Cara Menghentikan Printer yang Berjalan

Salah ngeprint dokumen? dan mau menghentikannya, berikut ini adalah cara menghentikan printer yang berjalan.

Cara Menghentikan Printer yang Berjalan

Ceroboh.com – Pernahkah kamu salah mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak? Dan ketika di tengah proses pencetakan berlangsung, ingin membatalkan proses cetak tersebut.

Masalah seperti ini seringkali terjadi karena keteledoran kita sendiri yang kurang teliti pada saat mencetak dokumen. Namun yang namanya manusia tidak luput dari sifat itu, jadi kesalahan saat mencetak dokumen tentu wajar-wajar saja. Bahkan admin ceroboh.com pun pernah mengalaminya.

Banyak alasan penyebab kita membatalkan proses printing selain kesalahan mencetak dokumen/file, kadang jumlah settingan yang akan diperbanyak juga salah, terlalu banyak misalnya.

Atau bisa juga masih ada file yang belum dirapikan atau belum di-edit malah terlanjur di cetak. Nah, kesalahan-kesalahan itu yang memaksa kita harus menghentikan printer ketika proses pencetakan berlangsung.

Baca juga: Mengatasi printer tidak bisa ngeprint

Menghentikan printer atau mematikan printer tentu ada caranya. Jika kamu salah dalam mematikan printer tentunya ini bisa berakibat fatal pada printer yang kamu miliki. Jika mematikannya dengan cara yang salah bisa menimbulkan kerusakan pada printer atau pada salah satu komponen yang ada pada printer tersebut.

Salah satu cara yang salah ketika mematikan printer yaitu dengan cara mencabut langsung dan menarik kertas yang sudah masuk area cetak print. Hal yang seperti ini sangat tidak bagus untuk printer kamu.

Berikut ini Langkah-langkah cara menghentikan printer yang berjalani:

Cara Menghentikan Printer Saat Proses Mencetak

Perlu diperhatikan, jika proses pengiriman dokumen ke printer masih berlangsung dan belum memulai mencetak, kamu bisa langsung menekan tombol Esc pada keyboard. Atau bisa juga klik tanda X pada progress bar yang muncul di layar komputer/laptop di bagian Status Bar.

Namun apabila proses pengiriman dokumen sudah selesai, dan printer sudah mulai mencetak satu persatu, maka kamu harus melakukan cara di bawah ini:

  1. Langkah pertama bisa dengan cara mengambil tumpukan kertas kosong yang belum masuk ke dalam area cetak printer. Pada beberapa printer, jika kehabisan kertas biasanya secara otomatis akan muncul dialog perintah memasukan kertas. Namun kamu klik Cancel saja proses print tersebut untuk membatalkan proses cetak.
  2. Jika tidak muncul perintah memasukkan kertas, maka kamu harus melakukannya secara manual. Caranya klik Menu Star > pilih Devices and Printers > lalu klik kanan pada printer yang digunakan > kemudian klik item See What’s Printing.
  3. Kemudian akan muncul kotak printing, kamu bisa menghentikan seluruh proses printing yang sedang berlangsung dengan memilih perintah Cancel dengan klik kanan pada antrian printer yang akan dihentikan.

Tambahan:

Langkah nomor dua bisa kamu lakukan dengan cara mencari icon printer di bagian kanan pojok bawah menu windows. Klik dua kali icon printer tersebut, nanti akan muncul kotak printing. Setelah muncul kotak printing, kamu tinggal praktikkan langkah nomor tiga.

Demikian penjelasan cara menghentikan printer yang berjalan. Setelah mengetahui cara ini, ceroboh.com menyarankan untuk tidak mematikan printer dengan mencabut langsung tombol power, karena bisa menyebabkan kerusakan pada printer. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah aman yang sudah dijelaskan tadi.

Lihat juga: Keunggulan menggunakan printer infus

BERI KOMENTAR