknya sebelum kamu membeli alat-alat elektronik rumah tangga, sebaiknya kamu cek dulu berapa daya yang digunakan. Misalnya saja, rice cooker, kulkas, setrika, dispenser dan sebagainya. Cek saja total watt-nya.

Jika kamu telah mengetahui besarnya daya alat elektronikmu tersebut, selanjutnya berhematlah dan batasi penggunaannya.

Misalnya saja. Cabutlah steker dispenser jika memang tak membutuhkan air panas. Gunakan saja air dingin. Jika yang diperlukan sedikit, lebih baik memasak air saja sebentar.

2. Matikan Saja Lampu Yang Tak Digunakan

Cara Menghemat Listrik di Rumah

Selain memakai alat elektronik seperlunya saja, selanjutnya cara menghemat listrik di rumah adalah dengan memakai lampu seperlunya saja. Maksudnya, jika lampu tak terpakai lebih baik dimatikan saja.

Biasakan jika ada lampu menyala tapi ruangannya tak dipakai, matikan saja lampu tersebut. Memang ini hal yang terlihat sepele di mata sebagian besar orang.

Namun, mematikan lampu yang tak perlu nyatanya tetap mengurangi daya listrik yang digunakan dan bisa lebih berhemat. Apalagi jika terang ketika siang hari. Akan sangat boros jika lampu dibiarkan menyala.

Baca juga: Cara Hidup Sehat dan Hemat

3. Cabutlah Seteker Yang Tak Dipakai

Cara Menghemat Listrik

Jika kamu berpikir bahwa menekan tombol off akan menghemat listrik, kamu salah. Nyatanya, jika kamu tak mencabut steker listrik, itu berarti kamu membiarkan listrik tetap mengalir sedemikian.

Makanya, bad habits tak mencabut steker listrik itu mesti dimusnahkan. Sebab selain membiarkan listrik tetap mengalir, hal ini juga akan merusak alat-alat elektronikmu loh.

Dan tentu saja mencabut semua steker listrik kemungkinan kecil korsleting listrik akan terjadi. Coba deh, biasakan cabut aliran televisi, charger laptop, charger hape yang tak terpakai supaya hemat listrik.

4. Sebaiknya Gunakan Alat Elektronik Hemat Listrik

alat hemat listrik

Kini sudah mulai banyak alat elektronik di pasaran yang menggunakan daya listrik yang tak terlalu besar. Coba deh, belilah lampu yang hemat listrik. Ini merupakan cara menghemat listrik yang dapat kamu coba.

Misalnya saja. Kini sudah marak lampu LED yang dayanya hanya berkisar 6-9 watt tapi sudah mampu menghasilkan cahaya yang setara dengan lampu pijar dengan daya hingga 60 watt.

Tapi memang harga lampu pijar dengan lampu LED lebih mahal lampu LED. Jadi, memang orang lebih memilih yang lebih murah.

Padahal kalau dihitung-hitung biaya bayar listrik dengan harga lampu LED pertahunnya tetap hemat pakai LED daripada pakai lampu pijar, loh. Dan lampu LED lebih hemat pula.

5. Mengetahui Tarif Listrik Perangkat Elektronik

Cara Menghemat Listrik

Seperti yang telah disinggung di poin sebelumnya. Sebaiknya sebelum membeli alat elektronik, coba cek terlebih dahulu daya listriknya.

Dengan kamu mengetahui daya listriknya, kamu akan bisa mengira-ngira jumlah tarif listrik yang akan dibayarkan nantinya.

Jika kamu sudah mengetahuinya, ini tentu adalah langkah baik juga dalam menghemat listrik agar tagihannya tidak jebol di kemudian hari.

Baca juga: Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

6. Buka Jendela Rumah Ketika Siang Hari

Buka Jendela Cara Menghemat Listrik di Rumah

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan pencahayaan dari sinar matahari ketika siang hari. Cara menghemat listrik di rumah yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka jendela di siang hari.

Selain bisa menghemat, dengan membuka jendela kamu bisa merasakan sirkulasi udara yang sehat. Selain itu juga sudah pasti bisa menghemat biaya.

Nah. Itulah beberapa tips agar kamu hemat dalam memakai listrik di rumah. Semoga uraian singkat ini bisa membantumu, ya.

BERI KOMENTAR