Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja Paling Mudah

Cara menghilangkan rasa malas bekerja sebenarnya gampang-gampang sulit. Tapi dengan menerapkan 6 prinsip ini dijamin akan terasa mudah.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja Paling Mudah
ilustrasi dari freepik

Ceroboh.com – Setiap orang pasti pernah diserang penyakit bernama malas. Apalagi para pekerja yang setiap hari menjalani rutinitas yang hampir sama.

Mereka seringkali merasa bosan, jenuh dan tak bersemangat. Akibatnya mereka sering diserang kemalasan yang susah dikendalikan.

Sebuah eksperimen Univesity of Missouri mengatakan bahwa kemalasan adalah bawaan gen. Itu diterapkan pada tikus.Tapi menurut saya, itu tak sepenuhnya benar.

Menurut saya malas itu bisa diperbaiki seiring berjalannya waktu.

Lalu, bagaimana sih, cara menghilangkan rasa malas bekerja?

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa diterapkan ketika kita diserang malas saat bekerja:

Cobalah Recheck Why Kamu

Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja Paling Mudah
foto instagram/@gi_homes

Cara pertama untuk mengatasi kemalasanmu dalam bekerja adalah dengan mengecek kembali why yang ada pada dirimu. Sebab konsep Start With Why benar efektif untuk menentukan faktor apa yang bikin malas kerja.

Konsep ini sebenarnya pertama kali dicetuskan oleh Simon Sinek. Nah, kamu bisa menerapkan Start With Why dengan menatap cermin yang ada di kamarmu. Lalu berbicaralah heart to heart kepada dirimu sendiri. Sebenarnya kenapa sih, aku kok jadi males kerja?

Kalau Why dalam dirimu sudah kamu temukan jawabannya, kemungkinan kemalasanmu akan berkurang dan kamu akan kembali semangat bekerja.

Terapkanlah Konsep IKIGAI

Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja Paling Mudah
foto instagram/@k8.hargrave

Kamu pernah mendengar sebuah buku yang sempat trending berjudul “IKIGAI”? Di dalam buku tersebut dijelaskan bahwa masyarakat Jepang yang tinggal di Okinawa menerapkan konsep Ikigai dalam bekerja dan bangun pagi.

Lalu apa sih, dasar-dasar IKIGAI? Dasar IKIGAI memiliki empat poin utama. Poin tersebut di antaranya yaitu what you love, what the world needs, what you are good at. Dan yang terakhir, what you can get paid for.

Coba deh, cek kembali empat poin tersebut pada dirimu. Sebenarnya apa yang kamu senangi? Apa mungkin pekerjaanmu bukan passionmu? Haruskah kamu berpindah karier, misalnya.

Jika kamu sudah menerapkan prinsip dasar IKIGAI, kemalasanmu akan berkurang.

Baca juga: Etos Kerja Orang Jepang

Terapkanlah Prinsip The Do Something Principle

Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja Paling Mudah
foto instagram/@purely_laura_

Cara menghilangkan rasa malas bekerja selanjutnya untuk mengatasi kemalasanmu dalam bekerja yaitu terapkanlah prinsip The Do Something. Pernah nggak, baca bukunya Mark Manson yang mendunia itu?

Di dalam buku Manson yang berjudul, “The Subtle Art of Not Giving A F*ck” dijelaskan bahwa untuk menghalau kemalasan ketika bekerja, kamu bisa memulainya dari hal yang paling kecil terlebih dahulu dalam menyelesaikan pekerjaanmu.

Manson memberi contoh dirinya sendiri dalm bukunya. Setiap kali dia malas untuk menulis, hal kecil yang sebenarnya penting sebelum melanjutkan menulisnya ya dia memaksakan diri menulis dua tiga kalimat di laptopnya.

Jika sudah menulis meski sedikit, justru itu yang membuat semangatnya naik lagi. Dan tentu ini akan berdampak pada menulisnya yang kembali maksimal.

 Kamu juga bisa melakukan ini. Jika pulang kerja kamu malas karena memilih goleran sembari main smartphone dulu, bisa jadi kamu malah akan tertidur. Padahal, to-do-list yang ada di papanmu masih menumpuk.

Coba deh, mandi dulu saja. Hal sederhana yang sebenarnya penting ini jika diterapkan perlahan akan mengurangi rasa malasmu.

Badanmu bugar, semangatmu naik dan kerjamu menjadi optimal. Ingat, ya. Motivasi tumbuh dari aksi kecil yang terpaksa kamu lakukan.

Susunlah to-do-list dan Patuhi!

Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja Paling Mudah
foto instagram/@thebookiegirl_

Membuat to-do-list dalam pekerjaan adalah hal yang sangat penting. Ini akan memudahkan kita untuk mengingat apa yang harus dikerjaan. Pula, kita akan tahu apa yang mestinya dikerjain duluan dan apa yang mesti dikesampingkan.

Coba pakailah sebuah tools bernama Eisenhower Box. Di dalam tools  ini pekerjaanmu akan dikategorikan dalam empat bagian:

  • Penting dan mendesak
  • Penting tapi tidak mendesak
  • Tidak penting tapi mendesak
  • Tidak penting dan tidak mendesak

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Google Keep yang disediakan Google. Google Keep sengaja dirancang Google untuk memudahkan mencatat hal-hal penting dan tak khawatir hilang karena sudah sinkron dengan akun Google kita di HP.

Untuk aplikasi lain kamu bisa memakai Trello. Trello biasa dipakai untuk to-do-list tim dalam perusahaan start-up. Sebab Trello bisa terhubung satu sama lain.

Bergaullah dengan Lingkungan Positif

Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja Paling Mudah
foto instagram/@vam_teplo

Pernah mendengar istilah mendekat dengan penjual minyak wangi kita jadi ikutan wangi? Meskipun kita tak memakai minyak wanginya.

Nah, agar tak malas bekerja memang cara efektifnya sebaiknya kita bergaul dengan lingkungan yang di dalamnya minim orang-orang malas. Kamu akan ikut semangat karena teman di sebelahmu juga semangat.

Lihat juga: Pekerjaan Sampingan Di Malam Hari

Jangan Malas!

Cara Menghilangkan Rasa Malas Bekerja Paling Mudah
foto instagram/@petyawebdesign

Sebenarnya satu-satunya cara menghilangkan rasa malas bekerja tuh ya, jangan malas bekerja!

Ya caranya gimana, bosqueee biar nggak malas?

Kan udah disebutin di atas.

Nah, itulah tips-tips agar kamu tak malas bekerja. Semoga setelah membaca ini kemalasanmu segera mereda. Semangat qerja bagai quda!

BERI KOMENTAR