Inilah 5 Ciri Cartridge Printer Rusak

Salah satu permasalahan utama pada printer adalah kerusakan cartridge. Maka dari itu mari ketahui ciri-ciri cartridge printer rusak berikut ini!

ciri cartridge printer rusak
Cara Mengetahui Cartridge Printer yang Rusak

Ceroboh.com – Setiap printer memiliki berbagai macam komponen. Salah satunya adalah cartridge. Bagi kamu yang memiliki printer pastinya tahu tentang komponen yang satu ini. Cartridge merupakan bagian komponen dari printer yang fungsinya mengeluarkan tetesan tinta. Nah, dari tetesan tinta itu terbentuklah sebuah objek gambar atau garis yang kita cetak.

Cartridge merupakan salah satu bagian penting pada printer. Karena jika cartridge rusak, maka hasil cetak pada printer akan kurang maksimal atau jelek. Bahkan jika rusak total, tidak bisa digunakan lagi. Sehingga, jika terjadi kerusakan ringan bisa segera kita perbaiki atau diberi perlakuan khusus.

Perlu kamu ketahui, bahwasanya semua cartridge pada berbagai jenis merek printer yang digunakan memiliki batasan dalam penggunaan tinta di dalam tank cartridge dan jumlah halaman print yang akan dicetak. Semua jenis printer tentunya menggunakan komponen cartridge sebagai senjata utamanya.

Seperti printer dengan merek canon, printer epson dan merek hp yang paling mengandalkan pencetakan menggunakan cartridge. Batasan-batasan itu tentunya berbeda-beda tergantung jenis merek dan tipe dari printernya.

Cartridge perlu dirawat dan dijaga. Karena jika mengalami masalah pada fungsinya, maka proses pencetakan akan terhenti dan tidak dapat dilakukan lagi. Tentunya hal ini tidak ingin terjadi, kan? Apalagi jika sedang banyak kerjaan yang harus dicetak pada waktu yang mepet.

Hal demikian bisa menghambat pada proses pekerjaan kalian semua. Maka dari itu, mari kita ketahui tanda-tanda cartridge yang mengalami kerusakan, sehingga kamu bisa mengambil langkah pertolongan pertama untuk mencari solusi terbaik saat cartridge pada printermu.

Inilah Ciri-ciri cartridge printer rusak yang harus diketahui pengguna printer:

Hasil Cetak Terputus-putus

Hasil cetak yang terputus-putus atau bergaris-garis merupakan salah satu tanda cartridge mulai mengalami kerusakan. Hasil cetak yang terputus-putus dapat disebabkan karena tinta yang tidak keluar karena kering atau tinta tersebut menggumpal.

Sehingga, saluran tinta tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya, dan menghasilkan cetakan yang terputus-putus. Namun tidak mutlak karena itu, bisa juga karena ada masalah lain.

Baca Juga : Cara Lepas Cartridge Printer Canon dengan Aman

Hasil Cetak Tidak Penuh

Beberapa merek printer biasanya mengalami masalah seperti ini. Hasil cetak yang tidak penuh biasanya terlihat hanya mencetak sepertiga atau setengah halaman saja tidak seluruh bagian halaman tercetak.

Hal ini biasanya dikarenakan cartridge sudah menempuh batas maksimal cetaknya, sehingga ketika kamu mencetak full halaman yang keluar hanya separuh saja.

Cartridge sering tidak terbaca

Hal yang perlu diwaspadai adalah ketika kamu menggunakan printer dengan kondisi normal, tiba-tiba ada pemberitahuan cartridge tidak terbaca atau tidak terdeteksi. Dan harus diwaspadai karena bisa jadi cartridge pada printer yang kamu gunakan sudah lemah.

Sehingga perlu menggantinya dengan cartridge yang baru lagi. Namun tidak perlu khawatir. Kamu perlu mencoba dengan cara membersihkan cartridge dan membersihkan bagian chip-nya menggunakan tisu secara perlahan.

Lihat juga: Printer Wireless Terbaik Paling Update

Mengetahui melalui Nozzle Check

Nozzle check merupakan salah satu sistem tambahan untuk mengetahui kondisi kualitas cetak suatu printer. Setiap merek printer memiliki fitur ini dan bisa kamu gunakan untuk mengecek kerusakan atau kualitas dari cetakan printer tersebut.

Dengan menggunakan fitur nozzle check, kamu bisa melihat kualitas hasil cetak dari kedua cartridge. Ketika hasil cetak yang keluar tidak sempurna, maka tandanya cartridge pada printer kamu sedang mengalami masalah.

Masalah yang biasanya terjadi yaitu karena printer yang jarang digunakan. Sehingga, tinta mongering karena debu atau kotoran, tinta yang menggumpal atau banyak lagi masalah lain.

Kesimpulan Cartridge Printer yang Rusak

Demikian sedikit uraian tentang ciri cartridge printer rusak yang bisa kamu ketahui. Selain dengan cara di atas, sebenarnya masih banyak lagi tanda-tanda yang sering terjadi.

Namun pada umumnya itu yang sering terjadi pada cartridge printer yang akan rusak. Jika printer kamu mengalami salah satu tanda dari yang sudah dijelaskan.

Maka segera ambil tindakan untuk perawatannya. Dan perlu diketahui. Printer yang jarang digunakan akan cenderung lebih mudah rusak karena tinta menggumpal atau mengering. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya: Cara Menjadi Teknisi Printer dengan Mudah

BERI KOMENTAR