Cara Mengisi Toner Printer Laser Jet Dengan Benar

Tinta dan toner itu berbeda, jadi berbeda pula cara mengisi ke printernya. Yuk, simak cara mengisi toner printer laser jet berikut ini.

Cara Mengisi Toner Printer Laser Jet Dengan Benar

Ceroboh.com – Printer laser merupakan printer yang memiliki banyak keunggulan. Mungkin di lain waktu kita akan membahas tentang keunggulan dari printer laser ini. Karena pada kesempatan kali ini, Saya akan membahas topik lain. Yaitu cara mengisi toner printer laser jet.

Maka dari itu, kita tidak akan gamblang membahas satu satu keunggulan dari printer laser. Salah satu keunggulan dari printer laser adalah kita bisa menghemat tinta berkali lipat.

Kenapa demikian? Karena printer laser tidak menggunakan tinta cair yang notabene-nya lebih boros dan cepat habis. Printer laser menggunakan tinta serbuk sehingga penggunaannya bisa lebih awet dan irit.

Namun di balik keunggulannya, ada juga kelemahannya meski menggunakan tinta serbuk kita bisa berhemat lebih banyak. Tapi pengisian ulang tinta serbuk tidaklah mudah seperti mengisi ulang printer dengan tinta cair.

Karena saking susahnya, sampai-sampai ada juga yang menawarkan jasa pengisian tinta printer jenis laser.

Biaya untuk membayar tukang isi ulang ini nggak murah loh! Biasanya sekitar seratus ribu sekali pengisian. Bayangkan saja, kalo dalam sebulan kamu hampir ganti tinta 5 kali, tentunya akan dalam sebulan pula kamu mengeluarkan uang setengah juta. Mahal cuy!

Maka dari itu, untuk mengatasi masalah yang satu ini, kamu harus menjadi orang yang mandiri. Termasuk mandiri dalam mengisi tinta. Lumayan kan, anggarannya bisa digunakan untuk keperluan lain lagi.

Nah, mau tahu cara mengisi toner printer laser jet? Kalau mau tau, mari simak penjelasan cara mengisi toner pada printer berikut ini:

1. Buka Scrupt Drum

Berdasarkan pengalaman, cara pengisian toner tidak melalui lubang yang kita buat. Melainkan dengan membuka drum film. Caranya yaitu dengan membuka scrup yang ada di samping kiri dan kanan.

Jika drum film sudah longgar, cabut drum secara perlahan (jangan sampai rusak atau cacat ) dengan menggunakan salah satu sisi cartridge yang longgar. Awas! Jangan sampai patah. Lakukan secara hati-hati.

2. Putar Gear Cartridge

Setelah drum film terlepas dari cartridge, akan terlihat magnet roll yang berwarna hitam. Ini tempat toner. Kemudian putar gear cartridge ( hati-hati jangan sampai salah arah). Jika salah, toner akan keluar dari magnet roll-nya. Apabila sudah terjadi kesalahan, maka lakukan pemutaran gear ke arah yang berlawanan.

3. Masukan Toner

Apabila putaran gear sudah benar, masukan toner sedikit demi sedikit sambil memutar gear-nya. Memang melakukan ini agak sedikit repot dan kotor. Tapi cara ini adalah cara yang sangat memuaskan hasilnya.

Jadi, agak bersabar, ya. Untuk memasukkan toner ke magnet roll, gunakan kertas sebagai sendoknya. Biasanya maksimal hanya 200 gram untuk satu cartridge.

4. Lakukan Pembersihan

Setelah selesai diisi, jangan langsung dipasang terlebih dahulu drumnya. Lakukan dulu pembersihan pada karet (blit) agar tidak kesat. Jika karet kesat, biasanya akan merusak drum film.

Jika karet (blit) sudah bersih, langkah terakhir adalah pasang kembali drum filmnya. Tentunya harus dilakukan dengan hati-hati.

5. Finish

Demikian panduan cara mengisi toner printer laser jet.Mudah kan,caranya? Perlu diperhatikan, saat melakukan pengisian toner, jangan sampai drum rusak atau karet (blit) rusak.

Karena apabila drum rusak, biasanya terlihat hasil cetak yang kurang jelas atau menimbulkan garis-garis vertikal/horizontal.

Sedangkan apabila karet (blit) rusak, akan menghasilkan cetakan nampak bergaris, entah vertikal atau horizontal. Maka dari itu, lakukan perawatan dengan baik, agar keduanya tidak rusak. Semoga bermanfaat.


Lihat juga:

BERI KOMENTAR