10 Cara Wawancara Kerja Lewat Telepon Agar Sukses

Banyak poin yang harus diperhatikan saat wawancara melalui telepon, cermati beberapa cara wawancara kerja lewat telepon agar diterima perusahaan.

10 Cara Wawancara Kerja Lewat Telepon Agar Sukses
ilustrasi freepik/@stories

CEROBOH – Sekarang banyak perusahaan yang melakukan wawancara melalu telepon.

Wawancara melalu telepon biasaya dilakukan sebelum dilaksanakan wawancara secara face to face.

Tujuan utamanya untuk menyaring banyaknya pelamar, biasanya perusahaan mengadakan wawancara via telepon untuk menghemat waktu dan biaya.

Bagaimana sih cara dan sikap yang tepat saat diwawancarai melaui telepon?

Inilah cara-cara wawancara kerja lewat telepon agar sukses saat melamar pekerjaan:

Lakukan Persiapan Sebelum Wawancara

Cara Wawancara Kerja Lewat Telepon Agar Sukses

Ketika kamu memasukan lamaran kerja di perusahaan. Pastikan dalam beberapa hari ke depan kamu mengaktifkan nomor telepon yang dicantumkan pada lamaran tersebut.

Bisa saja dari perusahaan menelpon kamu secara mendadak dan melakukan wawancara melalui telepon.

Untuk itu, kamu harus melakukan beberapa persiapan. Pastikan kamu sudah mencatat poin-poin penting terkait bidang pekerjaan yang di lamar.

Kamu juga harus mengetahui tujuan pasti kenapa kamu melamar di perusahaan tersebut.

Persiapan lain yaitu, pastikan baterai telepon selalu dalam kondisi penuh. Dan saat mengangkat telepon pastikan di tempat yang sepi agar tidak mengganggu proses wawancara berlangsung.

Jawab Semua Pertanyaan Secara Jelas

Cara Wawancara Kerja Lewat Telepon Agar Sukses

Meski hanya lewat telepon, proses wawancara snagat menentukan. Suara yang kamu lontarkan, jawaban yang kamu ucapkan akan menjadi penilaian tersendiri.

Pastikan kamu menjawab semua pertanyaan dengan jelas tanpa bertele-tele. Kegugupan akan terdengar dari suara yang diucapkan, maka dari itu pastikan kamu tidak gugup saat menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara.

Jelas bukan berarti tinggi, gunakan nada bicara yang optimis. Jujur saja, tidak usah mengada-ngada jawaban yang dilontarkan.

Baca juga: Jenis-jenis Wawancara Kerja

Tidak Usah Menanyakan Nominal Gaji

Cara Wawancara Kerja Lewat Telepon Agar Sukses

Gaji memang sesuatu yang penting bagi seorang karyawan. Namun, saat proses wawancara pertanyaan ini akan sedikit riskan. Tentu saja akan berpengaruh terhadap kesuksesan wawancara kerja.

Pastikan kamu tidak menayakan besarnya nominal gaji yang akan didapat. Apalagi sebelum perekrut menyatakan kesediaan kamu bekerja di perusahaannya. Kecuali kamu ditanyakan secara langsung, gaji yang diinginkan.

Jadi tenang saja, perusahaan akan membayar sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Jadi jangan khawatir terkait gaji ini. Apalagi saat wawancara melalui telepon.

Buat Riset Kecil-kecilan Tentang Lingkungan Kerja

Cara Wawancara Kerja Lewat Telepon Agar Sukses

Lakukan riset terkait lingkunga kerja yang kamu lamar. Pada beberapa momen, HRD atau perekrut menanyakan terkait pengetahuan kamu terkait perusahaan tersebut.

Pengetahuanmu tentang perushaan mengartikan ketertarikanmu terhadap perusahaan tersebut. Dan ini akan menjadi nilai lebih di mata perusahaan.

Pelajari beberapa profil perusahaan tersebut. Kamu bisa memperlajarinya dari website perushaan.

Apabila ada teman yang bekerja di perusahaan yang sama, kamu juga bisa menanyakan lingkungan kerja di perusahaan itu—pada teman yang kerja di sana.

Mencatat Poin-poin Penting

Cara Wawancara Kerja Lewat Telepon Agar Sukses

Poin-pon penting yang perlu dicatat adalah seputar berkas dan dokumen yang diminta perusahaan.

Kamu bisa merangkum dalam catatan kecil. Sehingga ketika ditanyakan melalui telepon, kamu dapat menjawab hal tersebut.

Kelengkapan berkas menjadi penunjang, biasanya kamu disuruh membawanya ketika tahap wawancara berikutnya.

Mempersiapkan Pertanyaan Umum

Cara Wawancara Kerja Lewat Telepon Agar Sukses

Ada beberapa pertanyaan umum saat wawancara kerja. Kamu harus mencatat jawaban pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sehingga saat proses wawancara kamu memiliki gambaran atas pertanyaan yang ditanyakan.

Pertanyaan umum saat wawancara kerja diantaranya yaitu:

  • Kenapa kamu melamar di perusahaan ini?
  • Apa Kemampuan yang kamu miliki?
  • Kelebihan apa yang kamu miliki?
  • Kekurangan apa yang ada di diri kamu?
  • Berapa gaji yang diinginkan?

Dan beberapa pertanyaan umum lainnya. Kamu harus mempersiapkan jawabannya.

Berbicara dengan Ramah dan Sopan

Cara Wawancara Kerja Lewat Telepon agar Sukses

Berbicara dengan ramah adalah salah satu cara wawancara kerja lewat telepon. kenapa demikian? karena yang paling menonjol saat melakukan percakapan di telepon adalah suara.

Maka dari itu pastikan kamu menggunakan nada suara yang raman dan sopan. Apabila tidak terdengar, kamu bisa meminta perekrut untuk mengulangi pertanyaannya.

Contohnya bisa dengan mengucapkan “Maaf pak, bisa diulangi pertanyaannya?”. Nada bicara yang ramah dan sopan bisa menjadi nilai positif di mata HRD atau perekrut.

Usahakan Tidak Mendominasi Pembicaraan

Cara Wawancara Kerja Lewat Telepon Agar Sukses

Banyak bicara saat wawancara merupakan hal yang kurang baik. Sebaliknya, berbicara secukupnya dan tidak mendominasi. Ini justru akan memberikan kesan yang baik.

Artinya kamu harus banyak mendengarkan sang perekrut. Berbicaralah secukupnya! Jawablah apa yang ditanyakan secara jelas dan tidak bertele-tele.

Jangan pernah bercerita hal-hal yang tidak pernah ditanyakan. Apalagimenyangkut hal-hal yang sifatnya pribadi.

Tunjukan Antusias Bahwa Kamu Ingin Bekerja

Cara Wawancara Kerja Lewat Telepon Agar Sukses

Tunjukanlah keantusiasan kamu bahwa ingin bekerja di perusahaan tersebut. Kemudian kasih tau juga kemampuan yang kamu miliki cocok untuk perusahaan yang dilamar.

Tunjukan kenatusiasan dengan cara yang elegan. Jangan terlihat mengada-ngada. Apalagi Berlebihan. Mengetahui profil perusahaan juga merupakan salah satu ciri bahwa kamu antusias terhadap perusahaan tersebut.

Baca juga: Fungsi Surat Keterangan Masih Bekerja

Ucapkan Terima kasih dan Tersenyumlah

Cara Wawancara Kerja Lewat Telepon Agar Sukses

Tips terakhir supaya kamu sukses saat melakukan wawancara lewat telepon, pastikan kamu mengucapkan terima kasih sebelum menutup telepon.

Banyak yang lupa terhadap hal kecil ini. Dengan mengucapkan terima kasih, akan meninggalkan kesan baik di mata perekrut.

Dan yang paling terakhir, pastikan kamu tersenyum saat melakukan wawancara kerja via telepon.

Demikianlah bebrapa cara wawancara kerja lewat telepon yang bisa kamu praktekan. Semoga wawancaranya sukses dan kamu diterima di perusahaan yang diimpikan. Selamat mencoba!