Cara Menghemat Tinta Printer Canon, Terbukti Ampuh

Cara menghemat tinta printer canon tidaklah susah, pastikan kamu mengikuti cara dan tips yang saya jelaskan berikut ini.

Cara Menghemat Tinta Printer Canon, Terbukti Ampuh

Ceroboh.com – Kamu punya printer canon di rumah atau kantor namun printer tersebut tintanya boros dan cepat habis? Tentunya kondisi tersebut kadang membuat kamu tidak nyaman, kan? Kondisi printer dengan tinta yang cepat habis bisa disebabkan karena banyak faktor.

Di antaranya mungkin karena kamu terlalu sering menggunakannya untuk mencetak gambar-gambar yang full color atau sering mencetak dokumen-dokumen yang kurang penting. Selain faktor itu, ada faktor settingan dari printer canon juga yang membuat tinta pada printer kamu menjadi cepat habis dan boros.

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena pada kesempatan kali ini Saya akan membahas beberapa tips supaya tinta printer canon kamu jadi hemat.

Tips yang akan kami bagikan terntunya sangat mudah dipraktikkan. Kamu tinggal mengikuti langkah demi langkah yang kami jelaskan nanti.

Sebelum dijelaskan caranya, kamu harus ketahui bahwa pada printer canon ada yang namanya fitur Ink Drying Wait Time. Ada yang tahu kegunaan fitur ini? Fitur yang satu ini hanya ada pada printer canon yang fungsinya untuk menghemat tinta.

Asyik, bukan? Dengan menggunakan fitur ini, printer canon yang kamu miliki tintanya bisa jadi lebih hemat. Untuk dapat menggunakan fitur penghemat tinta printer ini, mari simak langkah-langkah berikut ini:

Cara Menghemat Tinta pada Printer Canon

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka pengaturan printer > Klik Start > Devices and Printers
  2. Selanjutnya klik kanan pada opsi printer canon yang kamu gunakan, lalu klik Printer Properties
  3. Kemudian pilihlah Tab Maintenance lalu klik Custom Setting.
  4. Langkah terakhir, pada tampilan Costum Setting geser panah ke arah Short lalu klik OK.
  5. Finish.

Demikianlah langkah-langkah menghemat tinta printer canon dengan cara mengaktifkan fitur Ink Drying Wait Time. Mudah kan, caranya? Pastikan kamu melakukannya secara berurutan, ya.

Lalu bagaimana bagi kamu yang tidak menggunakan printer canon dan ingin menghemat tinta? Tak perlu khawatir, bagi kamu yang tidak menggunakan printer canon, bisa menyimak tips berikut ini agar tinta printer kamu menjadi lebih irit dan hemat.

Lihat juga: Printer Error Setelah Isi Ulang Tinta

Tips Menghemat Tinta pada Semua Printer

Perhatikan kualitas gambar

Sebelum mencetak dokumen bergambar, perhatikan dulu keperluan gambar tersebut. Jika mencetak gambar itu hanya untuk sesuatu yang kurang penting, biasakan menggunakan mode standar saja. Jangan menggunakan mode hight.

Atau kamu bisa mengurangi kecerahan pada gambar tersebut. Karena mengurangi kecerahan juga bisa menghemat tinta printer. Intinya jangan terlalu sering mencetak gambar-gambar yang kurang penting. Selain menghemat tinta, kamu juga bisa menghemat kertas.

Gunakan Print Preview 

Biasakan gunakan fitur Print Preview. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa melihat dokumen yang akan dicetak. Dengan melihat dokumen yang akan dicetak, kamu bisa mengkoreksi apakah file sudah siap dicetak atau masih ada yang salah dan harus diperbaiki.

Jika masih ada yang salah, segeralah perbaiki, baru print deh. Dengan meminimalisir kesalahan cetak ini, tentunya kamu bisa menghemat tinta printer.

Perhatikan jenis huruf (font)

Perhatikan jenis huruf yang kamu gunakan, huruf-huruf dengan model alay biasanya memiliki ketebalan yang berbeda dan akan memakan banyak tinta saat dicetak. Biasakan menggunakan huruf-huruf resmi yang lebih tipis. Ini bisa lebih menghemat tinta.

Kurangi Head Cleaning

Jika kamu terlalu sering menggunakan fitur Head Cleaning pada printer, jangan heran kalau tinta printer kamu gampang habis. Karena ketika melakukan Head Cleaning, banyak tinta yang terbuang dan terkuras. Jadi saran dari kami, aturlah penggunaan fitur Head Cleaning secara berkala dan tidak digunakan berulang kali pada waktu yang bersamaan.

Lihat juga: Cara Mengatasi Cartridge Not Recognized

Demikianlah cara menghemat tinta printer canon dan printer yang lainnya. Mudah kan? Semoga kamu bisa mempraktikkannya, sehingga tinta printer yang kamu gunakan akan menjadi lebih awet dan irit.

Jika tinta printer awet, tentu saja kamu juga bisa menghemat pengeluaran untuk keperluan lainnya. Semoga tips tadi bermanfaat untuk pengunjung semua.

BERI KOMENTAR