Cara Reset Printer Canon MP237 Ink Absorber Full

Cara reset printer canon MP237 Ink Absorber Full sangat mudah sekali. Pastikan kamu mengetahui apa penyebabnya.

Ceroboh.com – Printer canon merupakan merek printer yang banyak diminati dan paling banyak penggunanya. Tak aneh karena printer canon merupakan printer yang sangat ekonomis, namun memiliki kualitas yang terjamin.

Keunggulan dan Kekurangan Printer Canon MP237

Printer ini memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan printer merek lainnya. Salah satunya yaitu memiliki fasilitas yang beragam dan banyak sekali pilihan jenis printernya. Selain itu printer canon juga merupakan printer yang sangat mudah digunakan.

Di balik semua keunggulannya, yang namanya barang elekronik pasti ada rusaknya. Apalagi printer merupakan salah satu komponen komputer. Tak aneh jika barang yang satu ini mengalami error atau kesalahan.

Salah satu error yang ada pada printer canon tipe MP237 adalah error dengan kode kesalahan P07   “A printer error has occurred” atau E08 “The Ink Absorber Is Almost Full”.

Cara Reset Printer Canon MP237
Reset Printer Canon MP237

Baca juga: Cara merawat printer dengan benar

Error tersebut harus segera diatasi agar printer yang kamu miliki bisa digunakan lagi. Cara memperbaikinya yaitu printer harus di reset menggunakan aplikasi Resetter Service Tool. Aplikasi resetter ini bisa digunakan untuk memperbaiki error pada printer canon series seperti MP237 dan MP287. Sedangkan pada kesempatan kali ini cerobohcom akan memandu untuk printer canon MP237.

Penyebab Error Ink Absorber Full Printer Canon MP237

Penyebab terjadinya error dengan pemberitahuanInk Absorber Full adalah karena spons penyerap tinta sudah full. Perlu kamu ketahui, salah satu komponen pada printer canon MP237 yaitu spons yang fungsinya untuk menyerap tinta pembuangan dari cartridge, yang merupakan pembuangan saat proses mencetak atau saat melakukan head cleaning.

Jika bantalan spons ini dalam keadaan penuh dengan tinta pembuangan, maka biasanya printer akan memberitahu dengan timbul pesan error P07 atau P08 dengan pemberitahuan “Ink Absorber Full” atau “A Printer Error Has Occurred”

Panduan Mengatasi Error Printer Canon MP Series

Cara mengatasi error pada printer canon Seri MP237 dan MP287 adalah dengan cara me-reset printer tersebut dengan menggunakan aplikasi Resetter Service Tool. Maka dari itu, kamu disarankan untuk men-downloadterlebih dahulu aplikasinya. Bisa menggunakan mesin pencari Google untuk download aplikasi reseter printer canon MP series ini.

Lihat juga: Kode error pada printer Brother

Sebagaimana sudah diulas sebelumnya, kamu harus mempunyai Resetter Service Tool terlebih dahulu. Jika sudah punya, maka langkah pertama adalah menjadikan printer pada kondisi Service Mode. Hal ini agar printer bisa di reset menggunakan aplikasi. Cara menjadikan printer canon ke keadaan Service Mode adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan kabel power listrik dalam kondisi tersambung ke sumber listrik. Namun printer kondisi belum dinyalakan.
  2. Selanjutnya Tekan tombol RESET/ STOP dan tahan jangan dilepaskan dulu. Kemudian tekan tombol POWER. Jadi kedua tombol tersebut dalam posisi ditekan.
  3. Lepas tombol RESET/ STOP namun tombol POWER jangan lepas.
  4. Pada kondisi tombol POWER masih ditekan, sekarang  tekan tombol RESET/ STOP sebanyak 6 kali. Pastikan menekannya tidak kurang dan tidak lebih. Karena bisa menyebabkan printer mati total untuk sementara.
  5. Selanjutnya lepaskan kedua tombol tersebut secara bersamaan.
  6. Jika ada pesan error, maka abaikan saja. Sekarang printer canon sudah dalam kondisi Service Modedan bisa di-reset.

Cara Reset Printer Canon MP Series Menggunakan Service Tool

  1. Jalankan aplikasi Resetter Service Tool yang sudah di-download tadi.
  2. Masukkan beberapa kertas ke printer.
  3. Pada bagian “Clear Ink Counter”, pilih Absorber ke Main selanjutnya klik SETdi bagian kanannya.
  4. Dan pada bagian “Print” klik EEPROM. Maka printer akan mencetak satu  halaman.
  5. Finish

Setelah proses reset selesai, disarankan untuk melakukan head cleaning pada printer canon MP237. Ini dimaksudkan agar hasil cetak lebih maksimal. Setelah proses head cleaning selesai, maka printer yang kamu miliki siap digunakan untuk mencetak seperti biasanya.

Semoga panduan sederhana Cara Reset Printer Canon MP237 bisa bermanfaat. Dan printer yang kamu miliki kembali normal seperti semula. Semoga bermanfaat.

Lainnya: Cara memperbaiki printer Canon IP2770 blinking

BERI KOMENTAR