Cara Mengubah Printer Offline Jadi Online Dengan Mudah

Printer offline? kemudian tidak bisa ngeprint dokumen. Maka kali ini ceroboh.com akan membahas cara mengubah printer offline jadi online.

Cara Mengubah Printer Offline Jadi Online Dengan Mudah

Ceroboh.com – Printer adalah salah satu perangkat keras yang sering berpasangan dengan laptop/komputer. Printer sering digunakan untuk mencetak dokumen baik berupa teks, gambar maupun jenis lainnya.

Namun seiring berkembangan zaman, printer sekarang bisa langsung disambungkan dengan perangkat smartphone berbasis android atau iOS.

Kemudian, selain dapat digunakan untuk mencetak, sekarang juga sudah banyak tipe printer multifungsi yang bisa digunakan untuk scan dan fotokopi juga. Mantap kan, perkembangan zaman?

Permasalahan Printer Offline

Aktifitas mencetak dokumen atau sering disebut nge-print sudah biasa dilakukan oleh beragam kalangan. Mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa orang kantoran, sampai industri rumahan. Hal ini dikarenakan kebutuhan pencetakan dokumen sebagai tanda fisiknya harus ada berupa hardcopy.

Namun aktivitas mencetak dokumen ini kadang ada kendalanya. Selain kerusakan berat pada komponen printer sampai masalah sepele printer mendadak offline. Pernahkah mengalami printer offline? Padahal kamu sudah menyalakan printer dan sudah menghubungkan kabel USB printer ke komputer/laptop.

Ketika akan mencetak dokumen, malah ada pemberitahuan printermu offline. Sehingga kegiatan mencetakmu menjadi terhambat.

Jika mengalami printer offline, jangan panik dulu. Kamu bisa lakukan mengubah printer offlinejadi onlinedengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Artikel lain: Cara Reset Printer Epson L210

Bagaimana Cara Mengubah Printer Offline jadi Online Lagi?

  1. Pastikan USB printer sudah terhubung ke laptop/computer dan printer serta komputer dalam keadaan nyala.
  2. Klik menu Start, pilih Hardware and Printer . Nantinya kamu akan disajikan dengan tampilkan daftar printer yang pernah terhubung ke komputer.
  3. Jika sudah tampil daftar printer tersebut. Selanjutnya klik kanan pada merek/jenis printer yang akan kamu gunakan. Dan pilih Set As Default Pinter.
  4. Langkah itu akan memerintahkan jenis printer yang dipilih sebagai Default, atau otomatis printer Online.
  5. Kemudian Pada saat akan mencetak dokumen Ms. Word, pastikan setelah menekan tombol CTRL+P jenis printer yang akan digunakan, sudah sesuai pengaturannya.
  6. Finish

Demikaian cara mengubah printer offline jadi online lagi. Mudah kan, caranya? Jika cara ini masih saja tidak berhasil, kamu bisa baca artikel tentang Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Mencetak Dokumen.

Mungkin ada pengaturan lain yang belum disesuaikan. Pada artikel tersebut, sudah dijelaskan beberapa cara mengatasi printer yang offline atau tidak bisa mencetak dokumen. Semoga bermanfaat.

Lihat juga: Tips Memilih Tinta Printer Yang Berkualitas