Cara Mengatasi Cartridge Printer Infus Yang Tersumbat

Cartridge printer infus tersumbat menyebabkan hasil cetakan yang tidak sempurna. Hasil cetakan dari printer biasanya bergaris-garis, ini solusinya!

Cara Mengatasi Cartridge Printer Infus Yang Tersumbat

Ceroboh.com – Cartridge tersumbat ini sering terjadi di beberapa printer yang sudah diinfus. Tentunya dengan hasil yang demikian membuat kita merasa tidak nyaman dan tidak puas terhadap hasil cetakan printer yang kita miliki. Terlebih dokumen yang kita cetak juga tidak akan terpakai.

Cartridge printer infus tersumbat biasanya disebabkan karena tabung tinta selalu dibiarkan terbuka pada saat printer tidak terpakai. Posisi seperti itu memungkinkan debu mudah masuk, sehingga tinta printer tercampur dengan debu.

Akibatnya tinta dalam tabung menjadi pekat dan menggumpal sehingga ketika tinta tersebut mengalir ke cartridge. Dan catridge printer menjadi tersumbat, sehingga menghasilkan cetakan yang kurang bagus.

Untuk mengatasi masalah ini biasanya dilakukan head cleaning. Namun jika setelah melakukan head cleaning hasil masih saja tidak maksimal, kamu harus membawanya ke tukang service printer dan tentunya harus mengeluarkan biaya tambahan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Hasil Print Tabel Tidak Lurus

Namun bagi kamu yang tidak ingin mengeluarkan kocek lagi, bisa melakukan cara mengatasicartridge printer infus yang tersumbat dengan sendiri, tanpa menggunakan jasa service.

Caranya tidak terlalu sulit. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah yang saya jelaskan berikut ini. Lakukan cara ini dengan penuh hati-hati agar tidak menyebabkan kerusakan pada cartridge printer.

Cara Praktis Memperbaiki Cartridge Printer Infus Tersumbat

  1. Langkah pertama, angkat dulu cartridge dari printer. Jika tidak bisa, kamu bisa baca artikel Cara Buka Catridge Printer.
  2.  Copot selang infus yang menempel pada knee L yang menyambung ke cartridge. Lalu ikat selang infus agar tinta tidak berceceran.
  3. Masukan suntikan yang tidak ada jarumnya pada knee L yang menempel pada cartridge.
  4. Tekan suntikan secara perlahan hingga tinta yang tersumbat keluar semuanya.
  5. Selanjutnya pasang kembali selang infus pada Knee L kemudian pasangkan juga cartridge pada tempatnya.
  6. Langkah terakhir lakukan head cleaning hingga tinta masuk lagi ke dalam cartridge. Untuk cara yang lebih mudah, kamu bisa sedot tinta dari selang pembuang infus dengan menggunakan suntikan. Namun jika melakukan ini printer harus dalam keadaan off. Cara seperti itu juga bisa digunakan untuk menghilangkan saluran angin yang ada pada selang infus.

Mudah kan, cara mengatasi cartridge printer infus tersumbat? Selamat, sekarang printer kamu sudah bisa digunakan lagi untuk mencetak dokumen. Dan cartridge yang tersumbat sudah bisa diatasi oleh sendiri tanpa menggunakan jasa service printer.

Sedikit informasi tambahan buat kamu menggunakan printer yang sudah diinfus, sebenarnya untuk mengatasi printer yang tersumbat kamu bisa menggunakan alat bantu bernama toolkit penyedot cartridge.

Barang ini bisa kamu dapatkan di toko-toko aksesoris komputer atau di service center printer. Untuk harganya biasa dijual dengan harga kurang lebih 30.000,- hingga 60.000,- tergantung penjual dan jenis toolkitnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Merawat Printer Epson L220

BERI KOMENTAR