Cara Merawat Printer dengan Baik Agar Tidak Mudah Rusak

Cara merawat printer dengan baik sangat penting, fungsinya agar tidak mudah rusak dan tidak sering di reparasi. Sehingga tidak banyak keluar biaya.

Cara Merawat Printer dengan Baik Agar Tidak Mudah Rusak

Ceroboh.com – Sebenarnya pada saat pembelian printer kamu sudah dikasih buku panduan untuk perawatan printer tersebut agar tidak mudah rusak. Mudah sekali kan, perawatannya? Kamu cukup mengikuti panduan yang ada pada buku tersebut.

Namun sayangnya pada buku panduan itu hanya sebatas panduan teknis saja. Tidak membahas kondisi real saat kita menggunakan printer. Sehingga kita harus mengetahui cara merawat printer dengan baik.

Memiliki printer yang awet dan tetap bagus tentunya keinginan kita semua, kan? Jika demikian, pastinya kamu harus melakukan perawatan dengan baik dan tidak menggunakan printer itu dengan asal-asalan.

Perawatan printer yang baik juga tergantung pada kondisi dan lingkungan kamu ngenggunakan printer. Di rumah atau di kantor. Dan perawatan printer ini juga harus dilakukan dengan rutin dan penuh kehati-hatian. Hal ini agar printer yang kamu miliki tidak mengalami eror atau kerusakan yang fatal.

Apabila printer yang kamu miliki sudah mengalami tanda-tanda kerusakan atau sudah pernah mengalami kerusakan, maka mulai saat ini segera ubah cara perawatan printer kamu itu.

Agar ke depannya tidak mengalami lagi kerusakan suku cadang (sparepart) ataupun bagian komponen printer lainnya. Karena jika sparepart pada printer kamu rusak, kamu harus menggantinya dan hal itu akan mengharuskan kamu mengeluarkan biaya tambahan.

Biasanya biaya yang dikeluarkan untuk mengganti sparepart printer itu sekitar sepertiga dari harga printer tersebut.

Lalu bagaimana cara menjaga printer agar tetap awet meski sering digunakan?

Agar printer tidak mudah rusak, inilah cara merawat printer dengan baik agar tidak mudah rusak

Gunakan Printer dengan Teratur

 Tips yang pertama adalah menggunakan printer secara teratur. Karena printer yang jarang digunakan akan menyebabkan tinta mudah kering atau menggumpal. Ini menyebabkan tersumbatnya aliran tinta pada lubang cartridge sehingga hasil cetak kurang maksimal.

Biasakan menjaga pemakaian printer minimal tiga hari sekali dan jangan dibiarkan begitu saja sampai berhari-hari. Dengan penggunaan printer yang teratur, maka saluran tinta yang melewati nozzle akan lancar.

Namun sebaliknya, jika nozzle tersumbat karena tinta yang mongering, maka cartridge tidak akan berjalan dengan maksimal dan hasilnya akan kurang baik. Jika cartridge sudah rusak parah karena tidak bisa mengeluarkan tinta yang mengering, maka kita harus menggantinya dengan yang baru.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Tinta Printer

Mengisi Tinta Secara Berkala

Printer yang terus-menerus digunakan tentunya akan menguras tinta tersebut. Apalagi kamu sering menggunakannya untuk head cleaning, hal ini menyebabkan tinta menjadi lebih cepat habis.

Dan biasanya kita lupa dengan kondisi tinta pada tabung atau cartridge. Jika kamu lupa mengisi tinta hingga tinta pada tabung/cartridge benar-benar kosong ini bisa mengakibatkan ada udara yang masuk ke dalam selang pengisian tinta.

Hal ini akan membuat jalannya tinta tidak sempurna. Sehingga untuk perawatan yang satu ini selalu pastikan mengisi tinta secara berkala.

Matikan Printer dengan Benar

Cara mematikan printer yang benar adalah dengan menekan tombol ON/OFF printer tersebut. Dengan menekan tombol tersebut maka printer akan mati secara otomatis dan sebelum mati total printer otomatis akan membersihkan head printer sebelum kembali ke tempat semula seperti kondisi printer mati sebelumnya.

Keuntukan mematikan printer dengan cara demikian adalah head cartridge menjadi lebih terawat  dan terjaga kebersihannya  dari kotoran dan debu. Kemudian, jangan sekali-kali kamu mematikan printer dengan cara mencabut langsung kabel power dari sumber listrik atau mencabutnya saat proses pembersihan belum selesai.

Hal ini akan menyebabkan head printer berhenti secara mendadak di bagian tengah, sehingga bisa saja merusak head.

Lihat juga: Cara Mengatasi Hasil Cetak yang Putus-putus

Menjaga Kebersiha Printer

Printer sangatlah sensitif terhadap kotoran dan debu. Sehingga menjaganya dari kotoran dan debu sangatlah penting pada perawatan printer. Bersihkan debu-debu yang menempel pada printer dengan menggunakan kemoceng secara perlahan dan teratur.

Selain itu kamu juga bisa menutupi bagian atas printer dengan menggunakan plastik atau kain yang halus.Hal ini bisa mencegah masuknya kotoran dan debu pada saat printer tidak digunakan. Tentunya selain itu lingkungan atau kondisi di sekitar printer juga harus bersih dan terhindar dari kotoran yang mengganggu.

Kontrol Penutup pada Tabung Tinta

Pada saat digunakan biasanya penutup karet tabung penyimpanan tinta dibuka. Nah, hal ini harus kamu perhatikan. Biasakan tutup kembali tabung tersebut setelah kamu menggunakan printer. Hal ini agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalam tabung tinta.

Karena jika ada kotoran yang masuk, tinta bisa menggumpal dan menyebabkan aliran tinta tidak lancar dan tersumbat. Aliran tinta yang tersumbat akan menghambat proses pencetakan cartridge. Maka dari itu, biasakan mengecek tutup tinta pada tabung printer yang kamu miliki.

Menjaga Roll dan Tempat Masuk Kertas

Tempat masuk kertas dan roll seringkali menjadi hal yang terlupakan pada perawatan printer. Biasanya setelah melakukan pencetakan, sisa kertas suka dibiarkan begitu saja pada tempat masuk kertas dan tidak ditutup kembali. Biasakan untuk mengeluarkan sisa-sisa kertas yang sudah digunakan, dan menutup kembali tempat masuknya kertas.

Jika kamu tidak menutupnya, maka ini berpotensi akan kotoran dan debu masuk pada lubang tersebut. Kemudian debu juga bisa masuk ke bagian dalam roller melalui kertas yang terkena debu. Jika roller dibiarkan terus seperti itu, maka roller akan semakin kotor. Dan jika terus menerus digunakan roller, akan menjadi aus sehingga mengakibatkan printer semakin susah untuk membaca dan menyalurkan kertas.

Demikian cara merawat printer dengan baik agar tidak mudah rusak. Kamu dapat mempraktikkannya di rumah ataupun di kantor. Dengan melakukan perawatan-perawatan tersebut, printer yang kamu miliki akan menjadi lebih terjaga sehingga dapat dengan awet digunakan. Semoga bermanfaat.

Lihat juga: Mengatasi Kertas yang Nyangkut di Printer

BERI KOMENTAR