Cara Menjual Produk Agar Laris Dan Diminati Banyak Konsumen

Inilah cara menjual produk agar laris dan banyak diminati oleh para konsumen. Perhatikan 10 tips yang sudah saya jelaskan pada artikel ini.

Cara Menjual Produk Agar Laris Dan Diminati Konsumen
ilustrasi freepik/@stories

Ceroboh.com – Kini dunia bisnis dan marketing semakin maju. Tak salah jika banyak dari para pebisnis berlomba untuk sukses dalam memajukan bisnisnya.

Sebagai pebisnis yang cerdas, tentunya tak hanya kualitas produk saja yang mesti diperhatikan Namun promosi yang optimal kadang menjadi hal penentu suatu produk laris di pasaran.

Bahkan dalam dunia marketing, ada teori bahwa yang mengatakan bahwa agar suatu produk efektif, biaya promosi harus dua kali lipat dari biaya produksinya.

Semisal kita mengeluarkan biaya produksi HP milik kita sebesar 100 juta. Maka, biaya promosi yang efektif harus dikeluarin ya 200 juta.

Sebagus apapun produk, jika teknik promosinya salah tentu produk tersebut tak banyak dikenal orang. Jadi wajar jika ada perusahaan-perusahaan besar yang rela merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk promosi.

Lalu, bagaimana sih sebenarnya cara menjual produk agar laris di pasaran dan diminati oleh pelanggan?

Inilah 10 cara agar produk laris dan laku keras di pasaran:

Pastikan Pasarmu Tepat

Cara Menjual Produk Agar Laris Dan Diminati Konsumen
foto instagram/@vintageafterdeath

Cara pertama yang mungkin bisa kamu terapman agar produk yang kamu jual laris di pasaran adalah dengan memastikan bahwa pasar yang kamu pilih tepat.

Apalagi jika dana promosimu terbatas. Kamu bisa menfokuskan pasarmu pada suatu komunitas tertentu yang di situ mereka butuh produkmu.

Jika dalam komunitas tersebut produkmu sudah dikenal dan memiliki pasar di situ, selanjutnya kamu bisa memperluas target pasarmu.

Manfaatkan Online Marketing

Cara Menjual Produk Agar Laris Dan Diminati Konsumen
foto instagram/@mr.ktty

Karena dunia digital semakin maju, tak ada salahnya kamu memanfaatkan promosi dalam bentuk online marketing.

Misalnya saja. Kamu membuat grup di Whatsapp-mu untuk sharing-sharing hal bermanfaat di dalamnya yang berkaitan dengan produkmu.  Buat kelas online yang free.

Nah, selanjutnya kamu bisa promosikan produkmu di grup Whatsapp tersebut.

Buatlah Produk Yang Sedang Viral

Cara Menjual Produk Agar Laris Dan Diminati Konsumen
foto instagram/@cozyshopstl

Cara selanjutnya yaitu membuat produk yang saat itu sedang diminati banyak kalangan alias sedang viral.

Cara ini termasuk cara efektif juga agar produkmu laris di pasaran. Misalnya saja ketika Bulan Ramadhan kamu menjual produk kurma. Tentu saja kurma akan laris jika di Bulan Ramadhan.

Sebab pada Bulan ini banyak orang yang membeli kurma untuk keperluan berbuka mereka.

Bikinlah Give Away untuk Konsumen

Cara Menjual Produk Agar Laris Dan Diminati Konsumen
foto instagram/@cozyshopstl

Cara menjual produk agar laris selanjutnya dengan membuat Give Away. Siapa sih yang tak suka give away atau hadiah? Semua orang pasti menyukai hadiah. Ini menjadi kesempatanmu untuk promosi produkmu agar laris.

Misalnya saja. Ketika kamu ingin lounching buku milikmu. Di waktu-waktu pre-order bukumu, kamu bisa sekalian membuat give away.

Dengan give away, secara tidak langsung mereka yang ikut give away akan membantumu melakukan promosi. Selanjutnya, bukumu akan semakin dikenal banyak orang.

Berbagi Ilmu, Membuat Kelas Online

Cara Menjual Produk Agar Laris Dan Diminati Konsumen
foto instagram/@vintageafterdeath

Selanjutnya kamu bisa membuat kelas online seperti yang dijelaskan pada poin ke 2. Kamu bisa membuka kelas-kelas bisnis atau kelas-kelas muslimah (jika produkmu baju muslimah) yang bermanfaat.

Misalnya saja kelas yang membahas mengenai tips-tips menjadi pebisnis muslimah yang sukses. Atau bahasan lain yang sekiranya bermanfaat dan menarik banyak orang untuk ikutan.

Jaga Attitude-mu Sebaik Mungkin

Cara Menjual Produk Agar Laris Dan Diminati Konsumen
foto instagram/@tiernantravel

Sebenarnya ini yang paling penting, sih. Melayani pelanggan dengan attitude dan pelayanan yang maksimal akan membuat kesan tersendiri di hati para pelangganmu. Ini bisa menjadi cara menjual produk agar laris yang paling efektif.

Setelah tahu kalau attitude dan pelayananmu baik, mereka akan menceritakan hal tersebut kepada temannya,

“Wah, penjualnya baik banget tadi. Nanti kalau mau beli-beli di situ lagi aja ah!!”

Akhirnya mereka berlangganan produkmu karena pelayananmu yang maksimal. Dan tentu saja produkmu semakin laris.

Kamu bisa membca materi tentang: Cara Menjaga Loyalitas Pelanggan Agar Bisnis Tetap Jaya

Menggunakan Iklan Berbayar

Cara Menjual Produk Agar Laris Dan Diminati Konsumen
foto instagram/@cozyshopstl

Bagi yang memiliki dana lebih untuk promosi, kamu bisa memanfaatkan iklan berbayar seperti Facebook Ads atau Instagram Ads.

Ini juga sangat efektif untuk keberlangsungan semakin terkenalnya produkmu. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa membaca artikel Jenis-jenis iklan berbayar.

Maksimalkan Teknik Copy Writing

Cara Menjual Produk Agar Laris Dan Diminati Konsumen
foto instagram/@yiyi__yi_

Tahu kan apa itu copy writing? Copy writing adalah sebuah teknik promosi dengan menggunakan kata-kata manis yang membuat konsumen terbujuk rayuan kita.

Maka dari itu, keahlian copy writing bagi pebisnis sangat penting. Ini bertujuan untuk menarik konsumen-konsumen–terutama pada cewek yang mudah terbuai kata-kata manis.

Buatlah Konten Marketing Semenarik Mungkin

Cara Menjual Produk Agar Laris Dan Diminati Konsumen
foto instagram/@europas_reich

Konten produk yang bagus akan membuat konsumen tertarik dengan produk kita. Misalnya saja. Membuat video menarik seperti pada tutorial di bawah ini.

Lalu gunakan gambar yang sudah didesain terlebih dahulu. Untuk lebih lengkap kamu bisa belajar dan membaca:

Hindari Produk Kaleng-kaleng

Cara Menjual Produk Agar Laris Dan Diminati Konsumen
foto instagram/@forest_gift_shop_

Yang terakhir, cara menjual produk agar laris adalah dengan membuat broduk yang bukan kaleng-kaleng. Ini artinya kamu semestinya membuat produk yang berkualitas. Jika kamu membuat produk yang kaleng-kaleng kemungkinan konsumen akan kecewa dengan produkmu dan malah kapok membelinya lagi.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu praktikkan agar produkmu laris di pasaran. Sudahkah kamu mempraktikan salah satunya? Jika belum, yuk perbaiki ritme berbisnismu.

BERI KOMENTAR