6 Cara Menyusun Manajemen Keuangan Sebuah Bisnis

Cara menyusun manajemen keuangan sebuah bisnis sebenarnya sangatlah mudah, berikut ini akan dijelaskan beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

CEROBOH.COM – Menjadi seorang wirausaha bukan hal mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Di antara banyak hal tersebut salah satu di antaranya adalah dalam menyusun manajemen keuangan agar tidak bocor dan bisa tersusun dengan teratur dan rapi. Sehingga, tidak asal-asalan dalam menyusunnya.

Dalam mengatur dan menyusun keuangan usaha bisnis, kita memerlukan keahlian dan ketelatenan yang tidak semua orang mampu melakukannya. Jika kita menghitung keuangan da nada satu angka yang berbeda di hasil akhirnya, tentu saja ini akan membuat keuangan bisnis kita akan bubar. Kita harus memulai dari awal—mencari-cari sumber kesalahan tersebut sampai benar-benar ketemu.

Hal inilah yang membuat para pengusaha atau para pebisnis kadang-kadang sengaja menyewa seorang ahli keuangan untuk mengontrol arus keuangan bisnis kita berjalan dan bermuara. administrator ahli keuangan ini nantinya yang akan membuat prosedur arus keluar masuk keuangan dengan benar dan tepat.

Lalu, bagaimana sih cara menyusun manajemen keuangan dengan baik dan benar supaya tidak bocor?

Nah, berikut ini adalah beberapa cara menyusun manajemen dalam keuangan agar bisnis kita tetap lancar dan bisa menghasilkan keuntungan:

1. Susun Budgeting Dengan Tepat dan Teratur

Cara Menyusun Manajemen Keuangan 6

Cara pertama untuk menyusun manajemen keuangan dengan baik dan benar adalah dengan menyusun budgeting dengan tepat dan teratur. Kamu bisa menyusun budgeting sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Jadi, dengan kita menyusun budgeting ini, kita akan bisa lebih mengontrol bisnis kita.

Dengan kita menyusun budgeting, kita akan lebih bisa mengontrol dan membatasi pekerjaan kita. Hal ini akan menjadikan bisnis kita lebih efisian dan akan lebih teratur.

2. Jadikan Keuntungan Bisnis Untuk Mengembangkan Usaha

Cara Menyusun Manajemen Keuangan 6

Selanjutnya cara menyusun manajemen keuangan dalam bisnis yang kita kembangkan adalah dengan menjadikan keuntungan bisnis untuk mengembangkan usaha. Dengan menjadikan keuntungan kita untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar dan memiliki pasar yang lebih luas, maka usaha kita akan semakin besar dan semakin sukses.

Pernyataan jika kita bekerja keras, kita juga berhak untuk menikmatinya—termasuk keuntungan usaha kita. Akan tetapi jika hanya boros-borosan dan menghabiskan dana keuntungan bisnis, tentu saja akan membuat bisnis kita—alih-alih berkembang, justru malah semakin menurun perkembangannya.

3. Bedakan Antara Uang Bisnis Dengan Uang Pribadi

Cara Menyusun Manajemen Keuangan 6

Satu hal lain yang harus dicatat oleh para pebisnis dalam mengelola keuangannya adalah dengan membedakan antara keuangan bisnis dengan uang pribadi. Nah, dengan memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis, tentu saja akan membuat keuangan bisnis kita lebih teratur dan lebih rapi.

Jangan sampai keuangan bisnis kita berantakan hanya dikarenakan kita tidak memisahkan antara uang bisnis dengan uang pribadi yang kita miliki. Nanti akan mengakibatkan kesalahan fatal dan bisnis malah semakin menurun perkembangannya.

Lakukanlah pembukuan keuangan dengan rapi, ya. Nah, jika kamu kerepotan mengatur keuangan secara manual, kamu bisa menggunakan aplikasi keuangan di playstore. Banyak, kok.

Baca juga: Peluang Bisnis Gym Hasilkan Uang Mengalir Tanpa Henti

4. Lakukan Pengawasan Ketat Kas Yang Masuk Keluar

Cara Menyusun Manajemen Keuangan 6

Tahu nggak sih, cara menyusun manajemen keuangan yang penting juga adalah dengan melakukan pengawasan ketat kas yang masuk dan kas yang keluar. Sebab, seringnya jika kita melakukan penyusunan keuangan, bukanlah hal yang gampang. Butuh keahlian-keahlian yang tidak semua orang memilikinya. Misalnya saja, keahlian telaten dan keahlian teliti yang tinggi.

Rajin-rajinlah melakukan maintain dalam arus keuangan masuk dan arus keluar. Jadi, jika memang keuangan dipegang oleh karyawan, kamu harus rajin meminta update terbaru. Jangan lupa cek terus, ya!

5. Catat Buku Kas Yang Kamu Miliki Rapi

Cara Menyusun Manajemen Keuangan 6

Selanjutnya, cara agar kita bisa menyusun manajemen keuangan bisnis yang kita miliki adalah bahwa kamu harus memastikan bahwa buku kas  bisnismu tercatat rapi. Kalau dilihat-lihat, terlalu banyak para pebisnis yang selalu menyepelekan pembukuan khas bisnis kita.

Padahal jika sebuah bisnis—sebesar apapun itu tidak melakukan pembukuan kas dengan rapid an tertata, tentunya bisnis tersebut akan gagal dan tidak akan membuat bisnis tersebut gagal. Dengan buku khas yang tercatat rapi, baik dari pengeluaran dan pemasukan. Maka keuntungan  bersih kita akan bersih.

6. Jangan Asal Melakukan Pengeluaran Kas

Cara Menyusun Manajemen Keuangan 6

Cara menyusun manajemen keuangan berikutnya adalah bahwa kamu jangan sampai asal melakukan pengeluar kas, ya. Kamu harus memerhatikan satu kata: hemat. Jangan sampai kamu melakukan pengeluaran tanpa melihat jumlah yang sudah ditentukan. Apalagi kalau kita mengeluarkan uang itu di awal bulan, akibatnya nanti bisnis kamu malah tidak terkontrol dan berantakan.

Usahakan untuk tidak mengambil barang-barang yang tidak penting-penting amat, ya. Jadi, langkahnya kamu harus membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Tulisan lainnya: Prospek Kerja Kedokteran Gigi dan Gaji Yang Diperoleh

Tagar:

BERI KOMENTAR