Filosofi Permainan Monopoli Pada Penerapan Finansial

Filosofi permainan monopoli berikut ini mengajarkanmu lebih bijak dalam mengatur finansial. Untuk lebih tau lengkapnya, jangan lewatkan 5 poin yang sudah diuraikan di bawah.

Filosofi Permainan Monopoli Pada Penerapan Finansial
ilustrasi dari freepik.com

Ceroboh.com – Kamu pasti sudah tak asing lagi kan, dengan permainan satu ini? Yaps! Perminan papan yang sering kita mainan ketika masih kecil tentu sudah familier sekali.

Ingat nggak, cara memainkannya?

Intinya adalah permainan ini menuntut kita untuk memperoleh uang sebanyak mungkin agar mampu menguasai properti dan aset-aset yang ada. Jadi, ada yang berperan sebagai konsumen, ada pula yang berperan sebagai bank.

Dalam dunia bisnis, ternyata beberapa orang permainan monopoli tak baik dan yak menyenangkan. Kenapa? Karena sebagian besar pasar dikuasai oleh satu pebisnis.

Namun ternyata permainan monopoli juga memiliki manfaat loh. Untuk bisa mahir dalam permainan monopoli, kita sebenarnya hanya butuh permainan uang yang ciamik.

Lalu apa sih, filosofi manfaat permainan monopoli di dunia finansial?

Berikut ini beberapa manfaat permainan monopoli dalam dunia finansial:

Monopoli Melatih Menabung

Filosofi Permainan Monopoli Pada Penerapan Finansial
foto instagram/@dine507

Manfaat pertama permainan monopoli adalah bahwa bermain monopoli akan melatih kita untuk mendorong keinginan kita dalam menabung.

Kalau jika di relate-kan dengan zaman sekarang, kita didorong untuk berinvestasi.

Sebab, untuk menjadi the winner dalam permainan monopoli, keahlian yang tak boleh kita lewatkan adalah kita harus pandai menyimpan banyak aset dan uang.

Itu artinya kita harus pandai menabung dengan cara berinvestasi demi menjaga pengeluaran.

Baca juga: Cara Menghemat Air dengan Baik

Melatih Untuk Berani Mengambil Risiko

Filosofi Permainan Monopoli Pada Penerapan Finansial
foto instagram/@eventsob

Tak bisa dipungkiri lagi, ya. Bermain monopoli akan melatih kita untuk berani dalam menanggung berbagai risiko yang ada.

Ketika main, jika kita diharuskan untuk menghabiskan uang yang dimiliki, kita tetap berani melakukannya demi menghasilkan uang yang lebih banyak.

Misalnya saja ketika kita membeli properti dengan harga tinggi, kita akan melakukannya. Karena harga sewa properti tersebut mahal dan menguntungkan ke depannya.

Di dunia nyata, orang-orang yang berani berinvestasi artinya berani mengambil risiko. Sebab ia tahu, di kemudian hari ia akan mendapatkan uang lebih dan menguntungkan.

Melatih Mengatur Pengeluaran

Filosofi Permainan Monopoli Pada Penerapan Finansial
foto instagram/@makeupbynnana

Permainan monopoli juga memiliki manfaat untuk melatih kita dalam mengatur pengeluaran.

Ini dikarenakan bahwa walaupun sistemnya monopoli nanti akan memenangkan banyak aset dan uang, namun kita tak bisa semaunya sendiri membeli properti tanpa perhitungan.

Maka dari itu, permainan monopoli memang memiliki manfaat melatih cara mengatur keuangan kita sejak awal. Permainan ini akan mengasah kecerdasan finansial kita.

Jadi, jika kamu sudah bermain monopoli sejak kecil artinya kamu sudah belajar mengatur pengeluaran dengan baik.

Melatih Mental Visitor

Filosofi Permainan Monopoli Pada Penerapan Finansial
foto instagram/@oyish

Filosofi permainan monopoli selanjutnya adalah bahwa bermain monopoli melatih mental investor. Jika kamu pernah main monopoli waktu kecil pasti paham, deh tentang investasi-investasi semacam ini.

Kalau pingin punya uang banyak ya harus berani membeli banyak properti. Agar kemudian bisa memperoleh untung yang lebih banyak.

Ini berarti bahwa bermain monopoli melatih mental kita untuk berani berinvestasi. Mental menjadi seorang investor. Kalau rugi ya diterima sebagai konsekuensi dari investasi.

Baca juga: Pendidikan Keuangan Untuk Anak

Diversifikasi Investasi

Filosofi Permainan Monopoli Pada Penerapan Finansial
foto instagram/@uminurasih_

Dalam dunia investasi, kita mengenal istilah meletakkan telur dalam satu keranjang. Sebab ketika bermain monopoli kita tak hanya membeli properti berupa rumah. Akan tetapi kita juga membeli hotel, tanah dan sebagainya.

Di dunia realita, kita sangat memerlukan diversifikasi investasi. Artinya kita semestinya ketika berivestasi tak sekadar menanam satu dua saham saja. Tapi lebih dari itu.

Ini yang bilang bukan sembarang orang. Tapi seseorang yang mendapat julukan the godfather of pasar modal bernama Warrent Buffett.

Itulah beberapa manfaat dari mempelajari filosofi permainan monopoli di dunia finansial. Jadi, apakah kamu sudah bermain monopoli sejak kecil?

BERI KOMENTAR