Cara Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terbaca

Ketika cartridge printer tidak terbaca, maka kamu kitak bisa mencetak dokumen. Kamu bisa melakukan beberapa pengecekan yang saya jelaskan ini.

Ceroboh.com – Apakah printermu sedang mengalami masalah pada cartridge-nya? Cartridge tidak terbaca? Atau cartridge tidak terdeteksi? Jika memang sedang mengalami demikian, tentu saja printer yang kamu miliki kondisinya sedang tidak dapat digunakan.

Dan hal ini pastinya akan menghambat proses aktifitas kegiatan mencetak yang akan dan sedang kamu lakukan. Nah, untuk membantu masalah ini, saya akan berbagi tips bagaimana cara memperbaiki cartridge printer yang tidak terbaca.

Ciri-ciri Cartridge yang Rusak

Adapun ciri ketika cartridge tidak terbaca, biasanya terdapat pemberitahuan pada layar komputer/laptop berupa peringatan berupa tanda seru tepat di atas cartridge. Hampir sama ketika tinta habis yang memintamu untuk segera mengisinya kembali.

Cartridge merupakan salah satu komponen pada printer yang fungsinya untuk mengalirkan tetesan tinta. Yang selanjutnya tinta ini akan membentuk suatu objek yang sesuai dengan file pada komputer, laptop atau gadgetmu.

Maka tercetaklah suatu file di atas satu objek kertas. Namun, jika cartridge printer yang kamu miliki tidak terbaca, maka cartridge pada printer tidak bisa melakukan fungsi itu lagi. Intinya printer kamu tidak dapat digunakan sementara waktu.

Maka dari itu, agar kamu bisa mencetak dokumen lagi, masalah ini harus segela diperbaiki. Untuk langkah-langkahnya kamu gak perlu khawatir, karena nanti akan dipandu caranya.

Namun sebelum membahas itu, kamu harus mengetahui dulu penyebab kenapa cartridge printer tidak terbaca. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti isi tinta terlalu penuh, cartridge kotor, tinta menggumpal atau mampet dan masalah yang lebih parah adalah cartridge-nya sudah rusak total.

Baca juga: Tips Menggunakan Printer Infus

Memperbaiki Cartridge Printer Tidak Terbaca

1. Mereset Manual

Langkah paling awal untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan cara mereset secara manual printer yang kamu miliki. Jika tidak ada kerusakan yang fatal, biasanya cartridge akan normal kembali saat printer dinyalakan ulang. Namun jika cartridge masih saja tidak terdeteksi, kamu bisa mencoba cara selanjutnya.

2. Perbaiki Posisi Cartridge

Posisi cartridge kadang rubah atau bergeser saat printer digunakan pada skala yang banyak atau terus menerus. Rubahnya posisi ini menyebabkan cartridge tidak terdeteksi.

Maka dari itu, solusi untuk masalah yang satu ini adalah dengan cara memperbaiki posisi cartridge seperti semula lagi. Caranya, kamu bisa melepas dulu cartridge dari tempatnya, kemudian memasangnya lagi dengan memastikan cartridge pada posisi yang pas dan tepat. Lakukan cara ini secara hati-hati.

3. Mengecek Chip Head Cartridge

Chip head merupakan bagian dari head. Biasanya terletak di bawah cartridge. Ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting keberadaannya.

Maka dari itu, kebersihannya harus selalu dijaga. Ketika cartridge printer tidak terdeteksi ini bisa saja disebabkan karena chip cartridge kotor atau terkena tinta pada saat melakukan isi ulang tinta. Maka dari itu berhati-hatilah pada saat melakukan refil tinta.

Untuk memperbaiki chip head yang kotor, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan tisu kering. Bersihkan secara perlahan dan hati-hati.

Jika Cartridge Rusak Total

Jika dengan ketiga langkah sebelumnya cartridge printer masih tidak terbaca atau masih tidak terdeteksi, kemungkinan besar cartridge printer yang kamu miliki mengalami kerusakan total. Jika hal ini terjadi, maka tidak ada langkah lain untuk memperbaikinya.

Kamu harus segera menggantinya dengan cartridge yang baru. Kamu bisa mendapatkan cartridge baru di toko-toko kelengkapan komputer, service center printer atau bisa mendapatkannya di toko-toko online terpercaya.

Demikianlah cara mengatasi cartridge printer tidak terbaca. Semoga panduan yang kami berikan bisa membantu memperbaiki cartridge printer yang tidak terbaca pada printer yang kamu gunakan.

Jika kamu ragu akan kerusakan cartridge printer kamu, alangkah baiknya dikonsultasikan juga pada tukang service printer yang sudah berpengalaman. Ini bisa membantu kamu menemukan solusi lain untuk memperbaiki masalah pada cartridge.

Lihat juga: Cara Mengubah Printer Offline Jadi Online