Inilah 8 Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas Antam

Antam masih menjadi tempat favorit untuk membeli emas, makanya yuk cari tau faktor yang mempengaruhi harga emas Antam, sekarang juga.

CEROBOH – Pada beberapa waktu lalu, harga logam mulia yang telah diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) naik hingga mencapai Rp 770.000 per gram. Padahal awalnya berbeda 10.000 yaitu sebesar Rp. 760.000 per gramnya.

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa jika membahas tentang dunia investasi artinya membahas mengenai dunia yang dinamis.

Meskipun di waktu-waktu sekarang harga emas di Indonesia masih cenderung stabil—dan bahkan naik sesekali.

Yang paling diminati dari PT Antam, dibandingkan dengan hanya perhiasan emas adalah emas batangan.

Sebab selain harganya lebih mahal ketimbang perhiasan emas biasa, ia juga dilengkapi dengan sertifikat keaslian dan tahun produksi yang jelas. Kadar emasnya pun lebih tentunya lebih maksimal ketimbang emas biasa.

Lalu, sebenarnya apa saja yang memengaruhi perubahan harga emas?

Yuk, simak beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas Antam berikut ini:

1. Faktor Karena Suku Bunga Bank

yang Mempengaruhi Harga Emas Antam

Meski faktor suku bunga bank tak begitu akurat dan menjadi gambaran, tapi ini juga salah satu faktor penyebab harga emas bisa naik turun.

Beberapa masyarakat memiliki pengetahuan, bahwa jika harga emas akan turun maka suku bunga naik.

Misal saja. Jika suku bunga mengalami kenaikan, biasanya orang-orang akan berbondong untuk menarik uangnya dari bank dan akan dijadikan simpanan dalam bentuk deposito.

Sebab, orang berpikir bahwa deposito lebih menguntungkan karena suku bunganya lebih tinggi daripada investasi emas itu sendiri. Nilai tukar rupiah yang ada juga berpengaruh dalam perubahan suku bunga.

Lihat juga: Penyebab Gelang Emas Putih Mudah Rusak

2. Faktor Karena Minat Pasar

Faktor yang mempengaruhi harga emas antam selanjutnya adalah tingginya minat pasar. Apalagi minat masyarakat pada investasi—apalagi emas batangan, menjadi semakin tinggi.

Semenjak Pegadaian merilis emas sendiri, emas Antam sebenarnya cukup tinggi harganya karena paling dipercaya kualitasnya.

Bahkan kini sebagian besar orang sengaja pindah dan beralih pada emas yang milik Pegadaian daripada emas Antam. Akibatnya harga emas Antam tidak selalu tinggi.

Padahal jika ditelisik lebih dalam, emas milik Pegadaian lebih mahal dan juga lebih menguntungkan dalam instrumen investasinya.

3. Faktor Akibat Terjadinya Inflasi

Inflasi merupakan kondisi dimana nilai mata uang semakin tidak berharga. Har ini dikarenakan banyak faktor.

Diantaranya adalah, likuiditas yang berlebihan, meningkatnya permintaan komsumen atau bisa karena tersumbatnya distribusi barang.

Apabila terjadi inflasi, maka nilai tukar mata uang semakin tidak ada harganya. Nah, hal ini merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi harga emas antam.

4. Faktor Nilai Tukar Dolar Terhadap Rupiah

Biasanya nilai tukar dolar berbanding terbalik dengan harga emas di Antam. Maksudnya, jika nilai tukar dolar terhadap rupiah sedang lemah. Maka, harga emas akan semakin mahal.

Begitu sebaliknya, apabila nilai tukar dolar sedang naik, maika harga emas Antam akan semakin murah. Hal ni bisa menjadi faktor yang mempengaruhi harga ema.

5. Faktor Jumlah Produksi Emas Dunia

Jumlah produksi emas di dunia, juga berpengaruh terhadap harga emas Antam.

Semakin banyak persediaan emas yang ada, maka harga emas akan semakin murah. Sedangkan semakin sedikit jumlah produksi emas di dunia, maka harga emas akan semakin melonjak.

Intinya hampir sama dengan hukum pasar.

6. Faktor Permintaan Terhadap Bahan Baku

Selajutnya, faktor yang mempengaruhi harga emas Antam adalah jumlah permintaan terhadap emas tersebut.

Biasanya, semakin banyak permintaan terhadap bahan baku emas, maka harga akan semakin mahal. Sedangkan, semakin sedikit permintaan emas maka harga emas dipasaran akan semakin murah.

Lihat juga: Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

7. Faktor Ketersedian Emas di Bank Pusat

Seperti ketersediaan emas di Dunia, ketersediaan emas yang ada di Bank Central juga menjadi faktor yang mempengaruhi terhadap emas Antam.

Sebab, selain menerima simpanan dalam bentuk uang, Bank Central juga menerima simpanan dalam bentuk logam mulia.

Nah, kondisi ini bisa berpengaruh terhadap harga emas di pasaran. Termasuk harga emas di PT Antam.

8. Adanya Isu Global atau Bencana

Nah, faktor yang mempengaruhi harga emas yang terakhir adalah terkait isu global. Baik itu isu politik atau isu-isu lain yang bisa mempengaruhi kondisi perekonomian Negara.

Nah, seperti kasus di tahun 2020 ini, sedang ada bencana global sehingga menjadi isu global. Seperti kita ketahui bersama, saat ini sedang marak penyebaran virus COVID-19.

Nah, kondisi seperti ini dapat mempengaruhi terhadap harga emas. Coba deh cek harga emas harian saat ini! Pasti sedang mahal-mahalnya.

Demikianlah pembahasan tentang faktor yang mempengaruhi harga emas Antam. Ternyata, banyak ya, yang mempengaruhi harga jual dan harga beli emas. Semoga bermanfaat!

BERI KOMENTAR