Ciri-ciri Emas Asli, Inilah Cara Mengecek Keaslian Emas!

Berikut ini adalah penjelasan ciri-ciri emas asli yang harus kamu ketahui sebelum membeli emas. Pastikam kamu mengetahui cara mengeceknya.

Ciri-ciri Emas Asli, Inilah Cara Mengecek Keaslian Emas!

CEROBOH – Di zaman yang semakin berkembang, emas kini tak hanya digunakan sekadar sebagai perhiasan di tubuh. Namun emas mulai dijadikan media investasi. Hal ini disebabkan, harga emas di pasaran relatif stabil. Bahkan bisa jadi malah naik.

Semakin marak dan populernya emas, kini ada oknum tertentu yang mulai banyak beredar di pasaran. Mulai dari cincin, kalung hingga gelang. Sayangnya, orang-orang awam yang tak tahu menahu soal emas, kemungkinan besar tak akan tahu mana emas asli, dan mana emas palsu.

Lalu, bagaimana cara membedakan emas asli dan emas palsu yang beredar di pasaran?

Buat kamu yang awam dan bingung untuk membedakannya, berikut ini akan saya jelaskan mengenai ciri-ciri emas asli dan cara membedakannya dengan emas palsu yang beredar di pasaran:

1. Mengecek Emas Dengan Magnet

Ciri-ciri Emas Asli, Inilah Cara Mengecek Keaslian Emas!
foto instagram/@leahjessicajewelry

Cara manual pertama untuk mengetes emas itu asli atau palsu, kamu bisa mengeceknya dengan magnet. Emas merupakan logam lembut.

Kalau semisal kamu punya emas asli, lalu kamu dekatkan dengan magnet, maka emas tersebut tak akan bisa tertarik oleh magnet.

Namun jika emas milikmu palsu, kalau emas tersebut kamu dekatkan ke magnet dengan kekuatan besar, tentunya emas tersebut akan tertarik.

Meski cara ini tak 100 persen menjamin keaslian logam mulia emas, tapi cara ini bisa kamu coba.

2. Mengecek Emas Dengan Mengamati Perubahan Warna

Ciri-ciri Emas Asli, Inilah Cara Mengecek Keaslian Emas!
foto instagram/@luxe_goldnh

Cara kedua yang mungkin bisa kamu coba untuk mengecek emas asli atau emas palsu yaitu dengan mengamati perubahan warna emas tersebut.

Caranya, kamu tinggal menggosok-gosokkan jari tanganmu ke emas milikmu, di area tertentu. Perhatikan. Kalau warna emas yang kamu gosokkan tadi mengalami perubahan seperti agak memudar, artinya emas tersebut palsu.

Baca juga: Tips Membeli Kalung Emas 24 Karat

3. Mengecek Emas Dengan Keramik

Ciri-ciri Emas Asli, Inilah Cara Mengecek Keaslian Emas!
foto instagram/@metalmarvels

Untuk mengetahui ciri-ciri emas asli selanjutnya, ternyata kamu bisa memanfaatkan keramik untuk membedakan itu emas asli atau emas palsu.

Caranya, goreskan emas milikmu ke permukaan keramik. Jika emas tersebut meninggalkan goresan kemungkinan besar emas tersebut nggak asli alias palsu.

4. Mengecek Sertifikat Emas

Ciri-ciri Emas Asli, Inilah Cara Mengecek Keaslian Emas!
foto instagram/@modandjo

Cara selanjutnya ini merupakan langkah yang mudah dan paling kongkret. Kamu bisa mengecek emas dengan mengecek sertifikat emas yang ingin kamu beli. Pasalnya, orang-orang awam kadang tak mengetahui sebuah sertifikat emas itu palsu atau tidak.

Untuk mengecek sertifikat emas, kamu bisa menaruh sertifikat emasmu di bawah sinar ultraviolet. Jika sertifikat emas tersebut asli, maka kamu akan menemukan garis-garis minor warna warni sebagaimana yang ada pada uang kertas biasanya.

Pada sertifikat emas asli, kamu juga akan menemukan blok hijau pada deskripsi sertifikat.

5. Mengecek Emas Dengan Cara Menggigitnya

Ciri-ciri Emas Asli, Inilah Cara Mengecek Keaslian Emas!
foto instagram/@tanello_official

Untuk menentukan keaslian emas berikutnya yaitu dengan menggigit emas tersebut. Kita tahu, salah satu sifat yang dimiliki emas yaitu lunak dan tak sulit untuk dibentuk.

Jika karat pada emas tersebut tinggi, kelembutan emas juga tinggi. Sebaliknya, jika karat pada emas rendah, maka emas tersebut keras alias tingkat kelembutannya rendah

Jadi, jika emasmu asli dan kamu gigit, kemungkinan kamu akan menemukan bekas gigitan tertinggal karena kelembutan emas tersebut.

Namun jika emas milikmu palsu dan kamu gigit, kamu tidak akan menemukan bekas gigitan di emas tersebut.

Lihat juga: Tambang Emas Di Indonesia

6. Mengecek Emas Dengan Cairan Asam Nitrat

Ciri-ciri Emas Asli, Inilah Cara Mengecek Keaslian Emas!
foto instagram/@modandjo

Cara yang yang terakhir merupakan cara yang paling efektif. Yaitu mengecek keaslian emas dengan menggunakan cairan asam nitrat.

Caranya yaitu dengan meneteskan cairan asam ke emas yang akan diperiksa. Lalu luhat hasil reaksinya.

Jika warna emas berubah menjadi seperti warna susu, maka kemungkinan besar emas sudah dilapisi dengan perak.

Jika emas berubah menjadi warna hijau, maka dapat dipastikan itu adalah emas palsu.

Namun jika tidak ada reaksi perubahan warna. Maka sudah dipastikan bahwa emasnya, asli.

Itulah panduan mengenali ciri-ciri emas asli yang bisa kamu lakukan, tanpa harus datang ke toko emas. Sekarang, sudah bisa membedakan mana yang asli dan mana yan palsu, kan? Yuk, mulai saat ini lebih waspada ketika membeli emas. Agar tidak tertipu!

BERI KOMENTAR