Cara Mengisi Tinta Pada Printer Infus Canon

Cara mengisi tinta pada printer infus canon tidaklah sulit, kamu hanya perlu memperhatikan beberapa langkah yang sudah saya paparkan ini.

Cara Mengisi Tinta Pada Printer Infus Canon
Cara Mengisi Tinta Pada Printer Infus Canon

Ceroboh.com – Tinta printer infus canon kamu habis, namun bingung bagaimana cara mengisi tintanya? Sebenarnya kamu gak usah bingung. Karena cara mengisi tinta printer dengan model infus tidak begitu sulit. Berbeda dengan printer yang tanpa infus, kamu harus membuka cartridge printer terlebih dahulu. Dan itu memakan waktu yang lama lagi.

Memang printer infus memiliki banyak keunggulan. Untuk keunggulannya kamu bisa baca artikel: Keunggulan printer yang di infus.

Dari salah satu keunggulannya yaitu sangat mempermudah ketika proses pengisian tinta printer. Namun mudahnya mengisi tinta printer infus jangan kamu anggap sepele juga. Karena ketika kamu salah dalam pengisian tinta ini, sangat berakibat fatal terhadap printer kamu.

Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara mengisi tinta pada printer infus canon yang baik dan benar. Tentunya bertujuan agar printer yang kamu miliki tetap terjaga dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Silahkan kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Cara Mengisi Tinta Pada Printer Infus Canon

Langkah paling pertama untuk mengisi tinta pada printer yang di infus yaitu kamu harus mempersiapkan terlebih dahulu alat-alat yang akan kita gunakan nanti.

Di antaranya yaitu penjepit kerta, jarum suntik, tisu kering dan refill tinta isi ulang—yang pastinya harus sesuai dengan merek printer yang kamu punya. Jika alat-alat tersebut sudah tersedia, maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Jepit selang infus menggunakan penjepit kertas yang sudah disediakan.
  2. Kemudian buka tutup tabung tinta yang akan kamu isi tintanya.
  3. Lalu isikan tinta secara perlahan ke tabung tinta tersebut dengan menggunakan jarum suntik.
  4. Selanjutnya, lakukan head cleaning. Pada saat pertengahan proses head cleaning, buka penjepit secara perlahan.
  5. Langkah terakhir coba gunakan printermu itu dan tunggu hingga proses print selesai.

Langkah Mengisi Tinta Pada Printer Infus Canon

  • Menjepit selang infusan dengan penjepit kertas sebelum proses pengisian tinta bertujuan untuk memutuskan aliran tinta ke dalam cartridge. Sehingga ini bermanfaat untuk mencegah tinta yang mengalir bebas ke dalam cartridge yang bisanya sering menyebabkan kebanjiran tinta atau kelebihan tinta.
  • Pada saat pengisian tinta dan pada saat printer digunakan untuk mencetak, tutup tabung infusan harus pada posisi terbuka. Hal ini bertujuan untuk memperlancar aliran tinta yang akan mengalir ke cartridge. Namun ketika printer dalam kondisi tidak digunakan, kamu harus menutup tabung tersebut. Hal ini bertujuan supaya tabung tidak kemasukan debu. Dan kamu bisa membukanya kembali saat akan digunakan.
  • Menggunakan fasilitas head cleaning bisa membuat hasil cetakan menjadi lebih bagus. Namun jangan terlalu sering melakukannya. Karena head cleaning bisa menguras tinta. Selain itu, melakukan head cleaning yang terlalu sering bisa menyebabkan kerusakan pada head cartridge. Setelah melakukan pengisian tinta, cukup sekali saja melakukan head cleaning.

Bagaimana? Mudah kan, langkah-langkah cara mengisi tinta pada printer infus canon? silahkan dicoba dengan hati-hati yaa.

Oh iya. Biasakan pada saat pengisian tinta gunakan sarung tangan plastik. Ini bermanfaat agar tangan kamu tidak terkena noda tinta printer yang berceceran saat proses pengisian tinta. Jika ada yang mau ditanyakan, janganlah sungkan untuk berkomentar di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

BERI KOMENTAR